Contoh Dan Klarifikasi Makalah Ontologi




PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang masalah
Ontologi merupakan salah satu kajian kefilsafatan yang paling kuno yang berasal dari Yunani, studi tersebut membahas sesuatu yang bersifat Ontologis dikenal menyerupai Thales, Plato, dan Aristoteles. Pada masanya kebanyakan orang belum membedakan antara penampakan dengan kenyataan.

Pembicaraan mengenai hakikat sangatlah luas, mencakup segala yang ada dan yang mungkin ada. Hakikat ada yaitu kenyataan bersama-sama bukan kenyataan sementara atau berubah-ubah.
Secara ringkas Ontologi membahas realita atau suatu identitas dengan apa adanya. Pembahasan mengenai Ontologi berarti membahas kebenaran suatu fakta.
Ontologi juga merupakan salah satu dari obyek garapan filsafat ilmu yang menetapkan batas lingkup dan teori ihwal hakikat realitas yang ada (Being), baik berupa wujud fisik (al-Thobi’ah) maupun metafisik (ma ba’da al-Thobi’ah).
Sedangkan Ontologi atau pecahan metafisika yang umum, membahas segala sesuatu yang ada secara menyeluruh yang terdiri dari Metafisika Plato, Metafisika Aristoteles, Metafisika Neoplatonis, Metafisika dari Descartes hingga Kant, Metafisika Kant.








BAB II
Pembahasan
A.    Pengetian Ontologi
Inggris ontology; dari Yunani on, ontos (ada, keberadaan) logos (studi, ilmu tentang) daam pengetian lain ontology yaitu studi ihwal cirri-ciri esensi dari yang Ada dalam dirinya sendiri yang berbeda dari studi ihwal hal-hal yang Ada secara khusus. Dalam mempelajari yang Ada dalam bentuknya yang sangat abnormal studi tersebut melontarkan pertanyaan seperti: “Apa itu Ada-dalam-dirinya-sendiri?” “Apa hakikat Ada sebagai Ada”?[1]

