Contoh Makalah Entrepreneur & Leadership

( 18 halaman )





Entrepreneur & Leadership Pemimpin ialah mereka yang berhasil membawa orang yang "tidak berguna" menjadi "berfungsi". Di manakah letak martabat seorang pemimpin? Itu terletak di setiap orang yang mengikutinya. Mengerti potensi dan keterbatasan pengikutnya, mutlak dimiliki oleh pemimpin yang efektif. Pemimpin bukan hanya membawa kesejahteraan bagi pengikutnya, dia juga bisa mengarahkan pengikutnya dengan hidup yang benar. Apa sih sasaran seorang pemimpin ? tidak lain dia melahirkan pengikutnya menjadi pemimpin berikutnya. Diketahui pemimpin yg efektif atau bukan, tampak pada seberapa terbukanya dia untuk mendengar hal yg dia tidak suka dan seberapa banyak dia mengoreksi prinsip-prinsip yang dia anut sebelumnya. Pemimpin bukanlah mereka yg meminta hasil laporan dari pengikutnya, tapi yang melatih pengikutnya untuk menghasilkan. Apa yang harus diwaspadai oleh seorang pemimpin ? ialah impian dirinya sendiri. Tidak cukup perilaku positif yang dibawa oleh seorang pemimpin namun tindakan postiflah yang tampak dalam kepemimpinannya. Menjadi entrepreneur ialah sebuah pilihan. pilihan yang kadang-kadang memang tidak masuk budi namun bisa menyebabkan kecanduan bagi yang sudah merasa menguasai medanya dan tahu kira-kira rintangan apa yang bakal dihadapi semisal ada seorang bankir (jabatan yang tinggi dalam sebuah Bank) dia malah mengundurkan diri dari jabatanya dan menentukan untuk mengikuti trainingdi salah satu negara di asia tenggara hanya untuk memperoleh lisensi sebuah restoran fastfood populer di negeri ini namun ternyata perjuangan dia berbuah hasil malahan kini dia malah mempunyai jaringan restoran tersebut terbesar di indonesia (dikutip dari jangan mau seumur hidup jadi orang gajian hal.137) itulah yang namanya tantangan namun kata dia dari 100 orang pengusaha gres 80% akan jatuh gulung tikar alasannya ialah “ignorance” Salah satu persyaratan yang penting untuk menjadi wirausaha yang sukses ialah “jiwa wirausaha” dan pantang mengalah toh missalkan takdir menawarkan rasio yang sedemikian maka tinggal kita menentukan menjadi satu dari 80% yanggagal atau menjadi satu dari 20% yang berhasil. maka kita harus selalu istiqomah ga bisa di sinicoba lagi dan banyak-banyaklah diskusi dengan orang yang andal di bidangnya. “everyting is possible with inspiration and hard working”semuanya itu mungkin dengan sedikit ide dan kerja keras…kekayaan ialah produk dari kapasitas pemikiran insan (amy Rand) orang dengan ide gres ialah orang gila hingga ide itu berhasil (Mark Twain) ( Penyusun: Moh. Ar’rizqi .R )Berani merupakan modal awal dari para entrepreneur Andai kita berani mencoba, dan kita lebih tekun dan ulet, maka niscaya kegagalan tak pernah ada.
Berani merantau. keberanian merantau, membangun percaya diri dan kemandirian. Berani gagal hanya orang yang berani gagal total akan meraih keberhasilan total. Berani sukses seberapa besar rejeki yang kita inginkan itu sama dengan seberapa besar kita berani mengambil risiko.
Berani Berbeda. siap siaplah bila diejek oleh teman-teman anda karaena suatu saaat mereka akanmengerti dan meratapi perbuatan mereka.
Pengusaha swasta memainkan kiprah lebih besar dalam perekonomian dunia. Pengusaha kecil telah merampas multi miliaran dollar dari bisnis besar (John Naisbit) Manfaatkan kepintaran orang lain pengusaha itu bukan orang yang pintar, tetapi berilmu cari orang pintar, ketika anda mempekerjakan orang yang lebih berilmu daripada anda, maka anda pertanda bahwa anda lebih berilmu darimereka. (R.H. Grand)Jangan mau seumur hidup gajianbagaimana bila suatu dikala perusahan kawasan anda bekerja menjadi bangkrut? siapakah yang akanmenggaji anda? Naluri insan selau berkata kurang apabila sudah mendapatkan angka tertentu jikaanda selalu merasa demikian jadilah pengusaha jangan pekerja. Jadilah Pemimpin untuk diri anda sendiri