Definisi Dan Perilaku Rela Berkorban

Rela berkorban dalam kehidupan sehari-hari itu sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menumbuh kembangkan semangat rela berkorban sanggup dilakukan dengan aneka macam cara misalnya, keteladanan memperlihatkan bimbingan, dan pelatihan kesadaran dalam kerelaan berkorban.

Arti Dari Rela Berkorban :

  1. Rela artinya bersedia dengan senang hati, dan tidak mengharapkan imbalan atas dasar kemauan sendiri.
  2. Berkorban, artinya memperlihatkan segala sesuatu yang dimiliki sekalipun menjadikan penderitaan bagi dirinya sendiri.
Sikap rela berkorban yaitu sikap yang mencerminkan adanya kesediaan dan keikhlasan dalam memperlihatkan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain, walaupun akan menjadikan penderitaan bagi diri sendiri. Dalam pengertian yang lebih sederhana, rela berkorban yaitu sikap dan sikap yang tindakannya dilakukan dengan tulus serta mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan diri sendiri.

Atau sanggup diartikan rela berkorban: orang yang mau mengorbankan dirinya sendiri demi membahagiakan/memenuhi kebutuhan orang lain.

Definisi Rela Berkorban. Menurut istilah berarti bersedia dengan ikhlas, senang hati, dengan tidak mengharapkan imbalan berupa apapun didunia, dan mau memperlihatkan sebagian yang dimiliki sekalipun menjadikan penderitaan bagi dirinya. Makna yang terkandung dalam pengertian ini yaitu bahwa untuk mencapai suatu kemajuan, keserasian, keselarasan, dan keseimbangan, dalam hidup bermasyarakat, dibutuhkan adanya kesediaan dengan rasa tulus untuk memperlihatkan seseuatu yang kita miliki untuk keperluan orang lain atau masyarakat.

bagaimana cara menumbuhkan sikap rela berkorban Untuk mencapai suatu harapan dibutuhkan sikap rela berkorban demi kepentingan sesama manusia, masyarakat, bangsa dan negara. Apabila dilihat dari arti katanya, Dengan demikian rela berkorban artinya kesediaan dengan tulus untuk memperlihatkan segala sesuatu yang dimilikinya, sekalipun menjadikan penderitaan bagi dirinya sendiri demi kepentingan bangsa dan negara. ”Sebagai generasi penerus bangsa, sikap rela berkorban yang telah ditunjukkan oleh para pendahulu kita, seharusnya sanggup menjadi pola patokan dan teladan bagi kita semua. menyerupai semangat dedikasi yang tulus, Ikhlas, pantang mengalah dan rela berkorban.

Contoh rela berkorban Yang dilakukan Nabi Ibrahim AS

Suatu Ketika Nabi Ibrahim diuji oleh Allah SWT biar menyembelih anaknya sebagai qurban Artinya : ”Maka tatkala anak itu hingga (pada umur sanggup) berusaha gotong royong Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku bergotong-royong saya melihat dalam mimpi bahwa saya menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar".

hikmah yang terkandung dibalik perintah kepada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anak-Nya, yaitu : Allah SWT menguji volume cinta insan kepada-Nya dan kepada makhluk, dengan tuntunan biar cinta insan harus lebih besar kepada Allah SWT. Ternyata Nabi Ibrahim AS telah memperlihatkan dan menerangkan hal tersebut.

Maka tidak mungkin Dia (Allah) menyuruh membinasakan insan melainkan, Nabi Ibrahim AS, di uji dengan perintah menyembelih anaknya Ismail AS, lalu perintah itu di gantikan dengan menyembelih binatang disuruh menyembelih binatang (domba) sebagai arahan bahwa didalam diri insan ada nafsu hewaniyah yang harus ditundukkan (dipotong/ diamputasi), alasannya yaitu sanggup menghalangi/ mengurangi cinta kepada Allah SWT.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Perilaku Rela Berkorban"

Post a Comment