Contoh Dan Klarifikasi Makalah Wacana Asas-Asas Menyusun Materi Ajar


ASAS- ASAS MENYUSUN BAHAN AJAR BAHASA ARAB
Makalah  ini disusun untuk  memenuhi kiprah mata kuliah Desain Bahan Ajar Bahasa Arab
Dosen Pengampu : 









Oleh:


PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS TARBIYAH

PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Salah satu problem penting yang sering dihadapi oleh guru dalam acara pembelajaran ialah menentukan atau menentukan materi didik atau materi pembelajaran yang sempurna dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa dalam kurikulum atau silabus, materi materi didik hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk materi pokok.
Bahan didik atau materi pembelajaran secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan perilaku atau nilai. Bahan didik merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu siswa mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar atau tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Untuk menyusun materi didik semoga relevan bagi penerima didik dan sanggup mencapai kompetensi yang ditargetkan, pakar pendidikan harus memahami asas atau landasan yang ada. Begitu pula dalam mata pelajaran bahasa Arab yang di dalamnya terdapat empat kompetensi yang harus dipenuhi, yaitu membaca, menulis, berbicara dan mendengar.
B.     Rumusan Masalah
1.      Pengertian Asas
2.      Asas Sosial-budaya
3.      Asas  Psikologis
4.      Asas Kebahasaan
5.      Asas Pendidikan


PEMBAHASAN
1.      Pengertian Asas
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Asas ialah dasar atau sesuatu yang menjadi tumpuan berpendapat.[1]
Sedangkan berdasarkan ahli, asas ialah prinsip dasar yang menjadi contoh berpikir seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.
Dari definisi di atas kita bisa mengetahui bahwa untuk menyusun materi didik diharapkan dasar atau landasan berpikir, semoga materi didik yang dihasilkan sanggup menjadi materi referensi yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa yang menggunakannya.
Asas-asas yang harus diperhatikan dalam membuat buku didik bahasa Arab sebagaimana disebutkan al-Ghali (1991:19), yaitu asas sosial budaya, psikologis, kebahasaan dan pendidikan.

2.      Asas Sosial-Budaya
Asas sosial-budaya menjadi salah satu asas dalam menyusun materi didik bahasa Arab mencakup pengertian kebudayaan, karekteristik serta relasi kebudayaan dengan penyusunan materi ajar. Sosial-budaya penting sebagai asas penyusunan materi didik bahasa Arab lantaran seseorang yang mempelajari bahasa gila tidak akan sanggup memahaminya dengan baik tanpa memahami kebudayaan masyarakat dari asal bahasa tersebut. Maka untuk memahami bahasa Arab, seseorang harus mengetahui kebudayaan yang berkembang dalam masyarakat arab.[2]
Misalnya dalam kosakata bahasa Arab “يد”, kalau kita hanya memakai tarjamah bbiasa dalam kamus artinya “tangan”, akan tetapi dalam kebudayaan bahasa Arab kata “يد” sanggup diartikan “kekuasaan” kalau diletakkan dalam konteks “يد الله”. Dan masih banyak lagi satu kosakata yang mempunyai banyak arti yang berbeda jauh anatara satu dengan yang lainnya.[3]
Dalam menyusun materi didik bahasa Arab, Rusydi ahmad Thu’aimah memaparkan bahwa setidaknya ada tiga belas tema yang perlu diajarkan kepada siswa berdasarkan dari asas sosial-budaya ini, yaitu:


No
Bahasa Indonesia
Bahasa Arab
1
Identitas diri
البيانات الشخصية
2
Tempat tinggal
السكن
3
Pekerjaan
العمل
4
Waktu luang
وقت الفراغ
5
Travelling
السفر
6
Hubungan dengan sesama
العلاقات مع الآخرين
7
Peristiwa umum dan khusus
المناسبات العامة والخاصة
8
Kesehatan dan penyakit
الصحة والمرض
9
Pendidikan dan pengajaran
التربية والتعليم
10
Di pasar
في السوق
11
Di rumah makan
في المطعم
12
Pelayanan umum
الخدمات
13
Negara dan tempat-tempat
البلدان والأماكن
14
Bahasa asing
اللغة الأجنبية
15
Cuaca
الجو
16
Lambang peradaban
المعالم الحضارية
17
Perekonomian
الحياة الإقتصادية
18
Agama, keyakinan dan spiritual
الدين والقيم والروحية
19
Politik dan relasi luar negeri
الإتجاهات السياسية والعلاقات الدولية
20
Hubungan waktu dan tempat
العلاقات الزمانية والمكانية

