Definisi Dan Pengertian Contextual Teaching And Learning (Ctl)

Pengertian Contextual Teaching and Learning (CTL). Model pembelajaran CTL merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan memotivasi siswa untuk memahami makna bahan pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan bahan tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial, dan kultural) sehingga siswa mempunyai pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel sanggup diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan/konteks ke permasalahan/konteks lainnya. Berikut ialah klarifikasi seputar pengertian Contextual Teaching and Learning (CTL), Karakteristik, kelebihan, kelemahan dan tujuan CTL.

Definisi Contextual Teaching and Learning (CTL)

Menurut Nur Hadi CTL ialah konsep berguru yang mendorong guru untuk menghubungkan antara bahan yang diajarkan dan situasi dunia faktual siswa.

Menurut Jonhson CTL ialah sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk menolong para siswa melihat siswa melihat makna didalam bahan akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subyek-subyek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka.

Secara Umum Pengertian Contextual Teaching and Learning (CTL). ialah konsep berguru yang membantu guru mengkaitkan antara bahan yang diajarkanya dengan situasi dunia faktual siswa dan mendorong siswa membuat kekerabatan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Karakteristik Pembelajaran CTL

  1. Kerjasama.
  2. Saling menunjang.
  3. Menyenangkan, tidak membosankan.
  4. Belajar dengan bergairah.
  5. Pembelajaran terintegrasi.
  6. Menggunakan aneka macam sumber.
  7. Siswa aktif.
  8. Sharing dengan teman.
  9. Siswa kritis guru kreatif.
  10. Dinding dan lorong-lorong penuh dengan hasil kerja siswa, peta-peta, gambar, artikel, humor dan lain-lain.
  11. Laporan kepada orang renta bukan hanya rapor tetapi hasil karya siswa, laporan hasil pratikum, karangan siswa dan lain-lain.

Kelebihan Contextual Teaching and Learning (CTL)

  1. Pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil.
  2. Pembelajaran lebih produktif dan bisa menumbuhkan penguatan konsep kepada siswa.
  3. Kelas dalam pembelajaran Kontekstual bukan sebagai kawasan untuk memperoleh informasi, akan tetapi sebagai kawasan untuk menguji data hasil temuan mereka di lapangan
  4. Materi pelajaran sanggup ditemukan sendiri oleh siswa, bukan hasil sumbangan dari guru
  5. Penerapan pembelajaran Kontekstual sanggup membuat suasana pembelajaran yang bermakna.

Kelemahan Contextual Teaching and Learning (CTL)

  1. Diperlukan waktu yang cukup usang dikala proses pembelajaran Kontekstual berlangsung
  2. Jika guru tidak sanggup mengendalikan kelas maka sanggup membuat situasi kelas yang kurang aman
  3. Guru lebih intensif dalam membimbing.
  4. Guru menawarkan kesempatan kepada siswa untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide–ide dan mengajak siswa semoga dengan menyadari dan dengan sadar memakai strategi–strategi mereka sendiri untuk belajar. Namun dalam konteks ini tentunya guru memerlukan perhatian dan bimbingan yang ekstra terhadap siswa semoga tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang diterapkan semula.

Tujuan Contextual Teaching and Learning (CTL)

  1. Model pembelajaran CTL ini bertujuan untuk memotivasi siswa untuk memahami makna bahan pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan bahan tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari sehingga siswa mempunyai pengetahuan atau ketrampilan yang secara refleksi sanggup diterapkan dari permasalahan kepermasalahan lainya.
  2. Model pembelajaran ini bertujuan semoga dalam berguru itu tidak hanya sekedar menghafal tetapi perlu dengan adanya pemahaman
  3. Model pembelajaran ini menekankan pada pengembangan minat pengalaman siswa.
  4. Model pembelajaran CTL ini bertujuan untuk melatih siswa semoga sanggup berfikir kritis dan terampil dalam memproses pengetahuan semoga sanggup menemukan dan membuat sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain
  5. Model pembelajaran CTL ini bertujun semoga pembelajaran lebih produktif dan bermakna
  6. Model pembelajaran nodel CTL ini bertujuan untuk mengajak anak pada suatu acara yang mengkaitkan bahan akademik dengan konteks jehidupan sehari-hari
  7. Tujuan pembelajaran model CTL ini bertujuan semoga siswa secara indinidu sanggup menemukan dan mentrasfer informasi-informasi komplek dan siswa sanggup mengakibatkan isu itu miliknya sendiri.
Referensi
m-edukasi.web.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Contextual Teaching And Learning (Ctl)"

Post a Comment