Definisi Dan Pengertian Pribumi

Pengertian Pribumi. Pribumi merupakan penghuni asli, orang yang berasal dari tempat yang bersangkutan. Nah berikut ialah klarifikasi seputar pengertian pribumi.

Definisi Pribumi

Dikutip dari wikipedia pengertian Pribumi, orang asli, warga negara orisinil atau penduduk orisinil ialah setiap orang yang lahir di suatu tempat, wilayah atau negara, dan menetap di sana dengan status orisinal, orisinil atau tulen (indigenious) sebagai kelompok etnis yang diakui sebagai suku bangsa bukan pendatang dari negeri lainnya. Pribumi bersifat autochton (melekat pada suatu tempat). Secara lebih khusus, istilah pribumi ditujukan kepada setiap orang yang terlahir dengan orang bau tanah yang juga terlahir di suatu tempat tersebut.

Pribumi didefinisikan sebagai penduduk Indonesia yang berasal dari suku-suku orisinil (mayoritas) di Indonesia. Sehingga, penduduk Indonesia keturunan Tionghoa, India, ekspatriat aneh (umumnya kulit putih), maupun adonan sering dikelompokkan sebagai non-pribumi meski telah beberapa generasi dilahirkan di Indonesia. Pendapat menyerupai itu alasannya ialah sentimen masyarakat luas yang cenderung mengklasifikasikan penduduk Indonesia menurut warna kulit mereka.

Sedangkan Masyarakat Pribumi atau lebih dikenali sebagai orang orisinil ialah merupakan masyarakat yang memiliki susur galur hubungan dengan zaman Mesolitik dan Paleolitik. Merekalah yang memiliki status penduduk terawal dan telah mencorakkan negara kita.

Masyarakat pribumi memiliki falsafah kehidupan mereka sendiri menyerupai yang terungkap dalam sistem mitos, adat-istiadat, sistem kepercayaan, sistem kosmologi, pantang larang dan sebagainya. Semua ini mencirikan perilaku dan budpekerti mereka serta mengatur cara mereka bertindak dan berhubung dengan alam dan insan lain.

Etnis Pribumi ialah kelompok etnis yang memiliki kawasan mereka sendiri. masyarakat Indonesia terbagi dalam dua golongan besar yaitu golongan etnis Pribumi dan etnis pendatang (Eropa, India, Cina). 

Menurut golongan Pribumi ialah golongan mayarakat yang berasal dari seluruh suku atau adonan dari suku-suku orisinil di wilayah kedaulatan Republik Indonesia. 

Dikutip dari banyak sekali sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Pribumi"

Post a Comment