Definisi Dan Pengertian Dan Macam-Macam Etika

Pengertian Dan Macam-Macam Etika. Apakah yang dimaksud dengan Etika . Etika berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, tabiat kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, jelek atau baik. Dengan demikian, etika akan memperlihatkan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan insan di dalam kelompok sosialnya.

Etika merupakan hukum prilaku, atau moral kebiasaan insan dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. kata etika atau lazim yang biasa disebut juga dengan etik, berikut ialah pengertian Etika Menurut para jago :
  1. Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan insan dalam berprilaku berdasarkan ukuran dan nilai yang baik.
  2. Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika ialah teori perihal tingkah laris perbuatan insan dipandang dari seg baik dan buruk, sejauh yang sanggup ditentukan oleh akal.
  3. Drs. H. Burhanudin Salam : etika ialah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang memilih prilaku insan dalam hidupnya.
Macam-Macam Etika dalam memilih baik-buruknya Prilaku manusia
  1. ETIKA DESKRIPTIF, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan prilaku insan dan apa yang dikejar oleh insan dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memperlihatkan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan perihal prilaku atau sikap yang mau diambil.
  2. ETIKA NORMATIF, yaitu etika yang berusaha tetapkan aneka macam sikap dan teladan prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh insan dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi evaluasi sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan
Baca Juga Pengertian Etika Deskriptif

Secara Umum Etika Terbagi Menjadi :
  1. ETIKA UMUM, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana insan bertindak secara etis, bagaimana insan mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi insan dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum sanggup di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori
  2. ETIKA KHUSUS, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini sanggup berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan acara khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu sanggup juga berwujud : Bagaimana saya menilai sikap saya dan orang lain dalam bidang acara dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan insan bertindak etis : cara bagaimana insan mengambil suatu keputusan atau tidanakn, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya
Dikutip Dari Berbagai Sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Dan Macam-Macam Etika"

Post a Comment