Contoh Pencemaran Lingkungan

( 19 halaman )






BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Lingkungan hidup yaitu kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup termasuk di dalamnya insan dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan insan serta makhluk hidup laiinya (Undang-undang No. 23 Tahun 1997). Kondisi lingkungan sanggup berubah oleh campur tangan insan dan faktor alam sehingga diharapkan keseimbangan lingkungan. Keseimbangan lingkungan sanggup terganggu apabila terjadi perubahan berupa pengurangan fungsi atau hilangnya sebagian komponen yang sanggup menimbulkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Salah satu penyebabnya yaitu polusi atau pencemaran lingkungan di samping factor-faktor lain. Maka dari itu perlu adanya adat lingkungan.
  1. Tujuan
1.    Mengetahui pengertian pencemaran dan adat lingkungan
2.    Mengetahui macam-macam pencemaran lingkungan
3.    Memahami cara melestarikan lingkungan
2.    Rumusan Masalah
1.    Apakah penyebab pencemaran lingkungan dan macam-macam pencemaran?
2.    Upaya apakah yang harus dilakukan untuk melestarikan lingkungan?




BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian Pencemaran
Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai pencemaran mari kita uraikan dahulu apa itu pengertian dari pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan yaitu masuknya makhluk hidup, zat energi,atau komponen lain dalam lingkungan, serta berubahnya tatanan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan insan atau proses alam baik bersifat fisik, kimiawi, maupun biologis sehingga mengganggu kesehatan, eksistensi manusia, kegiatan manusia, serta organisme lainnya.
Perlu kalian ketahui bahwa zat yang menimbulkan pencemaran itu disebut polutan, dan Secara garis besar pencemaran tergantung pada empat factor, yaitu jumlah penduduk, jumlah sumber daya alam yang digunakan oleh tiap individu, jumlah polutan yang dikeluarkan oleh setiap jenis sumber daya alam serta teknologi yang digunakan.
Tahukah kalian bahwa organisasi kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan empat tahapan pencemaran daiantaranya yaitu sebagai berikut:
  1. Pencemaran tingakat pertama, yaitu pencemaran yang tidak menimbulkan kerugian pada manusia, baik dilihat dari kadar zat pencemarannya maupun waktu kontaknya dengan lingkungan.
  2. Pencemaran tingkat kedua, yaitu pencemaran yang mulai menimbulkan iritasi ringan pada panca indera dan alat vegetatif lainnya serta telah menimbulkan gangguan pada komponen ekosistem lainnya.
  3. Pencemaran tingkat ketiga, yaitu pencemaran yang telah menimbulkan reaksi pada alat badan dan menimbulkan sakit yang kronis.
  4. Yang terakhir yaitu Pencemaran tingkat keempat, ialah pencemaran yang telah menimbulkan sakit bahkan ajal dalam lingkungan lantaran kadar zat pencemarannya terlalu tinggi.
Itu tadi empat tahapan pencemaran berdasarkan WHO, sungguh mengerikan bukan dampak dari pencemaran bahkan sanggup berdampak pada kematian. Sehingga kita harus sanggup meminimalisasikan pencemaran udara.
Macam-Macam Pencemaran
Untuk meminimalkan pencemaran yang terjadi di lingkungan kita tentu kita harus mengetahui apa saja macam pencemaran dan sumber pencemarnya, mari kita ulas satu per satu macam-macam pencemaran beserta polutannya !.
  1. Pencemaran Udara


Udara yaitu atmosfer yang berada di sekeliling bumi yang fungsinya sangat penting bagi kehidupan. Masih ingatkah kalian dengan pelajaran fisika Sekolah Menengah Pertama mengenai komposisi udara?. didalam udara itu terdapat oksigen untuk bernapas, karbondioksida untuk fotosintesis flora hijau, dan ozon untuk menahan sinar ultraviolet. Komposisi udara higienis dan kering tersusun oleh nitrogen (78,09%), oksigen (21,94%), argon (0,93%), karbondioksida (0,032%), dan gas-gas lain dalam konsetrasi rendah. Perlu kalian ketahui Apabila komposisi udara tersebut mengalami perubahan dari komposisi normal dan mengganggu kehidupan manusia, hewan, dan flora maka terjadi pencemaran udara.


Selanjutnya kita akan membahas mengenai macam-macam polutan udara dan dampaknya yaitu:
·         Karbonmonoksida (CO), berasal dari asap kendaraan bermotor, proses industri, dan asap rokok. Apabila gas CO masuk ke dalam paru-paru dan ikut peredaran darah, akan menghalangi masuknya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh, lantaran CO gampang bereaksi dengan hemoglobin. CO juga sanggup menimbulkan gangguan pernapasan, pusing, dan mual.
·         Karbondioksida (CO2), bersumber dari respirasi makhluk hidup, pembakaran materi bakar fosil, pembakaran sampah, dan kebakaran hutan. Gas CO2 penyebab utama imbas rumah beling yang menimbulkan pemanasan global, permukaan air bahari naik, dan perubahan iklim.
·         Nitrogen oksida (NO, NO2), sumber dari asap kendaraan bermotor, asap rokok, pembakaran gas alam, pembakaran kerikil bara. Gas NO2 yang masuk paru-paru akan menimbulkan pembengkakan paru-paru dan menimbulkan kematian. Gas NO menimbulkan gangguan system saraf menimbulkan kejang-kejang. Bagi tumbuhan sanggup menimbulkan kerusakan jaringan daun sehingga mengganggu fotosintesis.
·         Sulfur-Oksida (SO2, SO3), bersumber dari gunung berapi, pengolahan biji belerang, pembakaran kerikil bara. SO# menimbulkan hujan asam yang merusak tanaman, kesuburan tanah, merusak bangunan lantaran bersifat korosif, dan pada insan menimbulkan iritasi mata serta gangguan jalan masuk pernapasan.
 









BERSAMBUNG








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pencemaran Lingkungan"

Post a Comment