Definisi Dan Kebudayaan

Kebudayaan@ Kebudayaan ialah seperangkat norma yang dimiliki oleh sekelompok masyarakat dan merupakan cara atau anutan dalam kehidupannya. Pengertian kebudayaaan mempunyai ciri bahwa kebudayaan merupakan milik bersama, dipelajari dan merupakan suatu keseluruhan yang terinteraksi dalam kehidupan masyarakat.

Beberapa Pengertian Tentang Kebudayaan

  1. Kebudayaan juga sanggup diartikan sebagai totalitas yang kompleks serta meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat, dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang diperoleh orang sebagai anggota masyarakat.
  2. kebudayaan ialah keseluruhan dari hasil insan hidup bermasyarakat berisi aksi-aksi terhadap dan oleh sesama insan sebagai anggota masyarakat yang merupakan kepandaian, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, susila istiadat, dan lain-lain kepandaian.
  3. kebudayaan ialah cara hidup yang telah dikembangkan oleh anggota-anggota masyarakat.

Hubungan Antara Pendidikan Dan Kebudayaan

Pendidikan dan kebudayaan terdapat relasi yang sangat bersahabat yang saling terkai pada suatu hal yang sama yaitu nilai-nilai. Pendidikan sanggup menciptakan orang berbudaya, semakin banyak orang mendapatkan pendidikan semakin banyak orang yang berbudaya dan makin tinggi kebudayaan makin tinggipula pendidikan atau cara mendidiknya. Ini diKarenakan oleh ruang lingkup kebudayaan yang sangat luas, dimana kebudayaan meliputi segala aspek kehidupan Manusia.

Pendidikan yang terlepas dari kebudayaan akan mengakibatkan alienasi dari subjek yang dididik dan seterusnya kemungkinan matinya kebudayaan itu sendiri. Oleh alasannya itu kebudayaan umum harus diajarkan pada semua sekolah. Sedangkan kebudayaan kawasan sanggup dikaitkan dengan kurikulum muatan lokal, dan kebudayaan terkenal juga diajarkan dengan proporsi yang kecil.

Dengan demikian sanggup kita simpulkan bahwa pendidikan ialah bab dari kebudayaan. Bila kebudayaan berubah maka pendidikan juga bisa berubah dan kalau pendidikan berubah akan sanggup mengubah kebudayaan. Pendidikan ialah suatu proses menciptakan orang kemasukan budaya, menciptakan orang berprilaku mengikuti budaya yang memasuki dirinya. Sekolah sebagai salah satu dari tempat enkulturasi suatu budaya bergotong-royong merupakan materi masukan bagi anak dalam membuatkan dirinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Kebudayaan"

Post a Comment