Definisi Dan Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya. Apa itu Sosiologi.....? Istilah Sosiologi pertama kali ditemukan oleh Auguste Comte Seorang jago filsafat, moralis, dan sekaligus sosiolog yang berasal dari Perancis,. Menurut dia, sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya sobat atau sesame dan logis dari kata Yunani yang artinya cerita. Kaprikornus pada awalnya, sosiologi berarti bercerita perihal sobat atau kawan. Berikut yaitu klarifikasi perihal seputar pengertian sosiologi, Ciri - Ciri Utama Ilmu Sosiologi, Objek Sosiologi Dan Pokok-Pokok Bahasan Sosiologi.

Definisi Sosiologi

Sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil ajaran ilmiah dan sanggup dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Berikut ini pengertian sosiologi berdasarkan beberapa jago antara lain yaitu :
  1. Menurut Max Weber Sosiologi yaitu ilmu yang beruapaya memahami tindakan-tindakan social.
  2. Menurut Roucek dan Warren Sosilogi yaitu ilmu yang mempelajari korelasi antara insan dalam kelompok-kelompok.
  3. Menurut William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf Sosiologi yaitu penelitian secara ilmiah perihal stuktur-stuktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
  4. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi Sosiologa yaitu ilmu kemasyarakatan yang mempelajari stuktur social dan proses-proses social termasuk perubahan sosal.
  5. Menurut Paul B. Horton Sosiologi yaitu ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.
  6. Menurut Piritim Sorokin. Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari Hubungan dan imbas timbsl balik antara aneka macam tanda-tanda social (misalnya tanda-tanda ekonomi, tanda-tanda agama, tanda-tanda keluarga, dan tanda-tanda moral), Hubungan dan imbas timbal balik antara tanda-tanda social dengan tanda-tanda nonsosial (gejala geografis, biologis) dan Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
  7. Menurut Allan Johnson Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem menghipnotis orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya menghipnotis sistem itu.
  8. Menurut William Kornblum Sosiologi yaitu suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan sikap sosial anggotanya dan mengakibatkan masyarakat yang bersangkutan dlam banyak sekali kelompok dan kondisi.
  9. Menurut Soerjono Soekanto Sosilogi yaitu ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapat pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Ciri - Ciri Utama Ilmu Sosiologi

  1. Empiris yaitu ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan nalar sehat serta akhirnya tidak bersifat spekulatif (menduga-duga)
  2. Teoritis yaitu suatu ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstaksi dari hasil-hasil pengamatan
  3. Komulatif yaitu sesuatu yang tersusun atas dasar teori - teori yang sudah ada atau memperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama
  4. Nonetis yaitu pembahasan suatu persoalan tidak mempersoalkan baik dan jelek persoalan tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan persoalan tersebut secara mendalam.

Objek Sosiologi

  1. Objek Material merupakan kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses korelasi antar insan yang menghipnotis kesatuan hidup insan itu sendiri.
  2. Objek Formal sosiologi lebih ditekankan pada insan sebagai makhluk social atau masyarakat. Dengan demikian obyek formal sosiologi yaitu korelasi antar insan serta proses yang timbul dari korelasi insan di dalam masyarakat.

Pokok Bahasan Sosiologi

  1. Fakta sosial yaitu merupakan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu dan memiliki kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut.
  2. Tindakan sosial yaitu merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan sikap orang lain.
  3. Khayalan sosiologis dibutuhkan untuk sanggup memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia.
  4. Realitas sosial yang mana Seorang sosiolog harus dapat  menyingkap banyak sekali tabir dan mengungkap tiap helai tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Sosiologi Dan Ciri-Cirinya"

Post a Comment