Definisi Dan Pengertian Keanekaragaman Genetik

Pengertian Keanekaragaman Genetik. Pengetahuan wacana keragaman genetik sangat penting lantaran akan memeberikan suatu isu dasar dalam pengembangan flora selanjutnya.

Pengertian Keanekaragaman Genetik


Keanekaragaman gen ialah segala perbedaan yang ditemui pada makhluk hidup dalam satu spesie.

Keanekaragaman genetik (genetic diversity) ialah suatu tingkatan biodiversitas yang merujuk pada jumlah total variasi genetik dalam keseluruhan spesies yang mendiami sebagian atau seluruh permukaan bumi yang sanggup didiami. Ia berbeda dari variabilitas genetik, yang menjelaskan kecenderungan kemampuan suatu karakter/sifat untuk bervariasi yang dikendalikan secara genetik.

Keanekaragaman genetik merupakan variasi genetik dalam satu spesies baik di antara populasi - populasi yang terpisah secara geografik maupun di antara individu-individu dalam satu populasi. Individu dalam satu populasi mempunyai perbedaan genetik antara satu dengan lainnya. Variasi genetik timbul lantaran setiap individu mempunyai bentuk-bentuk gen yang khas. Variasi genetik bertambah dikala keturunan mendapatkan kombinasi unik gen dan kromosom dari induknya melalui rekombinasi gen yang terjadi melalui reproduksi seksual. Proses inilah yang meningkatkan potensi variasi genetik dengan mengatur ulang alela secara acak sehingga timbul kombinasi yang berbeda-beda.

Keanekaragaman genetik ialah variasi karakteristik yang ada diwariskan pada populasi spesies yang sama. Ini melayani tugas penting dalam evolusi dengan memungkinkan spesies untuk mengikuti keadaan dengan lingkungan gres dan untuk melawan parasit.

Pentingnya keanekaragaman genetik

Terdapat beberapa cara untuk mengukur keanekaragaman genetika. Sebab-sebab hilangnya keanekaragaman genetika pada binatang juga telah dikaji dan diidentifikasi. Kajian tahun 2007 yang dilakukan oleh National Science Foundation menemukan bahwa keanekaragaman genetik dan keanekaragaman hayati bergantung satu sama lainnya, bahwa keanekaragaman dalam suatu spesies diharapkan untuk menjaga keanekaragaman antar spesies.

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Keanekaragaman_genetika

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Keanekaragaman Genetik"

Post a Comment