sebelum memimpin orang lain alangkah lebih baik bila kita mulai memimpin diri sendiri merencanakan sendiri sasaran sukses anda, mengarungi alam ide perwujudanya. rasakan’indahnya memperoleh dampak tetes keringan kreativitas anda bukan atas arahan siapapun Bekerja keraskerja keras tentunya salah satu faktor untuk memperoleh kesuksesan kemudain didukung juga olehketekunan.Fokuspada jarak tertentu lensa cembung sanggup mengkremasi permukaan bila dikenakan cahaya mataharitahukah anda, apa diam-diam nomor satu sukses? prioritas. (Hellen Gurley brown)Kreativitas tanpa hentiKalau Anda berani tampil beda, berarti anda berjiwa entrepreneur. (Penyusun: Moh. Ar’rizqi. R) Kemampuan kreatif itu terdistribusi hampir secara universal kepada seluruh umat manusia.Kreativitas kolam sebuah mata air’jangan biartkan sumbernya mengering.Agar tetap mengalir, galiterus biar “mata air kreativitas” kita tetap mengalir. (raudsepp, peneliti dari princetow research Inc.)Dapat menguasai Emosi mengedepankan emosi dalam bisnis itu ialah mutlak. semakin berkembang bisnis kita, maka semakin besar emosi yang diperlukan.
Emosi ialah sesuatu yang punya makna penting bagi perusahaan. Emosi ialah pengorganisasi yang hebat dalam bidang pikiran dan perbuatan. Dan meskipun demikian, emosi tidak sanggup dipisahkan dari budi sehat dan rasionalitas.
Prinsip Entrepreneur & Leadership
12 Karaker Utama Usahawan
1.      Adaptasi : Kemampuan mengendalikan situasi gres dan menemukan penyelesaian yang kreatif atas masalah-masalah
2.      Bersaing : Keinginan untuk bersaing dan mengetes diri dengan orang lain
3.      Percaya Diri : Percaya bahwa kau sanggup melaksanakan apa yang kau rencanakan
4.      Disiplin : Kemampuan untuk tetap focus dan tetap pada acara dan batas waktu / deadlines
5.      Kemauan Kuat : Punya niat untuk bekerja keras menggapai tujuan
6.      Jujur : Berkomitmen untuk menyampaikan yang benar dan bersepakat dengan orang secara adil
7.      Pandai Mengatur : Kemampuan untuk menciptakan struktur kerja, kiprah dan alur informasinya
8.      Perseverance: Menolak untuk menyerah; kemauan untuk tetap mengejar tujuan dan bekerja mengatasi haling rintang (Penyusun: Moh. Ar’rizqi .R)
9.      Persuasif : Pandai dalam meyakinkan orang lain untuk melihat pandangan anda dan mereka tertarik dengan ide anda
10.  Pengambil Resiko : Keberanian untuk membuka diri dari kemungkinan kerugian
11.  Pengertian : Kemampuan untuk mendengarkan dan berempati dengan orang lai
12.  Punya Visi : Kemampuan untuk melihat hasil final yang akan dicapai selagi berusaha untukProfesionalismeDunia menuntut profesionalismeNilai yang kita perlu tingkatkan ialah profesionalisme dalam bermasyarakat, berorganisasi.Tahukah bahwa dunia mencari orang-orang yang profesional bahkan mereka berani bayar mahaluntuk itu. Kalau dari kini kita mulai membuatkan profesionalisme maka beberapa waktu
Dari dikala ini kita akan mempunyai kehidupan yang berkualitas tinggi. Pemahaman profesional: Seseorang yang melaksanakan suatu (kegiatan, aktivitas, usaha, pekerjaan) yang dilakukan untuk mendapatkan (nafkah, kesenangan) atau memberi (konstribusi) dengan mengandalkan (keahlian, keterampilan, kemahiran) yang tinggi dengan melibatkan komitmen pribadi (moral) yang mendalam. Profesionalisme: Lebih mengarah pada (spirit, jiwa, sikap, karakter, semangat, nilai) yang dimiliki dari seorang yang profesional. Tanpa profesionalisme sebuah institusi, sebuah organisasi, sebuah perusahaan tidak akan bertahan usang dan langgeng, alasannya ialah jiwa profesionalisme inilah yang menghidupkan setiap aktivitas-aktivitas yang ada didalamnya. Julukan profesional gotong royong bukan label yang kita berikan untuk diri sendiri melainkan evaluasi orang lain atas kinerja dan peforma yang kita tampilkan. ( Penyusun: Moh. Ar’rizqi .R )
Strategi menjadi seorang yang professional