  1. Asas psikologis
Siswa merupakan cuilan penting  dalam proses berguru mengajar. Hal itu dikarenakan siswa ialah sasaran pencapaian tujuan pembelajaran, disamping merupakan subyek dan objek berguru mengajar.
Hampir semua hebat pendidikan setuju bahwa motivasi siswa merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses berguru mengajar, semakin tinggi motivasi mereka, maka semakin tinggi pula keberhasilannya.[4]
Oleh lantaran itu, maka pengembangan buku didik bahasa Arab harus memperhatikan aspek-aspek psikologi siswa sehingga sanggup meningkatkan motivasi berguru siswa. Hal hal psikologis yang harus diperhatikan dalam pengembangan buku didik bahasa Arab ialah sebagai berikut:
  • Buku didik hendaknya sesuai dengan kemampuan intelektual siswa.
  • Memperhatikan perbedaab individu antar siswa
  • Mampu merangsang daya pikir siswa sehingga sanggup membantu proses pembelajaran dan pemerolehan bahasa Arab
  • Materi buku didik diubahsuaikan dengan tingkat persiapan dan kemampuan berbahasa Arab siswa
  • Memperhatikan tingkat usia siswa, setiap buku didik bahasa Arab diperuntukkan bagi usia berapa, lantaran setiap usia tertentu memrlukan perlakuan yang berbeda
  • Materi buku didik bisa memotivasi siswa untuk memakai bahasa Arab secar Alami
  • Adanya integrasi antara buku siswa, buku  pegangan guru, dan lain-lainnya
  • Buku ajara bahasa Arab bisa membuat orientasi dan norma-norma yang diharapkan dimiliki siswa.[5]
  1. Asas Kebahasaan
Yang dimaksud dengan Asas kebahasaan dalam penyusunan buku didik bahasa Arab ialah bahasa yang akan diajarkan kepada siswa melipuit unsur-unsur bahasa (ashwat, mufrodat, tarokib) dan ketrampilan bahasa (istima’, kalam. Qiro’ah, kitabah), sehingga materi yang disajikan sesuai dengan tujuan tujuan yang telah ditetapkan.[6]
Jadi, dalam penyusunan materi didik bahasa Arab, keempat keterampilan harus ada dan seimbang porsinya.
  1. Asas Pendidikan
Asas pendidikan ialah hal-hal yang terkait dengan teori pendidikan dalam penyusunan materi ajar, menyerupai materi dimulai dari yang lebih gampang kepada yang lebih sulit, dari yang faktual ke yang abstrak, dari detail ke suatu yang konsep.
Bahan didik bahasa Arab disusun tidak secara acak dan sembarangan, melainkan harus runtut dan sistematis semoga materi yang diajarkan sanggup diserap oleh siswa. menyerupai materi gramatika مبتدأ harus diajarkan terlebih dahulu daripada خبر.

PENUTUP
Ø  Kesimpulan
Dalam penyusunan materi didik bahasa Arab harus berdasarkan asas-asas yang relevan untuk siswa. Agar nantinya proses pembelajaran sanggup mencapai tujuan.
Asas-asas yang ada dalam penyusunan materi didik bahasa Arab ialah sosial-budaya, psikologis, kebahasaan dan pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA
  1. Hamid Abdul, Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: 2008
  2. http://kbbi.web.id/asas
  3. https://doytutorial.blogspot.com/search?q=pengembangan-bahan-ajar
  4. https://doytutorial.blogspot.com/search?q=pengembangan-bahan-ajar



[1] http://kbbi.web.id/asas
[2] https://doytutorial.blogspot.com/search?q=pengembangan-bahan-ajar
[4] Hamid Abdul, Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: 2008, hlm: 100
[5] Ibid, hlm: 101

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Dan Klarifikasi Makalah Wacana Asas-Asas Menyusun Materi Ajar"

Post a Comment