Definisi Dan Elt (Emergency Locator Transmitter)

ELT (Emergency Locator Transmitter) yaitu suatu perangkat suar penentu lokasi untuk pesawat.  ELT merupakan kepingan standar dari peralatan darurat pada pesawat, bahtera dan bahkan penggunaan pribadi. ELT merupakan perangkat yang dipakai untuk mencari dan menyelamatkan korban kecelakaan pada transportasi udara, bahari dan darat.  ELT Berfungsi sebagai pemancar sinyal radio semoga lokasinya atau daerah keberadaannya sanggup diketahui.

Emergency Locator Transmitter (ELT) yaitu alat pemancar yang memakai baterai sebagai sumber tenaganya yang harus terinstall terlebih dahulu pada pesawat sebelum pesawat tersebut didaftarkan dan diijinkan untuk beroperasi. ELT didesain semoga bisa memancarkan sinyal radio audible pada banyak sekali frekuensi radio saat ada sejumlah gaya tertentu yang dialami oleh pesawat, contohnya gaya gravitasi pada besaran tertentu akhir keadaan yang dialami pesawat. Tidak hanya gaya tertentu, muatan baterai yang rendah dan fenomena lainnya juga bisa mengaktivasi ELT untuk memancarkan sinyalnya. Pemancar ELT akan mendeteksi gaya apapun yang tidak biasa yang umumnya akan diasosiasikan pada terjadinya benturan pada tubuh pesawat.
 yaitu suatu perangkat suar penentu lokasi untuk pesawat Definisi dan  ELT (Emergency Locator Transmitter)
Apabila Emergency Locator Transmitter (ELT) sudah teraktivasi, maka selanjutnya sinyal akan terus dipancarkan pada frekuensi 121.5 MHz atau 406 MHz yang kemudian akan dimonitor melalui system satelit COSPAS-SARSAT. Jika pemancar ELT dirawat dengan baik, maka alat tersebut bisa memancarkan sinyal selama 48 jam pada suhu minus 20 derajat Celcius. Saat ELT mulai memancarkan sinyal, maka satelit akan eksklusif menangkapnya dalam hitungan menit dan lokasi pun terdeteksi.

Apabila Emergency Locator Transmitter (ELT) tidak tertangkap oleh radar, ada kemungkinan alat pemancar sinyal ELT mengalami kerusakan bersamaan dengan bencana atau antenanya patah. Atau bisa juga, sesungguhnya ELT telah teraktivasi, namun sebab pesawat karam dengan sangat cepat (kurang dari 50 detik), maka alat ELT tidak sanggup bekerja dengan baik. Menurut para pakar, sinyal ELT tidak bisa dipancarkan kalau alat sudah terendam oleh air.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ELT kini sanggup dipakai oleh perorangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Elt (Emergency Locator Transmitter)"

Post a Comment