Kembangkan keahlian (Expert) Untuk menjadi seorang yang profesional tidak cukup hanya lewat pendidikan formal, dibutuhkan lebih dari sekedar gelar akademis. Kita perlu melalui proses pembelajaran dan pengembangan diri yang terus menerus. Kita harus menggali potensi dan kemampuan kita dan terus dikembangkan hingga kita menjadi ahli. Fokus pada kekuatan kita dan bukan pada kelemahan kita, lakukan eksplorasi (organisasi sebagai sarana), sadari setiap kita punya keunikan dan kekhususan jadi kita perlu inves waktu untuk mengembangkannya. Hal ini butuh ketekunan, usaha, kerja keras, kemauan yang berpengaruh dan inisiatif. Terus tingkatkan pemahaman kita lewat seminar, buku, audio, latihan. Mahir membangun korelasi (Relationship) Kemampuan kita membangun korelasi (bersosialisasi) dengan orang lain sangat menentukan keberhasilan kita dalam kehidupan.Ini berlaku dalam setiap aspek kehidupan seperti: pergaulan, organisasi, dunia usaha, pekerjaan,keluarga. Makanya tidak heran sejumlah studi ilmiah menyimpulkan 85% kunci sukses ditentukan bukan dari keahlian / keterampilan teknis melainkan kemahiran dalam menjalin korelasi baik dengan oranglain. Bila anda ingin menjadi seorang yang profesional dalam hidup ini, apapun tujuan dan bidang yang anda pilih, anda harus berguru membina korelasi yang baik dengan orang banyak dari aneka macam kalangan. Karena masyarakat mungkin masih bisa mendapatkan orang yang tidak punya keahlian khusus tapi mereka sulit mendapatkan orang yang tidak bisa bekerjasama baik dengan orang lain. Tingkatkan kemampuan berkomunikasi (Communicator) Seberapa jauh dan dalamnya suatu korelasi sanggup terjalin ditentukan oleh komunikasi. 90% penyebab hancurnya suatu korelasi pernikahan, pertemanan, organisasi, bisnis, diakibatkan komunikasi yang salah. Komunikasi yang baik harus bersifat dua arah. Seorang komunikator yang handal ialah seorang pendengar yang baik. Seorang yang profesional harus bisa mengkomunikasikan suatu hal dengan terperinci dan sempurna pada sasaran. Hasilkan yang terbaik (Excellent) Seorang profesional sejati akan selalu berusaha menghasilkan karya yang berkualitas tinggi dan kinerja yang maksimal. "Profesional dont do different thing, they do thing differently". Untuk menjadi profesional kita harus terus mencoba menawarkan dan mengerjakan lebih dari apa yang diharapkan. Waktu kita lakukan suatu kegiatan, project, kerjaan, kiprah hasilkan yang terbaik. Jangan puas dengan rata-rata kejar hasil yang excellent. Lakukan yang terbaik hari ini untuk bayaran hari esok. Pikirkan selalu apa yang sanggup saya lakukan untuk add value bukan apa yang saya bias peroleh. Berpenampilan menarik (Good Looking) First impression is very important! Karena orang akan menilai kita 10 detik pertama apakah mereka bisa mendapatkan kita atau tidak. Sama halnya kalau kita mau beli barang lihat packaging dulu, mau nonton film lihat preview dulu, mau masuk toko lihat dekor yang paling menarik. Kehidupan yang seimbang (Balance of life) Seorang profesional harus bisa atur prioritas dan menjalankan aneka macam peran. Setiap kita mungkin mempunyai banyak kiprah dalam hidup ini seperti: sebagai anak, ayah, anggota organisasi, ketua, sales, karyawan. Kita harus sanggup berfungsi dengan benar sesuai dengan kiprah yang kita jalankan jangan hingga tercampur aduk. Hidup ini harus dijaga biar seimbang dalam aneka macam aspek. Memiliki nilai moral yang tinggi (Strong Value) Untuk menjadi seorang yang profesional sejati kita harus mempunyai nilai moral yang tinggi. Hal ini yang akan membedakan setiap kinerja, usaha, karya dan kegiatan yang kita lakukan dengan orang lain. Sementara orang lain kompromi, memakai cara-cara yang tidak etis untuk mencapai tujuannya kita tetap berpegang pada prinsip yang benar. Diluar sana ada begitu banyak cara-cara pintas dan penyimpangan yang terjadi, oleh alasannya ialah itu kita harus bisa mempertahankan perilaku profesionalisme.




