E-commerce, E-commerce adalah merupakan proses pembelian, penjualan, atau pertukaran barang, jasa dan info melalui jaringan komputer termasuk Internet. Menurut Kalakota dan Whinston (1997) istilah e-commerce sanggup dilihat dari empat perspektif yang berbeda yaitu (Turban, E., & King, D., 2002):
- Bila dilihat dari perspektif komunikasi, e-commerce yaitu penyediaan barang, jasa, info atau pembayaran melalui jaringan komputer atau alat elektronik lainnya.
- Bila dilihat dari perspektif proses bisnis, e-commerce yaitu aplikasi dari teknologi dengan tujuan mengotomatisasi transaksi bisnis dan langkah langkah dalam melaksanakan pekerjaan (workflow).
- Bila dilihat dari perspektif pelayanan, e-commerce yaitu sebuah alat yang sanggup memenuhi kebutuhan perusahaan, konsumen, dan administrasi dengan tujuan meminimalisir biaya pelayanan, meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, dan meningkatkan kecepatan pelayanan konsumen.
- Bila dilihat dari perspektif online, e-commerce memungkinkan dilaksanakannya proses jual beli produk dan info melalui Internet dan layanan online lainnya.
Sedangkan, berdasarkan Efraim Turban dan David King terdapat dua perspektif lain yang sanggup dipakai untuk mendefinisikan e-commerce yaitu :
- Bila dilihat dari perspektif kolaborasi, e-commerce yaitu fasilitator yang sanggup dipakai untuk memungkinkan terlaksananya proses kerja sama pada suatu organisasi baik antar organisasi maupun inter organisasi.
- Bila dilihat dari perspektif komunitas, e-commerce merupakan daerah berkumpul bagi anggota suatu komunitas untuk saling belajar, berinteraksi, bertransaksi dan berkolaborasi.
Klasifikasi E-commerce
E-commerce sanggup diklasifikasikan berdasarkan beberapa aspek. Berikut iniklasifikasi e-commerce berdasarkan pada sifat transaksinya yaitu (Turban, E., & King, D., 2002):
• Business-to-Business (B2B)
Proses transaksi e-commerce bertipe B2B melibatkan perusahaan atau organisasi yang sanggup bertindak sebagai pembeli atau penjual.
• Business-to-Consumer (B2C)
Pada e-commerce bertipe B2C transaksi terjadi dalam skala kecil sehingga tidak hanya organisasi tetapi juga individu sanggup terlibat pada pelaksanaan transaksi tersebut. Tipe e-commerce ini biasa disebut dengan e-tailing.
• Business-to-Business-to-Consumer (B2B2C)
Pada e-commerce tipe ini, sebuah perusahaan menyediakan produk atau jasa kepada sebuah perusahaan lainnya. Perusahaan lain tersebut kemudian menyediakan produk atau jasa kepada individu yang bertindak sebagaikonsumen.
• Consumer-to-Business (C2B)
Pada e-commerce tipe ini, pihak individu menjual barang atau jasanya melalui Internet atau media elektronik lainnya kepada organisasi atau perusahaan yang berperan sebagai konsumen.
• Consumer-to-Consumer (C2C)
Pada e-commerce tipe ini, konsumen menjual produk atau jasa yang dimilikinya secara eksklusif kepada konsumen lainnya.
• Mobile Commerce (M-Commerce)
Mobile commerce merupakan salah satu tipe e-commerce dimana transaksi jual beli dan acara bisnis yang terjadi dilakukan melalui media jaringan tanpa kabel.
• Intrabusiness E-commerce
Aktivitas bisnis yang termasuk kedalam intrabusiness e-commerce diantaranya proses pertukaran barang, jasa, atau info antar unit dan individu yang terdapat pada suatu organisasi atau perusahaan.
• Business-to-Employees (B2E)
B2E merupakan subset dari kategori intrabusiness e-commerce dimana perusahaan menyediakan pelayanan, informasi, atau produk pada individu pegawainya.
