Definisi Dan Tataruang Perkantoran

Tataruang perkantoran. Tataruang perkantoran ialah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan ruang dan ihwal penggunaannya secara terang dari ruang untuk menyiapkan suatu susunan yang mudah dari faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang tidak begitu besar atau Sewajarnya.

Tataruang perkantoran juga memilih kelancaran penatalaksanaan tatausaha yang baik dari suatu organisasi, dengan penyusunan alat-alat kantor pada daerah yang sempurna serta pengaturan daerah kerja yang baik sanggup menghipnotis dalam upaya meningkatkan produktivitas kerja.

 Tataruang perkantoran Definisi dan  Tataruang perkantoran
Tujuan dalam tataruang perkantoran
  1. Pekerjaan di kantor dalam proses pelaksanaannya sanggup menemuh jarak yang sependek mungkin
  2. Rangkaian kegiatan kerja tatausaha sanggup mengalir secara lancer
  3. Ruang sanggup digunakan seefesien mungkin untuk keperluan bekerja
  4. Kepuasan dan kesehatan pekerja sanggup ipelihara
  5. Pengawasan terhadap pekerjaan sanggup berlangsung secara memuaskan
  6. Memberi kesan yang baik terhadap organisasi (bagi orang luar)
  7. Susunan daerah kerja sanggup dipergunakan untuk banyak sekali pekerjaan dan gampang diubah sewaktu-waktu diperlukan.
Jenis-Jenis Tataruang perkantoran
  1. Tataruang yang terpisah. Pada susunan ini ruangan untuk bekerja terbagi-bagi dalam beberapa satuan, pembagian ini sanggup disengaja dibentuk untuk dipisahkan dengan menggunakan partisi atau alasannya ialah mengikuti bentuk bangunan yang sudah ada dan banyak menggunakan kamar-kamar.
  2. Tataruang terbuka Tidak dilakukan pemisahan ruangan untuk masing-masing bagian, masing- masing  unit/departemen/bagian  bekerja  dalam  satu  ruangan  terbuka., memungkinkan pengawasan yang lebih efektif terhadap segenap pegawai, lebih  memudahkan kekerabatan diantara pegawai, lebih mudahnya tersebar cahaya dan peredaran udara an kalau terjadi penambahan pegawai atau alat kantor dalam tataruang terbuka lebih gampang menampungnya.
  3. Apabila telah ditentukan letak sesuatu kantor dan menjatuhkan pilihan tataruang yang akan dipakai, tinggallah sekarang menyususn perabotan kerja (meja, bangku dan alat lainnya) paa letak yang sempurna dan berdasarkan susunan yang efesien.
Petunjuk dalam Tataruang Perkantoran :
  1. Meja kerja disusun mengikuti garis lurus an menghaap kejurusan yang sama, ini akan mengurangi kemungkinan pegawai sering mengobrol atau memperhatikan apa yang dikerjakan oleh rekannya
  2. Pada tataruang terbuka, susunan meja sanggup terdiri atas beberapa baris.
  3. Diantara baris meja disediakan lorong untuk keperluan kemudian lintas para pegawai, sebaiknya ditengah ruangan terdapat sebuah lorong dengan ukuran lebar 120 cm, sedangkan lorong lainnya sanggup dibentuk dengan ukuran 80 cm.
  4. Jarak antara satu meja dengan meja lainnya selebar 80 cm
  5. Meja pimpinan ditempatkan dibelakang para pegawainya.
  6. Untuk merancang tataruang kantor hendaknya dibentuk persiapan sebagai berikut :
  7. Buat gambar skema kantor yang bersangkutan dengan skala 1: 40
  8. Hendaknya semua kegiatan perkantoran dicatat, untuk memperoleh citra mengenai urutan-urutan penyelesaian pekerjaan
  9. Susun letak meja-meja kerja untuk para pegawai
  10. Tataruang dirancang dengan menjejerkan guntingan gambar meja dan bangku diatas gambar denah, guntingan-guntingan ini diatur dan disusun hingga menemukan susunan yang terbaik, demikian pula perlengkapan perkantoran lainnya menyerupai lemari arsip dan perabotan lainnya diatur dan disusun sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya dengan memperhatikan luas lantai keseluruhan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Tataruang Perkantoran"

Post a Comment