Definisi Dan Dan Macam Oposisi

@ Apa yang dimaksud dengan oposisi. Dalam pengertian lain, oposisi merupakan pembanding pertentangan dan proposisi yang merupakan bab dari sifat proposisi. Proposisi yang oposisitif ialah proposisi yang mustahil sekaligus benar walaupun ada subyek dan predikat yang sama,

Apa yang dimaksud partai oposisi. Oposisi dalam dunia politik berarti partai penentang di dewan perwakilan dsb yang menentang dan mengkritik pendapat atau akal politik golongan yang berkuasa.

Apa arti dari oposisi. Oposisi dalam logika diartikan dengan pertentangan antara dua pernyataan atas dasar pengolahan term yang sama. Pertentangan disini diartikan juga dengan korelasi logis, yaitu korelasi yang di dalamnya terkandung adanya suatu evaluasi benar atau salah terhadap dua pernyataan yang diperbandingkan.).

Pembagian Oposisi atau Macam-macam Oposisi
Oposisi dibedakan menjadi dua bab Yaitu:
1. Oposisi Sederhana
Oposisi yang berupa korelasi logis antara dua pernyataan tunggal atas dasar term yang sama. Tetapi perbedaan dalam kualitas dan kuantitas. Term satu-satunya disini merupakan predikat.

Oposisi sederhana dibedakan menjadi empat macam, yaitu :
  1. Oposisi kontraris yaitu pertentangan antara dua pernyataan universal atas dasar satu term yang sama. Tetapi berbeda dalam kualitasnya.
  2. Oposisi subkontraris yaitu pertentangan antara dua pernyataan particular atas dasar satu term yang sama, tetapi berbeda dalam kualitasnya.
  3. Oposisi kontradiktoris yaitu dimana yang satu menyangkal apa yang diakui oleh yang lain.Dalam oposisi ini memiliki tabiat jikalau satu salah, yang lain harus benar. Dan jikalau yang satu benar yang lain harus salah, mustahil benar keduanya atau salah keduanya.
  4. Oposisi Subalternasi yaitu pertentangan antara dua pernyataan atas dasar satu term yang sama dan berkualitas sama tapi berbeda dalam kuantitasnya.
2. Oposisi Kompleks
Oposisi yang berupa korelasi logis antara dua pernyataan atas dasar dua term yang sama sebagai subyek dan predikat, tetapi berbeda dalam kuantitas atau kualitasnya atau berbeda kedua-duanya atau pertentangan antara dua proposisi kategoris dengan term yang sama dan berbeda dalam satu hal.

Oposisi ini dibagi menjadi tiga, yaitu:
  1. Oposisi Paralel : merupakan korelasi antara dua pernyataan particular dengan dua term yang sama tapi berbeda daam kualitasnya. Dalam pertentangan dua pernyataan particular ini, obyek dari kedua pernyataan itu yaitu satu himpunan yang dibagi dua kelompok, yang satu dengan predikat positif (afirmatif) dan yang lain dengan predikat negative. Oleh alasannya itu pernyataan yang satu mengandalkan adanya pernyataan yang lain. Kenapa disebut oposisi parallel, alasannya proposisi yang satu sejajar dan mengandaikan adanya opossi yang lain.
  2. Oposisi kontradiktoris, yaitu merupakan pertentangan antara dua pernyataan kategoris dengan term yang sama. Namun berbeda kuantitas dan kualitasnya. Oposisi pertentangan disini sama juga dengan oposisi kontradiktoris dan dibahas dalam oposisi sederhana . hukumnya pun sama. Kenapa disebut Oposisi kontradiktoris alasannya antara proposisi yang satu dengan yang lain saling bertentangan penuh
  3. Oposisi langsung : merupakan pertentangan antara dua pernyatan universal kategoris ang berbeda kualitas, atas pertentangan dua pernyataan yang berkualitas sama tapi bebeda kuantitas.Kenapa disebut Oposisi langsung alasannya antara dua proposisi yang bertentangan itu saling menyisihkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Dan Macam Oposisi"

Post a Comment