Definisi Dan Pengertian Negara Hukum

Pengertian Negara Hukum. Salah Satu Penopang tegaknya demokrasi ialah Negara Hukum. Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Negara Hukum....? Secara Umum Istilah negara aturan identik dengan terjemahan dari rechtsstaat dan the rule of law. Jika dilihat dari konsep, negara aturan mengandung pengertian bahwa Negara memperlihatkan pertolongan aturan bagi warga negara melalui pelembagaan peradilan yang bebas dan tidak memihak dan penjaminan hak asasi manusia.

Istilah rechtsstaat dan the rule of law yang diterjemahkan menjadi negara aturan berdasarkan Moh. Mahfud MD pada hakikatnya memiliki makna berbeda. Istilah rechtsstaat banyak dianut di negara-negara eropa kontinental yang bertumpu pada sistem civil law. Sedangkan the rule of law banyak dikembangkan di negara-negara Anglo Saxon yang bertumpu pada common law. Civil law menitikberatkan pada administration law, sedangkan common law menitikberatkan pada judicial.

Ciri-Ciri Konsep rechtsstaat antara lain ialah :
  1. Adanya pertolongan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM);
  2. Adanya pemisahan dan pembagian kekuasaan pada forum negara untuk menjamin pertolongan HAM;
  3. Pemerintahan berdasarkan peraturan;
  4. Adanya peradilan administrasi
Ciri-Ciri the rule of law antara lain ialah :
  1. Adanya supremasi aturan-aturan hukum;
  2. Adanya kesamaan kedudukan di depan aturan (aquality before the law);
  3. Adanya jaminan pertolongan HAM.
Maka sanggup disimpulkan Bahwa Konsep negara aturan dilihat dari kedua konsep diatas ialah :
  1. Adanya jaminan pertolongan terhadap HAM;
  2. Adanya supremasi aturan dalam penyelenggaraan pemerintahan;
  3. Adanya pemisahan dan pembagian kekuasaan negara;
  4. Adanya forum peradilan yang bebas dan mandiri.
Menurut Mahfud MD yang mengutip hasil dari Konferensi International Commission of Jurists di Bangkok disebutkan bahwa ciri-ciri negara aturan ialah sebagai berikut :
  1. Perlindungan konstitusional, artinya selain menjamin hak-hak individu, konstitusi harus pula memilih cara prosedural untuk memperoleh atas hak-hak yang dijamin (due process of law);
  2. Adanya tubuh kehakiman yang bebas dan tidak memihak;
  3. Adanya pemilu yang bebas;
  4. Adanya kebebasan menyatakan pendapat;
  5. Adanya kebebasan berserikat/berorganisasi dan beroposisi
  6. Adanya pendidikan kewarganegaraan.
Istilah negara aturan di Indonesia sanggup ditemukan dalam klarifikasi Undang-Undang Dasar 1945 yang berbunyi “Indonesia ialah negara yang berdasar atas aturan (rechtsstaat) dan bukan berdasar atas kekuasaan belaka (machtsstaat)”. Penjelasan tersebut merupakan citra sistem pemerintahan negara Indonesia. Dalam kaitan dengan istilah negara aturan Indonesia, Padmo Wahyono menyatakan bahwa konsep negara aturan Indonesia yang menyebut rechtsstaat dalam tanda kurung memberi arti bahwa negara aturan Indonesia mengambil contoh secara tidak menyimpang dari pengertian negara aturan pada umumnya (genusbegrip) yang kemudian diadaptasi dengan keadaan Indonesia.

Moh Yamin menciptakan klarifikasi wacana konsepsi negara aturan Indonesia bahwa kekuasaan yang dilakukan pemerintah Indonesia harus berdasar dan berasal dari ketentuan undang-undang. Karena itu harus terhindar dari kesewenang- wenangan. Negara aturan Indonesia juga memperlihatkan pengertian bahwa bukan polisi dan tentara (alat negara) sebagai pemegang kekuasaan dan kesewenang-wenangan negara terhadap rakyat, melainkan adanya kontrol dari rakyat terhadap institusi negara dalam menjalankan kekuasaan dan kewenangan yang ada pada negara.

Dengan demikian berdasarkan klarifikasi di atas, bahwa negara aturan – baik dalam arti formal yaitu penegakan aturan yang dihasilkan oleh forum legislatif dalam penyelenggaraan negara, maupun negara aturan dalam arti material yaitu selain menegakkan hukum, aspek keadilan juga harus diperhatikan menjadi prasyarat terwujudnya demokrasi dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Tanpa negara aturan tersebut yang merupakan elemen pokok, suasana demokratis sulit dibangun.

Dikutip Dari
Budiarto Danujaya Demokrasi Dan Sistem Pemerintahan Negara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Negara Hukum"

Post a Comment