Contoh Museum Gajah

( 8 halaman )






BAB I
PENDAHULUAN



Latar Belakang Masalah
Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME dan sebagai wakil Tuhan di bumi yang mendapatkan amanat-Nya untuk mengelola kekayaan alam serta menjaga kekayaan serta bangunan-bangunan yang telah ada. Melakukan kewajiban untuk menjaga dan melestarikan sejarah pada bangsa Indonesia terutama tempat-tempat bersejarah menyerupai Museum Kebangkitan Nasional  yang pada umumnya penting bagi masyarakat untuk diketahui dan di pelajari.

Rumusan Masalah
Rumusan persoalan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut.
Bagaimanakah latar belakang sejarah terbentuknya Museum Gajah?
Apakah koleksi Museum Gajah?

Tujuan
Secara terperinci tujuan dari penelitian dan penulisan karya tulis ini yaitu sebagai berikut.
Untuk memperoleh isu wacana sejarah Museum Gajah
Untuk mengetahui pentingnya tempat-tempat bersejarah untuk di pelajari

Metode Penulisan
Penulis menelaah sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian dari buku-buku, artikel, atau internet.








BAB II
PEMBAHASAN

 

Sejarah Museum Gajah

Pada tahun 2006 Tercatat lebih dari 140.000 buah benda bersejarah ada di museum ini. Menjadikan museum ini kaya akan benda-benda yang sanggup dipelajari oleh belum dewasa kita bila kita berlibur ke museum ini. Museum ini sangat cocok dijadikan kawasan liburan, alasannya selain menciptakan belum dewasa bahagia bermain disekitar museum. Obyek Wisata ini juga sanggup mengakibatkan belum dewasa kita cinta akan bangsanya sendiri dengan mengetahui lebih jauh wacana sejarah Indonesia. Sebaiknya kita mendampingi belum dewasa kita dan memberi klarifikasi semoga mereka lebih sanggup memahaminya. Tapi sayangnya, walaupun museum ini mempunyai koleksi benda bersejarah yang cukup banyak. Sayangnya hanya sepertiga dari benda-benda itu saja yang sanggup dilihat oleh masyarakat umum. Museum Gajah mempunyai koleksi benda bersejarah dari seluruh Nusantara. Seperti arca-arca kuno, prasasi, naskah-naskah serta beberapa kerajinan tangan peninggalan zaman dahulu. Benda-benda bersejarah ini didapatkan dari penggalian para arkeolog, hibah dari zaman pemerintahan Belanda, serta hibah para kolektor, dan ada pula beberapa benda bersejarah yang dibeli. Semuanya terkumpul di museum gajah ini.

Letak dan Isi Museum Gajah
Tempat wisata bersejarah ini terletak di jakarta pusat, Museum Nasional indonesia yang juga di sebut dengan nama Museum Gajah ini merupakan sebuah museum yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Museum ini didirikan pada tanggal 24 April 1778 silam, pada waktu pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, Sejarah awal berdirinya museum ini bermula dari J.C.M. Radermacher, seorang ketua perkumpulan, yang menyumbang sebuah gedung di Jalan Kalibesar beserta dengan semua koleksi buku dan benda-benda budaya yang nanti akan menjadi dasar untuk pendirian sebuah museum. Museum Gajah ini mempunyai banyak koleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. menyerupai  arca-arca kuno, prasasti, benda-benda kuno lain dan barang-barang kerajinan. Koleksi-koleksi tersebut dikategorikan ke dalam etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan benda berharga lainnya.










 BERSAMBUNG





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Museum Gajah"

Post a Comment