Definisi Dan Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok

Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok. Istilah bimbingan kelompok mengacu kepada aktivitas-aktivitas kelompok yang berfokus kepada penyediaan gosip atau pengalaman lewat acara kelompok yang berkala dan terorganisir yang bertujuan menyediakan gosip melalui acara kelompok. 

Menurut Romlah bimbingan kelompok yakni proses pemberian dukungan yang diberikan pada individu dalam situasi kelompok untuk membahas topik-topik yang bersifat umum.

Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok Definisi dan Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok

Layanan bimbingan kelompok yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bahu-membahu melalui dinamika kelompok memperoleh banyak sekali materi dari nara sumber tertentu dan/atau membahas secara bahu-membahu pokok bahasan tertentu yang berkhasiat untuk menunjang pemahaman dan kehidupan sehari-hari dan/atau untuk perkembangan dirinya baik sebagai individu maupun sebagai pelajar dan untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan/atau tindakan tertentu.

Menurut Gazda layanan bimbingan kelompok disekolah merupakan kegiatan gosip kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyususun rencana dan keputusan yang tepat. Dengan kata lain layanan bimbingan kelompok difokuskan pada pemberian gosip untuk membantu siswa dalam menyusun rencana atau mengambil sebuah keputusan.

Dari banyak sekali pendapat tersebut sanggup disimpulkan layanan bimbingan kelompok sebagai kegiatan kelompok yang memanfaatkan dinamika kelompok sebagai media untuk membahas topik umum dengan panduan seorang narasumber atau pemimpin kelompok.

Tujuan Bimbingan Kelompok
Bimbingan kelompok diorganisasikan untuk mencegah berkembangnya problem. Secara tidak eksklusif hal ini menjelaskan, bahwa layanan bimbingan kelompok mempunyai fungsi pencegahan. Fungsi pencegahan yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang akan menghasilkan tercegahnya atau terhindarnya anggota kelompok dari banyak sekali permasalahan yang mungkin timbul yang akan sanggup mengganggu, menghambat ataupun menimbulkan  kesulitan  dan  kerugian-kerugian  tertentu  dalam  proses perkembangannya.

Berdasarkan fungsinya layanan bimbingan kelompok sanggup dikelompokkan mempunyai dua tujuan.
  1. Layanan bimbingan kelompok sebagai upaya pencegahan (preventif) terhadap problematika yang sering dijumpai oleh peserta manfaat.
  2. Layanan bimbingan kelompok sebagai upaya untuk menjaring atau menyeleksi anggota kelompok tertentu untuk memperoleh layanan yang lebih optimal melalui layanan konseling kelompok atupun layanan konseling individual.
Berdasarkan klarifikasi ihwal tujuan diselenggarakan layanan bimbingan kelompok maka sanggup disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok bertujuan untuk membantu individu guna memperoleh informasi, wawasan dan pengalaman yang dipakai sebagai materi pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan atau perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari banyak sekali sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Dan Tujuan Layanan Bimbingan Kelompok"

Post a Comment