Definisi Dan Tugas

@ Pengertian Tugas ialah sesuatu yg wajib dikerjakan atau sesuatu perintah yang telah ditentukan untuk dilakukan, Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seseorang, Pekerjaan yang dibebankan, dan hendaklah dijalankan sesuai dengan fungsi masing-masing.

Konteks kiprah

Tugas merupakan wujud pertanggungjawaban individu ataupun organisasi. Selain tugas, ada status, fungsi dan kiprah berdasarkan hirarki.

Tugas juga sanggup diartikan sebagai suatu pekerjaan dan tanggung jawab seseorang. Pekerjaan yang dibebankan, sesuatu yang wajib dilakukan atau ditentukan untuk perintah semoga melaksanakan sesuatu dalam jabatan tertentu.

Contoh penerapan kiprah dalam organisasi ialah Adanya merupakan kegiatan yang telah direncanakan dalam sebuah organisasi. Tanpa organisasi mustahil seseorang sanggup melaksanakan pekerjaan.Pekerjaan yang dimaksud ialah disini ialah kiprah atau perintah yang diberikan oleh atasan kepada bawahan sebagai tanggungjawab dalam suatu jabatan/ bidang dalam sebuah organisasi.

Dalam klarifikasi diatas sanggup diambil kesimpulan bahwa kiprah ialah pekerjaan seseorang dalam organisasi atas proteksi dalam sebuah jabatan. Sehingga dalam menjalankan tugasnya, seseorang sanggup memahami kiprah dan fungsi kerja dengan baik dan sesuai hukum yang berlaku pada organsasi tersebut.

Oleh karna itu dalam melaksanakan kiprah dan tanggungjawab dalam jabatan organisasi. Perlu adanya kolaborasi dengan bidang – bidang lain. Ini dimaksudkan Dalam melaksanakan tugas, setiap bidang di organisasi harus mempunyai garis koordinasi dan kolaborasi yang baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Analisa Tugas

Adalah proses menganalisa bagaimana insan melaksanakan kiprah dengan sistem yang ada
Teknik (pendekatan) untuk analisa tugas:
  1. Dekomposisi tugas, memilah kiprah ke sub kiprah beserta urutan pelaksanaannya
  2. Teknik berbasis pengetahuan, melihat apa yang harus diketahui oleh user perihal objek dan  agresi yang terlibat dalam kiprah dan bagaimana pengetahuan itu diorganisasikan
  3. Analisa berbasis relasi-entitas, pendekatan berbasis objek, dimana penekanannya pada identifikasi bintang film dan objek, hubungan dan agresi yang dilakukan
Analisa kiprah dikhususkan untuk mengenali kepentingan user.
  1. Beberapa aspek analisa kiprah sangat seolah-olah dengan model kognitif berorientasi-goal.
  2. Analisa kiprah cenderung lebih melihat pada apa yang harus dilakukan oleh user sedangkan pada model kognitif lebih melihat pada proses kognitif internal seseorang dalam melaksanakan pekerjaannya (internal mental state), maka granularitasnya biasanya lebih kecil dibandingkan analisa kiprah

Metode Pemberian Tugas Dalam Belajar Mengajar

Metode proteksi kiprah Biasanya seorang guru memperlihatkan kiprah itu sebagai pekerjaan rumah. Akan tetapi ada perbedaan antara pekerjaan rumah dan proteksi kiprah Untuk pekerjaan rumah, guru menyuruh membaca buku dirumah dengan kata lain mencari acuan diluar dari sekolah, sedangkan dalam proteksi kiprah guru menyuruh membaca. Untuk menambah menambah kiprah .

Dari klarifikasi diatas pengertian kiprah jauh lebih luas dari pekerjaan rumah alasannya ialah metode proteksi kiprah diberikan dari guru kepada siswa untuk diselesaikan dan dipertanggung jawabkan. Siswa sanggup menuntaskan di sekolah, atau dirumah atau di kawasan lain yang kiranya sanggup menunjang penyelesaian kiprah tersebut, baik secara individu atau kelompok. Tujuannya untuk melatih atau menunjang terhadap bahan yang diberikan dalam kegiatan intra kurikuler, dan juga melatih tanggung jawab akan kiprah yang diberikan.

Hal yang harus diperhatikan dalam proteksi kiprah ;

  1. Tujuan penugasan
  2. Bentuk pelaksanaan tugas
  3. Manfaat tugas
  4. Bentuk Pekerjaan
  5. Tempat dan waktu penyelesaian tugas
  6. Memberikan bimbingan dan dorongan
  7. Memberikan penilaian

Jenis kiprah yang diberikan oleh guru dalam proses mencar ilmu mengajar :

  1. Tugas menciptakan rangkuman
  2. Tugas menciptakan makalah
  3. Menyelesaikan soal
  4. Tugas mengadakan observasi
  5. Tugas mempraktekkan sesuatu
  6. Tugas mendemonstrasikan observasi

Kelebihan Metode Pemberian Tugas

Metode proteksi kiprah ini dalam pelaksanaannya mempunyai beberapa kelebihan disamping juga mempunyai beberapa kelemahan. Adapun kelebihan metode proteksi tugas  diantaranya ialah Metode ini merupakan aplikasi pengajaran modern disebut juga azas kegiatan dalam mengajar yaitu guru mengajar harus merangsang siswa semoga melaksanakan aneka macam kegiatan sehubungan dengan apa yang dipelajari, sehingga :
  1. Dapat memupuk rasa percaya diri sendiri
  2. Dapat membina kebiasaan siswa untuk mencari, mengolah menginformasikan dan dan mengkomunikasikan sendiri.
  3. Dapat mendorong belajar, sehingga tidak cepat bosan
  4. Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa
  5. Dapat menyebarkan kreativitas siswa
  6. Dapat menyebarkan contoh berfikir dan ketrampilan anak.

Kelemahan metode proteksi tugas

  1. Tugas tersebut sulit dikontrol guru kemungkinan kiprah itu dikerjakan oleh orang lain yang lebih andal dari siswa.
  2. Sulit untuk sanggup memenuhi proteksi tugas
  3. Pemberian kiprah terlalu sering dan banyak, akan sanggup menjadikan keluhan siswa,
  4. Dapat menurunkan minat mencar ilmu siswa jikalau kiprah terlalu sulit
  5. Pemberian kiprah yangmonoton sanggup menjadikan kebosanan siswa apabila terlalu sering.
  6. Khusus kiprah kelompok juga sulit untuk dinilai siapa yang aktif.
  7. Demikianlah sedikit ulasan perihal metode proteksi tugas. Semoga bermanfaat. Ada aneka macam metode pembelajaran yang akan saya tuliskan sehabis metode proteksi tugas. Selamat menjadi guru yang baik dan profesional.
Referensi :
http://wijayalabs.wordpress.com/2014/08/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Tugas"

Post a Comment