Definisi Dan Pengertian Akuntansi Administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya

Pengertian Akuntansi administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya. Apa yang dimaksud dengan Akuntansi manajemen...? Akuntansi administrasi merupakan ilmu yang berkaitan dengan penggunaan warta akuntansi oleh para administrasi dan pihak internal lainnya untuk keperluan penentuan biaya produk, perencanaan, pengendalian, dan penilaian serta pengambilan keputusan.

Pengertian Akuntansi administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya Definisi dan Pengertian Akuntansi administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya

Definisi Akuntansi manajemen

Menurut Chartered Institute of Management Accountant (1994:30) Akuntansi administrasi yakni Penyatuan belahan administrasi yang meliputi penyajian dan penafsiran warta yang dipakai untuk perumusan strategi, acara perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya, pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, dan pengamanan asset.

Menurut Horngren (1993:4) definisi akuntansi administrasi diartikan sebagai “proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi perihal warta yang membantu masing-masing direktur untuk memenuhi tujuan organisasi”.

Akuntansi Manajemen merupakan suatu kegiatan (proses) yang menghasilkan warta keuangan bagi administrasi untuk pengambilan keputusan ekonomi dalam melakukan fungsi manajemen.

Secara Umum akuntansi administrasi yakni belahan dari akuntansi yang bertujuan membantu manajer untuk menjalankan tiga fungsi pokoknya, yaitu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan sekaligus memperlihatkan warta kepada pihak-pihak internal untuk mencapai tujuan organisasinya.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Akuntansi administrasi dalam tiap perusahaan membantu memelihara dan mengendalikan sumber daya perusahaan. Selain itu juga berfungsi sebagai tracking performance, planning, dan managing costs and price.

Tujuan Akuntansi Manajemen

Akuntansi administrasi bertujuan menghasilkan warta keuangan untuk pihak manajemen. Jenis warta yang diharapkan berbeda dengan warta yang diharapkan pihak luar. Umumnya warta yang dihasilkan bersifat mendalam dan tidak dipublikasikan kepada pihak luar. Tujuan akuntansi administrasi secara umum adalah:
  1. Menyediakan warta yang diharapkan dalam penetuan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan oleh manajemen.
  2. Menyediakan warta yang dipakai dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan warta untuk pengambilan keputusan. Informasi akuntansi administrasi membantu mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikannya, serta mengevaluasi kinerja. Jadi, warta akuntansi administrasi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahapan manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan.

Informasi Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen ditujukan untuk menyediakan warta akuntansi yang akurat bagi administrasi yang dalam pelaksanaan fungsi pokoknya sangat memerlukan warta ini, terutama untuk perencanaan dan pengendalian bagi perusahaan. Informasi akuntansi administrasi dibagi menjadi 3 tipe, yaitu :
  1. Informasi akuntansi penuh (Full accounting information). Informasi akuntansi penuh sanggup meliputi warta masa kemudian maupun warta yang akan tiba dan meliputi warta mengenai biaya, pendapatan dan aktiva. Informasi akuntansi penuh selalu dihubungkan dengan kesatuan usaha, produk atau departemen sebab warta ini dipakai untuk pelaporan warta keuangan dan analisis kemampuan menghasilkan keuntungan rugi suatu divisi atau belahan secara khusus, pada belahan inilah warta akuntansi perusahaan yang berisi warta masa kemudian digunakan.
  2. Informasi akuntansi pertanggungjawaban (Full Responsibility Information) Tiap manajer dalam organisasi merencanakan aktiva, pendapatan dan biaya yang menjadi tanggungjawabnya dibawah koordinasi administrasi puncak dan menyusun acara menurut warta akuntansi pertanggungjawaban. Informasi akuntansi pertanggungjawaban juga dipakai untuk mengamati pelaksanaan anggaran dan menilai seberapa jauh manajer melakukan rencananya.
  3. Informasi Akuntansi Diferensial (Differential accounting information) Informasi akuntansi diferensial memiliki dua ciri utama, pertama warta akuntansi merupakan warta masa yang akan datang. Kedua, warta akuntansi merupakan warta yang berbeda diantara banyak sekali macam alternatif yang dihadapi oleh banyak sekali keputusan. Informasi akuntansi diferensial ini sangat diharapkan pihak administrasi dalam pengambilan keputusan sebagai pemilihan alternatif tindakan yang terbaik diantara alternatif yang tersedia, ditinjau dari segi pengorbanan dan manfaat yang diperoleh kalau suatu alternatif tersebut diambil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Akuntansi Administrasi Serta Fungsi Dan Tujuannya"

Post a Comment