TIPE ENTREPRENEUR SUKSES
Seringkali saya ditanya dan mungkin Anda juga bertanya perihal kesuksesan seseorang, contohnya “apa yang menciptakan seseorang sukses? “, “Bagaimana wira usahawan mencapai sukses?”, “apa saja kiat pebisnis untuk mencapai sukses?”, dan mungkin masih banyak pertanyaan lainnya mengenai kesuksesan yang dicapai seseorang. Coba Anda bertanya kepada seseorang apakah faktor kesuksesan seseorang? mungkin ada sebagian menjawab berani menghadapi resiko (risk taker), gampang bergaul (outgoing person), ataukerja keras (workaholic), kreatif, tidak gampang menyerah, dll. Menurut Rhonda Byrne, ternyata jawaban-jawaban tersebut tidak semuanya benar. Rhonda banyak sekali berteman dengan pengusaha-pengusaha sukses, dan ternyata diantaranya ada yang tidak suka menghadapi resiko, tidak suka kerja keras, dll. Lalu bagaimana mereka bisa menghasilkan banyak uang? Jawabannya ialah alasannya ialah mereka menemukan dan menjalankan bisnis yang sesuai dengan “Passion” mereka sehingga bisa memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Passion ini kemudian dikategorikan menjadi sembilan hal yang dinamakan Tipe Entrepreneur. Berdasarkan pengalaman Rhonda, sebagian besar wira perjuangan sukses (entrepreneur) memulai bisnis mereka dimulai dari ketertarikan, hobi, atau minat mereka. Misalnya Anda suka terhadap kuliner, anda bisa membuka restaurant, atau Anda bisa membuka kursus memasak, atau Anda bias menulis buku perihal memasak, dan lainnya. Banyak sekali yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis melalui minat Anda. 



  BERSAMBUNG .............





   
     FILE TERSUSUN RAPI FORMAT DOCX (bisa di edit)
     silahkan sms langsung, file akan dikirim via email







 TERIMAKASIH .............SEMOGA BERMANFAAT


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Makalah Entrepreneur & Leadership"

Post a Comment