• Collaborative Commerce
Saat individu atau grup melaksanakan komunikasi atau berkolaborasi secara online, maka sanggup dikatakan bahwa mereka terlibat dalam collaborative commerce.
• Non-business E-commerce
Non-business e-commerce merupakan e-commerce yang dilakukan pada organisasi yang tidak berorientasi untuk mendapat laba menyerupai institusi akademis, organisasi keagamaan, organisasi sosial dsb.
• E-government
E-government merupakan e-commerce yang dilakukan oleh pemerintah.
Dari namanya, kita sudah bisa menebak jikalau ini berkaitan dengan kegiatan yang bersifat komersial. Tidak salah memang, lantaran istilah e-commerce yang akan kita bahas ini memang mengacu pada kegiatan komersial di internet. Contoh paling umum dari kegiatan e-commerce tentu saja yaitu aktifitas transaksi perdagangan melalui sarana internet. Dengan memanfaatkan e-commerce, para penjual (merchant) sanggup menjajakan produknya secara lintas negara lantaran memang sifat internet sendiri yang tidak mengenal batasan geografis. Transaksi sanggup berlangsung secara real time dari sudut mana saja di dunia asalkan terhubung dalam jaringan internet.
Umumnya transaksi melalui sarana e-commerce dilakukan melalui sarana suatu situs web yang dalam hal ini berlaku sebagai semacam etalase bagi produk yang dijajakan. Dari situs web ini, para pembeli (customer) sanggup melihat bentuk dan spesifikasi produk bersangkutan lengkap dengan harga yang dipatok. Berikutnya, apabila si calon pembeli tertarik, maka ia sanggup melaksanakan transaksi pembelian di situs tersebut dengan sarana kartu kredit. Berbeda dengan transaksi kartu kredit pada umumnya yang memakai peralatan khusus, transaksi kartu kredit di internet cukup dilakukan dengan memasukkan nomor kartu kredit beserta waktu kadaluwarsanya pada formulir yang disediakan.
Di tahap selanjutnya, acara di server e-commerce akan melaksanakan verifikasi terhadap nomor kartu kredit yang diinputkan. Apabila nomor kartu yang dimasukkan valid, maka transaksi dianggap sah dan barang yang dipesan akan dikirimkan ke alamat pembeli. Tentu saja sebelumnya ketika mengisi formulir pemesanan, calon pembeli telah mengisikan alamat lengkap kemana barang yang akan dibelinya harus dikirimkan. Harga barang yang dibeli kemudian akan dimasukkan dalam rekening tagihan dari kartu kredit yang digunakan.
Aktifitas e-commerce sebetulnya bukan melulu berkisar pada perjuangan perdagangan. Kalau kita rajin menjelajahi situs-situs web, kita bisa menjumpai aneka perjuangan yang pada pada dasarnya berusaha mengeduk laba dari lalu-lintas susukan internet. Ambil pola situs lelang online di www.ebay.com yang demikian populer, juga situs penyedia jasa yang mengutip bayaran untuk netters yang ingin memakai layanannya. Tidak ketinggalan pula situssitus khusus dewasa. Bahkan untuk yang terakhir ini justeru disebut-sebut sebagai pencetus dari bisnis e-commerce.
Seperti halnya kegiatan bisnis konvensional, iklan juga memegang peranan penting dalam e-commerce. Para pengelola situs web banyak mendapat pemasukan dari iklan yang ditayangkan di situs web yang dikelolanya (umumnya berbentuk iklan banner atau popup window). Tengok saja Yahoo atau DetikCom sebagai pola dimana tiap halamannya selalu dijejali oleh banner iklan yang mencolok mata. Wajar saja, alasannya dari sanalah sumber pembiayaan layanan (plus sumber keuntungan) mereka berasal.
