Definisi Dan Pengertian Pembelajaran Dengan Metode Ceramah

Pengertian Pembelajaran  dengan Metode Ceramah. Salah Satu Metode Pembelajaran Adalah metode ceramah ( lecture method) yang merupakan tehnik pengajaran yang dilakukan oleh guru secara monolog dan korelasi satu arah (one way communication), metode ini dipandang paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literature atau acuan yang sesuai dengan jangkauan daya tangkap siswa.

Secara Umum Metode pembelajaran ceramah yakni penerangan secara verbal atas materi pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar.

Menurut Gage dan Berliner metode ceramah cocok untuk dipakai dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian materi berguru yang berupa info dan jikalau materi berguru tersebut sulit untuk didapatkan.
 Salah Satu Metode Pembelajaran Adalah metode ceramah  Definisi dan Pengertian Pembelajaran  dengan Metode Ceramah
Penerapan metode ceramah merupakan cara mengajar yang Sudah semenjak usang dipakai dalam sejarah pendidikan. Cara ini terkadang membosankan, maka dalam pelaksanaannya memerlukan ketrampilan tertentu, semoga penyajiannya tidak membosankan dan sanggup menarik perhatian siswa. Namun kita masih mengakui bahwa metode ceramah ini tetap penting dengan tujuan semoga siswa mendapatkan info perihal suatu pokok atau dilema tertentu.

Keuntungan Pembelajaran dengan Metode Ceramah
  1. Keadaan kelas berjalan dengan tenang, alasannya semua siswa melaksanakan kegiatan yang sama, sehingga pendidk sanggup mengawasi siswa sekaligus secara komprehensif.
  2. Belajar Siswa Menjadi Terfokus, Dengan waktu relatif  singkat siswa sanggup mendapatkan pelajaran secara bersama.
  3. Bahan Ajar yang Banyak Dapat Diuraikan Menjadi singkat dan jelas.
  4. Siswa Dapat melatih memakai pendengarannya dengan baik sehingga mereka sanggup menangkap dan menyimpulkan isi ceramah dengan cepat dan tepat.
Kekurangan Pembelajaran dengan Metode Ceramah
  1. Interaksi Selalu Berpusat kepada Pendidik Atau Pembawa Materi
  2. Pendidik tidak sanggup mengetahui secara pasti  sejauh mana siswa telah menguasai materi ceramah.
  3. Adanya Perbedaan perihal pemahaman materi oleh siswa dengan apa yang dimaksudkan oleh pendidik.
  4. Siswa kurang menangkap apa yang dimaksud oleh pendidik, jikalau ceramah berisi ceramah-ceramah yang kurang atau tidak dimengerti oleh siswa dan kesannya mengarah verbalisme.
Namun perlu diketahui juga bahwa untuk memakai metode ceramah secara murni itu tidaklah mudah, maka dalam pelaksanaannya perlu menaruh perhatian untuk mengkombinasikan dengan teknik-teknik penyajian lain sehingga proses berguru mengajar yang dilaksanakan sanggup berlangsung dengan intensif.
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Pembelajaran Dengan Metode Ceramah"

Post a Comment