Definisi Dan Pengertian Filsafat Ekonomi Islam

Pengertian Filsafat Ekonomi islam. Keberadaan Filsafat Ekonomi Islam bukan sekadar ihktiar dalam melaksanakan islamisasi ilmu pengetahuan semata, lebih dari itu keberadaan Filsafat Ekonomi Islam memperlihatkan dukungan pengetahuan dan keterlibatan dalam mengkonstruksi peradaban manusia, menuju peradaban perekonomian insan yang lebih baik, yang didasarkan nilai-nilai pada ruh Islam yang universal. Berikut yakni klarifikasi seputar pengertian filsafat ekonomi islam.

 Keberadaan Filsafat Ekonomi Islam bukan sekadar ihktiar dalam melaksanakan islamisasi ilmu p Definisi dan Pengertian Filsafat Ekonomi islam

Definisi Filsafat Ekonomi Islam

Filsafat ekonomi Islam didasarkan pada konsep triangle: yakni filsafat Tuhan, insan dan alam. Kunci filsafat ekonomi Islam terletak pada insan dengan Tuhan, alam dan insan lainnya. Dimensi filsafat ekonomi Islam inilah yang membedakan ekonomi Islam dengan sistem ekonomi lainnya kapitalisme dan sosialisme. Filsafat ekonomi yang Islami, mempunyai paradigma yang relevan dengan nilai-nilai logis, etis dan estetis yang Islami yang lalu difungsionalkan ke tengah tingkah laris ekonomi manusia. Dari filsafat ekonomi ini diturunkan juga nilai-nilai instrumental sebagai perangkat peraturan permainan (rule of game) suatu kegiatan.

Pengertian Filsafat ekonomi Islam Upaya berpikir fundamental dan kritis untuk mendapat citra menyeluruh wacana ekonomi Islam (kegiatan ekonomi yang Islami dan ilmu ekonomi Islam).

Filsafat ekonomi Islam merujuk pada hakikat insan sebagai insan (dimensi insaniyyah) dan insan sebagai hamba Allah (dimensi illahiyyah). Dalam filsafat ekonomi islam, keadilan merupakan nilai yang menjadi jalan menuju tujuan utama yakni, kesejahteraan.

Filsafat ekonomi Islam selaras dengan nilai-nilai logis, etis dan estetis yang islami lalu difungsionalkan ke dalam kegiatan ekonomi manusia. Karena Islam universal dan komprehensif, maka ekonomi menjadi salah satu instrumen terpenting dalam korelasi horizontal antar manusia-manusia dan manusia-alam. Nilai-nilai yang terkandung dalam falsafah lah yang mendasari setiap kegiatan ekonomi Islam.

Filsafat ekonomi islam yakni nilai-nilai filosofis/dasar ekonomi islam, yang merupakan norma abnormal dan keinginan ekonomi islam, sementara asas-asasnya yakni nilai-nilai atau prinsip-prinsip umum dan bahwa filsafat ekonomi islam sanggup disebut sebagai etika atau moral berekonomi.
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Filsafat Ekonomi Islam"

Post a Comment