Definisi Dan Pengertian Perekonomian Terencana

Pengertian Perekonomian Terencana. Terdapat dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujud aliran Karl Marx, komunisme ialah sistem yang mengharuskan pemerintah mempunyai dan memakai seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara; Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memperlihatkan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh.

Definisi Perekonomian Terencana

Sebuah perekonomian bersiklus (planned economies) memperlihatkan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi.

Pengertian Perekonomian bersiklus ialah sistem ekonomi yang mengatur jalannya produksi dan investasi yang diatur dalam sebuah planning yang dirumuskan oleh otoritas pusat, yang biasanya ialah sebuah tubuh publik menyerupai tubuh pemerintahan. Istilah tersebut juga sering disebut sebagai "ekonomi komando". Meskipun ekonomi bersiklus sanggup berdasar pada bentuk sentralisasi atau desentralisasi perencanaan ekonomi, istilah tersebut selalu merujuk kepada ekonomi bersiklus secara sentral.

Ekonomi bersiklus selalu dikategorisasikan sebagai bab dari sosialisme, dan dalam sejarah didukung dan diimplementasikan oleh negara sosialis Marxis-Leninis. Ekonomi bersiklus berlawanan dengan ekonomi tak terencana, menyerupai ekonomi pasar.

Meskipun kebanyakan ekonomi-ekonomi pada ketika ini memakai ekonomi adonan berbasis pasar (yang hanya sebagian yang terencana), ekonomi bersiklus secara penuh jenis Soviet masih dijalankan di Kuba, Korea Utara dan Laos.

Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi_terencana

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Perekonomian Terencana"

Post a Comment