B.     Dimensi Ontologi ilmu
Permyataan penting yang hendak di jawab melalui tinjauan ontologi yaitu apa yang ingin di ketahui melalui ilmu?Pernyataan ini selanjutnya melahirkan sejumlah spekulasi filosofis dan teoretik ihwal “ada”.Paling tidak ada dua teori yang memperlihatkan pandangan yang saling berbeda ihwal objek ilmu.Kedua teori ihwal ada ini bersumber pada dua pedoman filsafat.
Teori pertama di kenal dengan realisme.Sejalan dengan namanya,teori ini berupaya memandang secara realistis terhadap setiap fenomena.Menurut teori ini sebagai sekumpulan pengetahuan,ilmu merupakan citra yang benar dari alam nyata.Jadi,gambaran yang ada dalam alam pikiran di pandang sebagai salinan orisinil dari realitas yang berada diluar pikiran.Realitas beropini bahwa ilmu akan menerima dan menghadirkan kebenaran apabila sesuai dengan kenyataan.
Teori kedua di kenal dengan idealisme.Menurut idealisme,gambaran yang benar yang sempurna sesuai dengan kenyataan sebagaimana diteorikan oleh realisme merupakan sesuatu yang mustahil,sesuatu yang tidak mungkin Karena itu idealisme mentakris hakikat ilmu sebagai hasil dari proses mental yang pasti bersifat subjektif,bukan citra objektif ihwal kenyataan.Dengan demikian,pengetahuan berdasarkan teori idealistik ini tidak memperlihatkan citra yang sempurna ihwal kenyataan di luar alam pikiran manusia.
Sebegitu jauh,apa yang disebut objek ilmu kini hanyak di batasi pada objek empirik yang sanggup ditangkap dengan indra atau piranti pembantu indra.Karena itu,apapun yang mengkaji objek non-empirik akan segera di tuding sebagai tidak ilmiah,dan bukan ilmu.Apapun yang berada luar dunia empirik,tidak menjadi objek ilmu,tetapi menjadi objek jenis pengetahuan lain,seperti agama bagi mereka yang percaya terhadap agama.Dengan demikian,sebagaimana dikupas sebelumnya.ilmu dan agama menjadi dua ranah yang sama sekali tidak bersinggungan ,atau bahkan sering kali dipertentangkan.Agama di pahami hanya berurusan dengan hal-ikhwal yang tidak terjangkau oleh pengalaman empirik manusia.
Pandangan demikian telah membawa perubahan besar pada teladan pikir insan dan masyarakat modern,yang mendasarkan diri pada filsafat rasionalisme dam empirisme,sehingga realitas yang dianggap konkret yaitu yang empirik,atau yang bisa di pikirkan secara rasional.Diluar semua itu,dipandang dan di yakini sebagai sesuatu yang tidak nyata.
Apabila pandangan ihwal agama demikian itu diarahkan pada islam,maka terdapat kekeliruan amat besar ,sebab islam tidak mengenal pemisahan ilmu dari agama.Ilmu merupakan pecahan yang tak terpisahkan dari agama islam.Sebagaimana dijelaskan dalam pecahan konsepsi ilmu berdasarkan islam,hukum allah terentang dan melingkup alam shodaqoh(empirical world)dan alam ghoib(non-empirical world).Islam sama sekali tidak menolak pengalaman empirik sebagai pecahan dari objek ilmu.Namun demikian,dengan terang pula bahwa islam tidak menempatkan dunia empirik sebagai satu-satunya daerah kajian ilmu,sebab masih ada alam ghoib.Lebih jauh,islam mengakui adanya aspek transendental dari kenyataan empirik yang di dasarkan pada pemahaman dan keyakinan tauhid.
Walaupun pandangan islam mengakui adanya metafisika ilmu,paham metafisika yang tidak berlandasan tauhid islam menyerupai animisme, naturalisme, materialisme, tidak sanggup diterima. Animisme menyebarkan metafisika bahwa alam dan insan dikuasai oleh wujud-wujud yang bersifat ghoib dan magis.Sebaliknya,metafisika naturalisme hanya mendapatkan pandangan yang menyatakan bahwa yang ada itu semata-mata realitas alam.Sedangkan metafisika materialisme,yang merupakan turunan dari naturalisme,menyakini bahwa gejala-gejala alam tidak disebabkan oleh imbas kekuatan ghob,melainkan oleh kekuatan material itu sendiri[2].
Al quran sendiri mengajak insan untuk menyingkap banyak sekali fenomena kealaman dan kaitannya dengan insan serta merenungkan secara positif ihwal proses penciptaannya ,sehingga tumbuh kesadaran yang benar mengenai sang pencipta.Kendati metafisika ilmu islam mengakui keterbatasan insan dalam mencapai hakikat,yang demikian pengetahuan insan tidak pernah bersifat mutlak,tidak berarti seorang ilmuwan muslim harus bersifat pesimistik.
Islam memuliakan ilmu yang di dasarkan kepada pengalaman empirik-rasionaldan bahkan islam mendorong supaya insan memakai indra dan nalarnya untuk memahami fenomena kealaman,termasuk termasuk fenomena yang ada pada diri insan sendiri.Namun demikian,semua itu harus berpangkal dan berujung kepada penguat tauhid,karena derajat menjadi muttakin merupakan impian tertinggi setiap langsung muslim,ilmuan ataupun bukan ilmuan[3]
Di dalam pemahaman ontologi ditemukan juga pandangan pokok pemikiran sebagai berikut:
1.      Monoisme.
Paham ini menganggap bahwa hakikat yang asal dari seluruh kenyataan itu hanyalah satu saja,tidak mungkin dua.Haruslah satu hakikat saja sebagai sumber asal,baik yang asal berupa materi ataupun berupa rohani.Istilah monisme oleh Thomas Davidson disebut dengan Block Universe.Paham ini terbagi menjadi dua aliran:

