Definisi Dan Kalori

Kalori. Kalori yakni merupakan satuan ukur untuk menyatakan nilai energi. Dalam ilmu gizi, kalori yakni merupakan energi yang diperoleh dari masakan dan minuman serta penggunaan energi dalam acara fisik. Tubuh kita memerlukan kalori untuk mengahsilkan energi. Energi sangat berperan penting dalam kehidupan, tanpa energi, sel-sel tubuh sanggup mati, sistem-sistem organ dalam tubuh sanggup berhenti, serta tidak sanggup melaksanakan acara sehari-hari.

Baca Juga Pengertian Ciri-Ciri Dan Klasifikasi Protein

Sumber kalori dari masakan dihasilkan dari lemak, karbohidrat dan juga protein, dan yang mempunyai kandungan kalori terbesar dari semuanya yakni dari lemak, untuk setiap gramnya karbohidrat dan protein mengandung 4 kalori tapi untuk lemak setiap 1 gramnya mengandung 9 kalori jadi lemak mempunyai kandungan kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein dan juga karbohidrat.

Baca Juga Pengertian Dan Klasifikasi Karbohidrat 

Berdasarkan beberapa pendapat Jumlah kalori dalam masakan diharapkan untuk memperhitungkan keseimbangan energi. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih kecil dari kalori yang digunakan, berat tubuh akan berkurang lantaran cadangan energi dari lemak akan digunakan. Sebaliknya, apabila jumlah kalori yang masuk lebih besar dari kalori yang digunakan, berat tubuh akan meningkat. Kelebihan energi pun akan disimpan sebagai lemak. Jika penumpukan lemak yang hiperbola sanggup meningkatkan resiko terjadinya hipertensi, obesitas, penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

 Kalori yakni merupakan satuan ukur untuk menyatakan nilai energi Definisi dan  Kalori
Dalam Perhitungan jumlah kalori dalam masakan dan yang dibutuhkan oleh tubuh.
  1. Apabila anda makan terlalu sedikit namun banyak melaksanakan acara dan olahraga yang melebihi kandungan kalori masakan yang diasup tersebut, maka berat tubuh anda akan turun lantaran lemak tubuh akan dipakai sebagai ganti untuk menghasilkan energi.
  2. Apabila jumlah kalori yang anda makan setiap hari sama dengan jumlah kalori yang anda keluarkan, maka berat tubuh anda akan sama.
  3. Apabila anda makan banyak masakan dengan jumlah kalori yang lebih banyak dari kebutuhan kalori anda, dengan kata lain, dengan makan banyak masakan dengan kandungan kalori tinggi namun kurang gerak atau olahraga, maka berat tubuh anda akan naik. Hal ini disebabkan lantaran sisa kalori yang tidak dipakai akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak.
Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor, antara lain faktor usia, kelamin, berat badan, tinggi badan, dan aktivitas. Ini lantaran faktor-faktor ini memilih besarnya energi yang dikeluarkan tubuh. Samuel mencontohkan, contohnya laki-laki sampaumur sehat biasanya membutuhkan asupan 2.000 kalori setiap hari. Sementara seiring bertambah usia, akan semakin rendah kebutuhan kalorinya. "Untuk memilih kebutuhan kalori yang sempurna untuk masing-masing individu, dibutuhkan perhitungan oleh ahli. Namun secara umum, kebutuhan kalori dipengaruhi faktor-faktor tadi," imbuh dokter yang berpraktik di Siloam Hospital ini.

Kebutuhan kalori sebaiknya dicukupi guna menjaga fungsi tubuh berjalan dengan normal. Hanya saja, bila mempunyai kebutuhan khusus, menyerupai ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, maka jumlah kalori yang diasup mungkin sanggup berbeda. Untuk mengurangi berat badan, seseorang harus makan kurang dari kebutuhan kalorinya, sebaliknya dengan menaikan berat badan. Hanya saja, dihentikan terlalu drastis lantaran akan menganggu fungsi tubuh. Idealnya, berat tubuh turun dua sampai empat kilogram dalam sebulan.

Sumber referensi
http://doytutorial.blogspot.com/search?q=pengertian-ciri-ciri-dan-klasifikasi-protein
http://kaloriku.com/blog/apa-itu-kalori/
http://www.tropicanaslim.com/all-about-calories
http://health.kompas.com/read/2014/01/18/0923394/
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Kalori"

Post a Comment