Tapi dengan makin banyaknya situs web yang muncul juga berarti semakin ketatnya persaingan. Menjaring iklan di sebuah situs web tentu saja tidak gampang. Para pemasang iklan umumnya hanya berminat memasang iklannya pada situs dengan trafik kunjungan yang tinggi. Itu artinya para pengelola situs harus berusaha memancing sebanyak mungkin pengunjung ke situs mereka. Caranya tentu saja dengan memajang content yang bermacam-macam sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama di situsnya—syukursyukur jikalau mereka akan balik lagi di kesempatan berikut atau lebih baik lagi apabila hingga menjadi pengunjung setia.
Sayangnya mengundang pengunjung dengan cara ini terang butuh perjuangan dan biaya yang tidak sedikit, sementara itu efektifitas pemasangan banner iklan di situs web sendiri sebetulnya masih diragukan. Para pengunjung situs web umumnya tiba dengan tujuan untuk mencari info sehingga kemungkinan besar tidak sempat melirik ke bannerbanner yang terpajang di situs web bersangkutan. Alih-alih memperhatikan, para pengunjung kerap malahan merasa terganggu dengan adanya banner iklan di sebuah halaman web. Walhasil banyak situs web yang tidak bisa membiayai operasionalnya lantaran pemasukan dari iklan ternyata tidak bisa mengimbangi besarnya modal yang dikucurkan. Karena itulah beberapa waktu terakhir ini kita banyak melihat situs web komersial (dikenal sebagai 'DotCom') yang bertumbangan.
Komponen E-commerce
Pada e-commerce terdapat mekanisme-mekanisme tertentu yang unik dan berbeda dibandingkan dengan mekanisme-mekanisme yang terdapat pada traditional commerce. Dalam prosedur pasar e-commerce, terdapat beberapa komponen yang terlibat, yakni (Turban, E., & King, D., 2002):
• Customer
Costumer merupakan para pengguna Internet yang sanggup dijadikan sebagai sasaran pasar yang potensial untuk diberikan penawaran berupa produk, jasa, atau info oleh para penjual.
• Penjual
Penjual merupakan pihak yang mengatakan produk, jasa, atau info kepada para customer baik individu maupun organisasi. Proses penjualan sanggup dilakukan secara eksklusif melalui website yang dimiliki oleh penjual tersebut atau melalui marketplace.
• Produk
Salah satu perbedaan antara e-commerce dengan traditional commerce terletak pada produk yang dijual. Pada dunia maya, penjual sanggup menjual produk digital. Produk digital yang sanggup dikirimkan secara eksklusif melalui Internet.
• Infrastruktur
Infrastruktur pasar yang memakai media elektronik mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan juga sistem jaringannya.
• Front end
Front end merupakan aplikasi web yang sanggup berinteraksi dengan pengguna secara langsung. Beberapa proses bisnis pada front end ini antara lain: portal penjual, katalog elektronik, shopping cart, mesin pencari dan payment gateway.
• Back end
Back end merupakan aplikasi yang secara tidak eksklusif mendukung aplikasi front end. Semua acara yang berkaitan dengan pemesanan barang, administrasi inventori, proses pembayaran, packaging, dan pengiriman barang termasuk dalam bisnis proses back end.
• Intermediary
Intermediary merupakan pihak ketiga yang menjembatani antara produsen dengan konsumen. Online intermediary membantu mempertemukan pembeli dan penjual, menyediakan infrastruktur, serta membantu penjual dan pembeli dalam menuntaskan proses transaksi. Intermediary tidak hanya perusahaan atau organisasi tetapi sanggup juga individu. Contoh intermediary contohnya broker dan distributor.
• Partner bisnis lain
Partner bisnis merupakan pihak selain intermediary yang melaksanakan kerja sama dengan produsen.
• Support services
Ada banyak support services yang ketika ini beredar di dunia maya mulai dari sertifikasi dan trust service, yang menjamin keamanan hingga pada knowledge provider.
Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/E-commerce
Pengembangan alternatif model...,Agung Firmansyah...[et.al],FASILKOM UI, 2009
0 Response to "Definisi Dan E-Commerce"
Post a Comment