a.       Materialisme
Aliran ini menganggap bahwa sumber yang asal yaitu materi,bukan rohani.Aliran ini sering juga disebut naturalisme.Alasan mengapa pedoman ini berkembang sehingga memperkuat dugaan bahwa yang merupakan hakekat adalah:
a.       Penemuan-penemuan menerangkan betapa bergantungnya jiwa pada badan
b.      Pikiran sederhana tidak bisa memikirkan sesuatu di luar ruang yang abstrak
c.       Pikiran yang masih sederhana ,apa yang kelihatan yang sanggup di raba,biasanya dijadikan kebenaran terakhir.
Oleh alasannya itu,peristiwa jiwa selalu dilihat sebagai insiden jasmani.Jasmani lebih menonjol dalam insiden ini.Dalam sejarahnya insan memang bergantung pada benda menyerupai padi.Dewi Sri dan Tuhan muncul dari situ.Kesemuanya itu memperkuat dugaan bahwa yang merupakan hakekat yaitu benda.
b.      Idealisme
Idealisme diambil dari kata “Idea”, yaitu sesuatu yang hadir dalam jiwa. Aliran ini beranggapan bahwa hakikat kenyataan yang beraneka ragam itu semua berasal dari ruh (sukma) atau homogen dengannya, yaitu sesuatu yang tidak berbentuk dan menempati ruang. Materi atau zat itu hanyalah suatu jenis dari pada penjelmaan ruhani.
2.      Dualisme
Aliran ini beropini bahwa benda terdiri dari dua macam hakikat sebagai asal sumbernya, yaitu hakikat materi dan hakikat ruhani, benda dan ruh, jasad dan spirit. Materi bukan muncul dari ruh, dan ruh bukan muncul dari benda. Sama-sama hakikat. Kedua macam hakikat itu masing-masing bebas dan bangkit sendiri, sama-sama azali dan abadi. Hubungan keduanya membuat kehidupan dalam alam ini. Contoh yang paling terang ihwal adanya kolaborasi kedua hakikat ini ialah dalam diri manusia.
3.      Pluralisme
Paham ini berpandangan bahwa segenap macam bentuk merupakan kenyataan. Pluralisme bertolak dari keseluruhan dan mengakui bahwa segenap macam bentuk itu semuanya nyata.
4.      Nihilisme
Nihilisme berasal dari Bahasa Latin yang berarti nothing atau tidak ada.Sebuah doktrin yang tidak mengakui validitas alternatif yang positif.
5.      Agnotisisme
Paham ini mengingkari kesanggupan insan untuk mengetahui hakikat benda. Baik hakikat materi maupun hakikat ruhani. Kata Agnosticisme berasal dari bahasa Grik Agnostos yang berarti unknown. A artinya no, Gno artinya know[4]

