Contoh Manajemen Pendidikan Management Dan Kepemimpinan

( 7 halaman )







BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang

Disadari atau tidak hakikat sesuatu di dunia ini perlu di atur, pengaturan yang di maksud mengarah kepada perjuangan kelancaran, keteraturan, kedinamisan, dan ketertiban suatu perjuangan yang sanggup dibayangkan apabila pengaturan yang tidak ada, bahkan dunia ini telah hancur semenjak dulu kala.
Pada kurun sekarang, penuh dengan kekomplekan dan problem pada problem tersebut menyangkut politik, sosial, ekonomi, budaya, dan kenegaraan. Sebab itulah mutlak diharapkan pengadministrasian bahkan Sondang Siagian menyebut kurun kini ialah “Abad Administrasi ” (Sondang Siagian, 1978:2)
Charles A. Beard, pernah berkata “tidak suatu hal untuk kurun modern kini ini yang lebih penting dari administrasi”. Kelangsungan pemerintah yang beradad itu sendiri akan sangat bergantung atas kemampuan kita untuk membina dan menyebarkan filsafat manajemen yang bisa memecahkan duduk kasus masyarakat modern .
Sebenarnya manajemen sudah ada semenjak timbulnya peradaban insan pada zaman modern perkembangan manajemen yang dilandasi dengan munculnya tokoh-tokoh gres di bidang manajemen dan manajemen. Frederik W. Taylor telah memelopori timbulnya “gerakan manajemen ilmiah “ di Amerika Serikat disusul Henry Fayol (dari Francis) yang membahas manajemen perusahaan dengan bukunya general atau industrial manjemen “pada karenanya Taylor dianggap sebagai bapak manajemen.
Apabila sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan maka perlu adanya pengaturan segenap rangkaian aktivitas dalam mengatur perjuangan kolaborasi memungkingkan bersatu untuk mencapai tujuan kemudian lintas tersebut telah terkandung pengertian admistrasi demikian setiap ada aktivitas yang nampaknya ada kolaborasi dari sekelompok insan secara teratur untuk mencapai tujuan tertentu, disuruhlah manajemen muncul.
B.     Rumusan Masalah

1. Bagaiman manajemen pendidikan itu ?
2. Apakah kepemimpinan dalam pendidikan ?

C. Tujuan Pembahasan
Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk lebih mengetahui pokok-pokok materi wacana konsep manajemen pendidikan dalam hubungannya dalam manajemen dan kepemimpinan dalam pendidikan.




BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Administrasi Pendidikan

Suatu kata “administrasi” berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata ad dan ministrate. Kata ad memiliki arti yang sama dengan arti to dalam bahasa inggris yang berarti “ke” atau “kepada” dan ministrate “melayani”, “membantu” atau mengarahkan dan mengatur.
Suatu kata “ manajemen “ sanggup diartikan sebagai suatu aktivitas atau perjuangan untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua aktivitas dalam mencapai suatu tujuan.
Frederick Taylor (1856) sering di sebut sebagai suatu gerakan manajemen menurut ilmu pengetahuan. Dengan demikian ia sanggup pula dikatakan senagai penggagas dari timbulnya ilmu adinistrasi. Ia pernah bekerja sebagai buruh rendahan hingga pada tingkat paling tinggi di dalam perusahaan. Berdasarkan pengalaman itu, ia mengemukakan dalam tulisannya bebrerapa prinsip managemen dalam pengelolaan perusahaan, antra lain prinsip waktu, upah, pemisahan dan fungsi manjemen.
Administrasi pendidikan ialah suatu proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal spiritual maupum material, yang bersangkut paut dengan pencapaintujuan pendidikan jadi didalam proses pencapain tujuan pndidikan itu diintegrasikan, diorganisasikan dan dikoordinasi secara efektif. dan semua materi yang di perlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efesien
Sedangkan pendidikan, baik diartikan sebagai proses atau produk ialah duduk kasus perseorangan anak asuh sendirilah yang harus menciptakan perubahan didalam dirinya sesuai dengan yang di kehendakinya. Proses pendidikan terjadi dalam individu dan produk pendidikan menyatakan diri dalam tingkah lakunya.
Dalam buku kurikulum perjuangan pendidikan dalam bidang Pendidikan dan Administrasi Pendidikan dari Departemen P dan K, sanggup kita baca rumusan wacana manajemen pendidikan sebagai berikut : Administrasi pendidikan serta proses keseluruhan, aktivitas bersama dalam pendidikan melipluti perencanaan, pengorganisasian, pengesahan, pelaporan, pengkoordinasian, pengawasan dan penjayaan, dengan memakai dan memanfaatkan akomodasi yang tersedia, baik personil maupun spiritual, untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
Atau secara singkat sanggup juga dikatakan : Administasi pendidikan ialah pembinaan, pengawasan, dam pelaksanaan dari segala sesuatu yang berafiliasi dengan urusan-urusan sekolah.

B. Manajemen Atau Administrasi Pendidikan
Manajemen suatu proses yang menyelenggarakan atau mengawasi suatu tujuan tertentu. Atau manajemen ialah fungsi dewan manajer yang menetapkan kebijakan mengenai macam produk yang akan di buat, bagaimana pembiyaannya menawarkan servis dan menentukan serta melatih pegawai dan lain-lain. Faktor-faktor yang mensugesti aktivitas suatu usaha. Lebih manajemen bertanggung jawab dalam menciptakan susunan organisasi yang melakukan kebijakan.
Demikian fungsi fungsi pokok yang bisa di bicarakan dalam manajemen perusahaan menyerupai planing, organising, actualing, control, yang merupakan fungsi pokok manajemen pendidikan. Dengan demikian makin terang bagitu kita bahwa kata manajemen dan manajemen pendidikan keduanya sanggup kita pergunakan untuk menjelaskan pengertian yang bersamaan.

C. Pemimpin dalam Pendidikan dan Hubungannya Dengan Manajemen dan Administrasi
1. Pengertian kepemimpinan dan hubungannya dengan manajemen, administrasi, kepemimpinan dalam pendidikan.
a. Beberapa konsep dalam pendidikan dan hubungan-hubungannya
1. Pemimpin merupakan suatu kemampuan yang berupa sifat-sifat yang di bawa semenjak lahir yang ada pada diri seseorang pemimpin.
2. Pemimipin sebagai fungsi kelompok yang mana tidaknya suatu kepemimpinan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan sifat-sifat yang ada pada seseorang tetapi yang justru yang lebih penting ialah dipengaruhi oleh sifat-sifat dan ciri-ciri kelompok yang dipimpinnya.
3. Pemimpin tidak hanya didasari atas pandangan yng bersifat psikologis dan sosiologis tetapi atas juga ekonomi dan politis.
b. Definisi kepemimpinan dan hubungannya dengan pendidikan
Prajudi Atmosudirdjo mengemukakan sebagai berikut :







 BERSAMBUNG





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Manajemen Pendidikan Management Dan Kepemimpinan"

Post a Comment