Definisi Dan Dan Fungsi Dari Supervisi Pendidikan

Dan Fungsi Dari Supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan dalam pengertian secara makro ialah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana membina sumber daya insan yang ada pada pelaksana pendidikan (guru) untuk ditata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sesuai janji bersama dan dijalankan oleh supervisor pendidikan (Kepala Sekolah).

Langkah-langkah Supervisi Pendidikan

  1. Melaksanakan pertemuan pendahuluan yakni membuat suasana kekeluargaan yang intim antara guru dengan supervisor biar komunikasi selama acara sanggup berlangsungsecara efektif, serta membuat janji antara guru dengan supervisor perihal aspek proses belajar-mengajar yang akan dikembangkan dan ditingkatkan;
  2. Perencanaan oleh guru dan supervisor yakni membuat perencanaan pelaksanaan observasi secara bersamaan;
  3. Pelaksanaan training mengajar dan observasi yang mana guru sedang melaksanakan proses pembelajaran sedang supervisor melaksanakan pengamatan secara cermat, dengan memakai instrument observasi;
  4. Mengadakan analisis data, dalam hal ini supervisor mengajak guru untuk mendiskusikan apa yang telah dilaksanakan oleh guru waktu melaksanakan proses pembelajaran dikelas;
  5. Dengan Cara diskusi untuk menawarkan umpan balik yang bertujuan untuk menawarkan umpan balik atas apa yang telah dilakukan oleh supervisor kepada guru yang sedang berlatih mengajar meningkatkan ketrampilannya dan pelaksanaan langkah santunan umpan balik sebaiknya dilakkukan secara obyektif dan segera.
Berdasarkan Langkah supervisi pendidikan diatas maka adanya saling keterkaitan yang dekat satu sama lain, dan berkesinambungan dalam beberapa proses langkah yang dilakukan oleh supervisor guna melaksanakan kontrol terhadap pembelajaran guru dikelas. Pemaknaan atas kelima langkah supervisi pendidikan tersebut hendaknya juga membina inisiatif guru serta mendorongnya untuk aktif membuat suasana dimana tiap orang merasa kondusif dan sanggup menyebarkan potensi- potensinya.

Supervisi pendidikan meliputi acara pengamatan, pengawasan, dan pembinaan terhadap sumber dayamanusia. Dalam keterangan diatas supervisi pendidikan memposisikan diri sebagai suatu keseluruhan proses kerjasama antara kepala sekolah dan guru dalam mengelola sumber daya insan guna meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Fungsi utama supervisi pendidikan ialah menyebarkan situasi mencar ilmu mengajar menjadi lebih baik melalui beberapa pembinaan dan peningkatan profesi belajar. Dengan santunan bimbingan dibutuhkan guruyang disupervisi bisa meningkatkan mutu dan kualitas pengajarannyamenjadi lebih baik. Fungsi dan pelaksanaan supervisi pendidikan tersebutmerupakan suatu ketentuan yang dibutuhkan sanggup mencapai tujuan pendidikan yang lebih produktif. Yang mana kriteria keberhasilan sebuahsupervisi pendidikan dilihat dari keberhasilan guru dalam meningkatkan produktifitas sumber dayanya guna menjadi guru yang profesional.

Sumber Referensi
http://www.academia.edu/4504605/SUPERVISI_PENDIDIKAN
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Dan Fungsi Dari Supervisi Pendidikan"

Post a Comment