C.    Objek Telaah Ontologi
Objek telaah ontologi yaitu the being.Study ihwal the being pada dataran filsafat pada umumnya dilakukan oleh filsafat metafisika.Bagaimana pemaknaan metafisika akan penulis cermati perkembangan historisnya mengeksplorasi bermacam-macam pandangan ontologik,dan penulis tuntun hingga penulis sajikan suatu dekonstruksi menjadi monisme multifaset.
a.       Metafisika Plato
 Menurut Plato “idee”ada terlepas dari bendanya.Apa yang kita pegang atau lihat hanyalah bayang-bayang refleksi kita.Plato termasuk filosof idealist.
b.      Metafisika Aristoteles
Aristoteles memandang bahwa “orang”atau”kuda”karena pada bendanya mempunyai sifat “orang”atau”kuda”.Aristoteles termasuk filosof materialis.
c.       Metafisika Neoplatonis
Metafisika Neoplatonis banyak memakai interpretasi religious.Tokohnya:Plotinus:dalam islam Al Kindi.Al Farabi,dan ibnu Sina,Kebenaran “ide”yang yunifersal pada plato,dalam pandangan neoplatonis ditampilkan dalam sosok tuhan.
d.      Metafisika Descartes dan Kant
1)      Descartes menyatakan metafisika sanggup dipertahankan atas adanya bukti:pertama,memiliki sifat objektif yang terang dan distinktif menyerupai maternatika; dan kedua,the truth secara intrinsik jelas,seperti postulat dalam geometri.
2)      Spinoza menuntut kejelasan inferensi yang logis ihwal universe truth
3)      Leibnis mengakui penggunaan a priori proofs untuk membuktikan kebenaran disekitar kita
4)      Meskipun Locke termasuk rasionalis Descartes,Locke menuntut adanya kritik terhadap subtansi dan esensi.
5)      Berkeley menuntut bahwa sesuatu phenomena ada lantaran sanggup ditangkap oleh indra kita.
6)      Hume menuntut bukti empirik.
7)      Spinoza dan Leibniz termasuk rasionalist Cartesian yang memakai argumentasi spekulatif.Locke,Berkeley & Hume termasuk rasionalist Cartesian yang skeptis.
e.       Metafisika semenjak Kant
      Metafisika yang spekulatif dan skeptis dikembangkan oleh Kant menjadi metafisika idealist
1)      Hegel sebagai salah satu murid Kant yang menonjol.Kant membedakan antara yang dialami empirik dengan interpretasi kita.Idealisme Hegel menolak pembedaan tersebut,dan Hegel berasumsi bahwa the things-in-themselves tidak sanggup dipisahkan dari the things we know them.Hegel menuju ke pandangan idealisme monistik.
2)      August Comte tidak mengkritik metafisika,melainkan mengkritik cara berfikir spekulatif mengenai keyakinan agama,dan metafisika.
3)      Karl Popper,phenomenolog dedukatif lebih menegaskan lagi bahwa ada kebenaran universal. Yang sanggup di buktikan yaitu kasus-kasus yang mendukung kebenaran universal tersebut. Dua kali dua sama dengan empat itu kebenaran abnormal universal, yang tidak sanggup dibuktikan, Yang sanggup dibuktikan yaitu kasus-kasus.
4)      Penomenologi induktif oke bahwametafisika bukan observational sceinc.Whitehead menekankan perlunya imaginative feeling and emotion untuk menangkap inner nature,yang oleh Plato disebut trasendental reality,sebagai kebenaran universal yang nonma-terialistik moralistik,yang diakui oleh Plato sebagai immortality of soul.
5)      Neoplatonisme memasukkan unsur agama,berupa keyakinan ihwal god Existence dalam Kristen,dan juga dalam islam (Al Kindi & Al Farabi,dan Ibnu Sina).[5]














PENUTUP
Kesimpulan
            Berdasarkan makalah diatas,dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1)      Ontologi terdiri dari dua suku kata,yakni ontos dan logos berarti ilmu.studi ihwal cirri-ciri esensi dari yang Ada dalam dirinya sendiri yang berbeda dari studi ihwal hal-hal yang Ada secara khusus.
2)      Aliran-aliran mengenai keberadaan ontologi yaitu monoisme, dualisme, pluralisme, materialisme, idialisme, nihilisme, dan agnotisisme.























DAFTAR PUSTAKA
Bagus,Loren.2005.Kamus Filsafat.jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Rahardjo,Mudjia.2009.filsafat IlmuI.Malang.uin-Malang Press
Muhadjir,Noeng.2011.Filsafat Ilmu.Yogjakart:Rake Sarasini



[1] Lorens Bagus,Kamus Filsafat,(Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama,2005),hlm.746
[2] Mudjia Raharjo dkk,filsafat ilmu,(malang:uin-malang Press,2009),hlm.14-16
[3] Ibid,hlm 19-20
[4] https://doytutorial.blogspot.com/search?q=makalah-landasan-ontologi-epistomologi
[5] Neong Muhadjir,Filsafat Ilmu,(Yogyakarta,2011)hlm.64-66

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Dan Klarifikasi Makalah Ontologi"

Post a Comment