Definisi Dan Perangkat Lunak Komersial

Perangkat Lunak Komersial Pengembangan perangkat lunak (Software development) merupakan salah satu dari tahap rancangan system rinci/detail dari Siklus Hidup Pengembangan Sistem (Software Development Life Cycle atau SDLC).

Tim proyek system mungkin mulai mencari paket perangkat lunak komersial yang sesuai atau mendukung spesifikasi rancangan system dan berjalan pada rancangan arsitektur komputernya. Paket perangkat lunak komersial secara luas tersedia  untuk aplikasi fungsi spesifik dan aplikasi bisnis yang telah ditetapkan secara baku.

Tetapi untuk rancangan sistem yang terkait dengan kebutuhan khusus atau unik (memenuhi keperluan pemakai dan spesifikasi rancangan sistem) maka paket perangkat lunak komersial mungkin tidak sesuai atau mendukung kebutuhan pemakai secara langsung. Perangkat lunak yang diharapkan untuk mendukung rancangan sistem tersebut harus dibentuk sendiri dari awal (scratch

Pengertian Perangkat Lunak Komersial 

Paket (off-the-self) yang tersedia dapat diterapkan dalam banyak sekali kebutuhan bisnis. Beberapa paket bersifat generik dan multifungsional yang memungkinkan para pemakai memprogram sofware tersebut untuk kebutuhannya sendiri. Paket-paket tersebut mengotomisasi fungsi-fungsi bisnis dasar yang umumnya tidak terlalu bervariasi dari satu organisasi dengan organisasi lain. Contoh jenis paket ialah spreadsheet dan DBMS.

Baca Juga

Keuntungan/kelebihan
  1. Implementasi yang cepat Software tersebut bersifat siap, teruji, dan terdokumentasi. Paket yang dibeli biasanya pengimplementasiannya jauh lebih cepat dari pada berbagi jadwal yang sama secara in-house atau menyuruh kontraktor independen untuk mengembangkannya sehingga secara potensial membantu memecahkan backlog (penimbunan pekerjaan yang belum selesai).
  2. Penghematan Biaya Satu paket perangkat lunak komersial dapat dijual kepada banyak organisasi sehingga biaya pengembangan ditanggung oleh banyak pemakai, dan biaya total suatu paket akan lebih murah dari pada jadwal pesanan yang sama.
  3. Estimasi biaya dan waktu Biaya atau harga paket komersial telah diketahui, dan tanggal pengimplementasian-nya gampang diestimasi. Sebaliknya jadwal pesanan biasanya cenderung melampaui estimasi waktu dan biaya.
  4. Reliabilitas Sebelum diterbitkan di pasaran umum, paket perangkat lunak komersial niscaya telah diuji secara teliti. Melalui penggunaan yang ekstensif oleh sejumlah organisasi, segala kesalahan yang dijumpai telah dideteksi dan dikoreksi sehingga peluang kesalahannya lebih sedikit.
Kerugian/kelemahan
  1. Kesesuaian Rancangan sistem yang tidak baik, Paket software komersial dibentuk untuk banyak sekali organisasi, dan tidak untuk organisasi tertentu maka paket ini mungkin memiliki beberapa fungsi yang tidak dibutuhkan atau mungkin tidak memiliki fungsi yang dibutuhkan sehingga paket tersebut harus dimodifikasi. Jika vendor tidak menciptakan aba-aba sumber (source code) yang dapat dipakai untuk pembiasaan dan tidak menyediakan layanan pembiasaan maka rancangan sistem mungkin harus diubah supaya sesuai  dengan paket tersebut. Jika hal ini terjadi sebaiknya berbagi jadwal secara in-house supaya programnya dapat memenuhi spesifikasi rancangan sistem yang tepat.
  2. Ketergantungan Vendor Jika organisasi memerlukan perubahan paketnya maka organisasi akan tergantung pada vendor dalam perolehan dukungannya, dan kalau vendor telah tiada maka organisasi akan kesulitan mencari dukungannya.
  3. Biaya tidak eksklusif dari kerusakan SDLC Seringkali apa yang ingin dicapai, administrasi tidak melakukan SDLC menyeluruh atau mungkin melewati tahap SDLC, dan secara eksklusif menuju ke paket perangkat lunak komersial Strategi ini seringkali menyebabkan paket perangkat lunak komersial tidak berjalan sesuai yang diharapkan dan duduk masalah sistem serta organisasional yang terjadi sebelum implementasi paket tersebut tetap muncul sehingga menyebabkan kesulitan atau harus dibayar kemudian yaitu adanya peningkatan biaya implementasi, operasi, dan pemeliharaan.

Permohonan untuk tawaran berorientasi kinerja

Terkait dengan pemrolehan (akuisisi) perangkat lunak komersial maka perlu menciptakan atau menyiapkan Permohonan  Proposal (Request For Proposal atau RFP) berorientasi kinerja untuk menyeleksi vendor dan paket perangkat lunak komersial yang tepat. Faktor-faktor penilaian meliputi pemenuhan spesifikasi rancangan detail untuk output, input, proses, dan database serta cocok dengan batasan waktu dan biayanya, juga penggunaan benchmark yang mensimulasi kebutuhan sistem gres (bentuk prototyping) harus diterapkan pada setiap paket dari vendor.

Penilaian paket

Setiap paket dari vendor harus dinilai. Penilaian tersebut meliputi :
  1. Sebagian penilaian dari  benchmark (tanda untuk memilih tingginya suatu nama), dan penilaian lain dari sejumlah publikasi yang didasarkan pada survei  dari sejumlah besar pengguna paket tersebut. 
  2. Kinerja pengoperasian (operating performance) Penilaian dari benchmark yang dipakai untuk mengukur hal-hal ibarat transaksi perdetik (transaction per second) dan waktu respon (response time).
  3. Dokumentasi Penilaian ini mencerminkan kuantitas dan kualitas mekanisme tertulis, mekanisme online, anutan quick start, online tutorial, dan kemudahan help.
  4. Mudah dipelajari Penilain ini tergantung pada interface pemakai dan rancangan intuitif dari paket tersebut. Paket harus dapat dipelajari oleh rata-rata pemakai.
  5. Mudah dipakai Menu yang gampang diikuti dan perintah yang terang membantu kemudahan penggunaan.
  6. Pengendalian dan penanganan kesalahan. Untuk menjaga kesalahan input, paket software harus menyediakan pencegahan kesalahan, pendeteksian kesalahan dan perbaikan kesalahan, serta menuliskan kesalahan ke file kesalahan.
  7. Dukungan (support). Menyediakan santunan kebijakan dan teknis. Dukungan kebijakan meliputi jalur toll-free, garansi, dan pelatihan. Dukungan teknis menyediakan teknisi dan yang berpengalaman.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Definisi Dan Perangkat Lunak Komersial"