Definisi Dan Transportasi Darat

Perkembangan transportasi darat di Indonesia tidak sanggup lepas dari sejarah transportasi itu sendiri. perlu kita pahami terlebih dahulu pengertian transportasi secara umum yaitu kegiatan mengangkut maupun memindahkan sesuatu dari kawasan yang satu ke kawasan lain.

Anda Dapat Membaca Transportasi.

Transportasi darat yaitu segala bentuk transportasi memakai jalan untuk  mengangkut penumpang atau barang. Bentuk awal dari transportasi darat yaitu memakai kuda, keledai atau bahkan insan untuk membawa barang melewati jalan setapak. Seiring dengan berkembangkan perdagangan, jalan diratakan atau dilebarkan untuk mengakomodir aktivitas. Roda lalu ditemukan.

Jika menyidik sejarah perkembangan teknologi transportasi darat di tanah air, banyak sekali sumber menyebutkan bahwa hal ini berkaitan pribadi dengan situasi politik yang sedanga berjalan di masa itu. Bila sebelumnya masyarakat kita dekat sekali dengan kendaraan tradisional menyerupai kuda, pedati, gerobak, andong serta becak sebagai angkutan pribadi, angkutan barang maupun massal, lambat laun kendaraan menyerupai ini mulai tergantikan. Pergerakan zaman dengan laju teknologi dan tentunya tak lepas dari campur tangan rezim penguasa menjadi kekuatan yang tak terbendung.

Anda Juga Dapat membaca Sejarah Dan Manfaatnya

Pelan tapi niscaya kendaraan-kendaraan menyerupai sepeda kayuh, sepeda motor, kendaraan beroda empat serta kereta api hadir memenuhi jalan-jalan diseluruh tanah air. Perlu diketahui bahwa kedatangan bangsa Belanda yang telah menjajah rakyat Indonesia sedikit banyak turut memelopori perkembangan teknologi transportasi darat kita. Sebutlah jalur Daendels yang membentang di pulau Jawa serta hadirnya kereta api sebagai angkutan massal modern berikut infrastruktur pendukung lainnya. Tentu kita dilarang melupakan fakta-fakta miris yang menyertai proses pembuatannya menyerupai kekejaman penjajah dengan perilaku tangan besi seenaknya menghabisi nyawa pekerja yang ketika itu 99 persen yaitu warga pribumi.

Transportasi darat merupakan moda transportasi yang paling secara umum dikuasai di Indonesia dibandingkan moda tranportasi lainnya menyerupai transportasi udara dan transportasi laut. Hal ini ditunjukkan dari data OD Nasional 2001 yang menggambarkan bahwa ± 95% perjalanan penumpang dan barang memakai moda transportasi darat. Besarnya persentase tersebut merefleksikan tingginya ketergantungan penduduk Indonesia terhadap moda transportasi ini. Oleh lantaran itu, perencanaan pengembangan transportasi darat menjadi prioritas utama dalam rangka pembangunan Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan transportasi darat diharapkan tidak hanya untuk mengatasi permasalahan transportasi yang terjadi ketika ini, tetapi juga untuk menjawab permasalahan transportasi yang diperkirakan muncul di masa yang akan datang. Untuk itu perlu disusun suatu kerangka kebijakan pengembangan  transportasi darat dalam bentuk masterplan.

Penyusunan masterplan transportasi darat ini secara umum berisikan uraian wacana citra umum kondisi Indonesia yang akan mempengaruhi planning transportasi darat ke depan menyerupai kondisi geografis Indonesia, kondisi demografi dan perkembangan sosial budaya, dan sebagainya. Selain itu , juga dikaji produk-produk perencanaan dan aturan yang terkait dengan perencanaan transportasi darat  ke depan menyerupai Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, Sistem Transportasi Nasional, dan regulasi terkait. Kondisi transportasi darat di Indonesia yang mencakup moda jalan, kereta api, sungai danau dan penyeberangan serta perkotaan, serta contoh perjalanan transportasi darat yang terjadi ketika ini, baik untuk penumpang maupun barang juga diuraikan untuk memperlihatkan citra kondisi transportasi  darat di Indonesia ketika ini. Secara detil citra umum transportasi darat di Indonesia ini, merupakan data dan informasi yang menjadi dasar untuk menyusun planning umum dan jadwal pengembangan transportasi darat di Indonesia.

Pada periode Orde Baru, perkembangan teknologi transportasi darat di Indonesia telah mencapai suatu titik dimana kualitas serta kuantitasnya boleh disamakan dengan negara berkembang lainnya. Dengan kata lain kemajuan yang cukup berarti telah diraih. Hal ini sanggup kita lihat dengan beragamnya kendaraan yang telah beroperasi di jalan raya baik itu di kota-kota besar ataupun terpencil sekalipun. Berbagai ukuran bus dari yang kecil, sedang sampai besar sebagai sarana angkutan umum massal telah beroperasi dengan lancar, yang melayani banyak sekali rute menyerupai dalam kota atau antar kota dalam propinsi, lintas propinsi maupun pulau.

Kemajuan juga sanggup kita temui pada jenis angkutan umum massal yang lain yakni dengan semakin banyaknya jalur kereta api yang dibuka. Di sepanjang pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan serta yang lainnya sekarang telah terakses oleh lintasan kereta api. Nuansa perkembangan teknologi transportasi darat begitu terasa dengan penambahan jalur serta penataan PJKA sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang menangani urusan kereta api. Modernisasi dalam hal teknologi juga terus diupayakan, hal ini ditandai dengan mulai dioperasikannya kereta listrik serta banyak sekali kolaborasi dengan negara maju untuk membuatkan sistem perkeretaapian yang mutakhir.

Meski begitu masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita rampungkan terkait perkembangan teknologi transportasi darat ini. Didalamnya mengandung beberapa aspek penting dan harus kita beri porsi perhatian yang lebih, diantaranya yaitu faktor keamanan. Sering tiba kepada kita info yang menyedihkan terkait sebuah kecelakaan selesai hidup baik itu menimpa kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Baik itu disebabkan oleh kelemahan sistem, kesalahan pengemudi maupun tingkah laris para pengguna jalan lainnya. Berbagai insiden yang jikalau ditarik garis tengahnya sanggup ditemukan sebuah kesimpulan akan lemahnya ilmu maupun perilaku kesadaran yang kita miliki ketika berurusan dengan sistem atau berkendara di jalan raya. Terlepas dari itu semua kita patut mengapresiasi banyak sekali pencapaian tersebut dengan impian kedepan banyak sekali perbaikan serta penyempurnaan di setiap lini akan terus dilakukan.

Anda Juga Dapat Membaca Jalan Raya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Transportasi Darat"

Post a Comment