Definisi Dan Etnografi

Etnografi. Etnografi dipakai untuk meneliti perilaku-perilaku insan berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi dalam setting sosial dan budaya tertentu. Etnografi mula-mula dilakukan untuk membangun tingkat-tingkat perkembangan evolusi budaya insan dari masa insan mulai muncul dipermukaan bumi hingga ke masa terkini. Etnografi, yang akarnya yakni ilmu antropologi intinya yakni aktivitas penelitian untuk memahami cara orang-orang berinteraksi dan berhubungan melalui fenomena teramati kehidupan sehari-hari. Berikut yakni klarifikasi seputar pengertian Etnografi.

 Etnografi dipakai untuk meneliti sikap Definisi dan  Etnografi


Definisi Etnografi

Istilah etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphy yang berarti tulisan. Jadi, pengertian etnografi yakni deskripsi wacana bangsa-bangsa. Beberapa pendapat andal antropologi mengenai pengertian etnografi antara lain dikemukakan oleh Spradley (2007), Spindler (1974) dan Koentjaraningrat (1990).

Secara harafiah, etnografi berarti goresan pena atau laporan wacana suatu suku bangsa yang ditulis oleh seorang antropolog atas hasil penelitian lapangan (field work) selama sekian bulan atau sekian tahun.

Seperti dikutip dari wikipedia Etnografi juga dikenal sebagai bab dari ilmu sejarah yang mempelajari masyarakat, kelompok etnis dan deretan etnis lainnya, etnogenesis, komposisi, perpindahan daerah tinggal, karakteristik kesejahteraan sosial, juga budaya material dan spiritual mereka. Etnografi sering diterapkan untuk mengumpulkan data empiris wacana masyarakat dan budaya manusia. Pengumpulan data biasanya dilakukan melalui pengamatan partisipan, wawancara, kuesioner, dll. Ilmu ini bertujuan untuk menjelaskan keadaan masyarakat yang dipelajari (misalnya untuk menjelaskan seseorang, sebuah ethnos) melalui tulisan. Dalam biologi, jenis studi ini disebut "studi lapangan" atau "laporan kasus", keduanya dipakai sebagai sinonim umum untuk "etnografi".

Menurut Spradley (2007) etnografi yakni aktivitas menguraikan dan menjelaskan suatu kebudayaan.

Menurut Spindler (1999) etnografi yakni aktivitas antropologi di lapangan.

Menurut Koentjaraningrat (1990) menyampaikan bahwa isi karangan etnografi yakni suatu deskripsi mengenai kebudayaan suatu suku bangsa.

Mengacu pada pengertian-pengertian etnografi dari para andal di atas, maka sanggup disimpulkan:
  1. Etnografi intinya yakni suatu penggambaran secara utuh mengenai kebudayaan suku bangsa melalui suatu penelitian lapangan yang mendalam, dan;
  2. Etnografi yakni suatu metode penelitian kebudayaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Etnografi"

Post a Comment