Contoh Tanggung Jawab Pada Bab Produksi Di Pt

( 7 halaman )




PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK





BAB I
PENDAHULUAN


1.1       Latar belakang
Terdapat banyak perusahaan besar yang mengahasilkan produk-produk yang sangat bermanfaat.  Untuk menghasilkan produk-produk tersebut sebuah perusahaan harus mempunyai karyawan yang sangat kompeten dibagian produksi.
Pada zaman kini antar perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan hasil produksi yang terbaik. Apabila perusahaan tidak sanggup mengalahkan persaingan tersebut maka yang didapatkan perusahaan tersebut  hanya isapan jempol belaka.

Kuatnya persaingan ketika ini tidak lepas dari bahan-bahan produksi yang dipergunakan pada perusahaan manufaktur serta para karyawan yang berkualitas.
Dibutuhkannya karyawan-karyawan yang berkualitas, masing-masing perusahaan harus sanggup mengantisipasi karyawan yang tidak bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka dapatkan di perusahaan. Oleh alasannya ialah itulah dalam rangka mengantisipasi karyawan yang tidak bertanggung jawab diharapkan perekrutan tenaga kerja yang benar-benar sanggup mendapatkan amanah untuk menjalani pekerjaan di perusahaan dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan pada perusahaan tersebut. Di samping itu pula, perusahaan harus menerapkan desain pekerjaan untuk para karyawan sesuai dengan kemampuan dan kesesuaian masing-masing individu dengan pekerjaan yang mereka terima. Oleh alasannya ialah itu kami membuat makalah ini dengan judul “Tanggung jawab bab Produksi  pada PT. Sinarmas”. Karena tanggung jawab masing-masing pekerja sangat diharapkan biar perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang bertanggung jawab dan berkualitas demi menghasilkan produk yang terbaik dalam persaingan dunia usaha.

1.2          Pembatasan Masalah
                Permasalahan yang muncul pada uraian insiden yang terjadi pada perusahaan diantaranya ialah sebagai berikut:
1.      Bagaimana perusahaan sanggup bersaing dengan perusahaan lain pada zaman kini ini?
2.      Bagaimana cara mendapatkan karyawan yang bertanggung jawab dan berkualitas atas pekerjannya?
3.      Mengapa perlu tanggungjawab bab produksi

1.3       Tujuan
Makalah ini intinya disusun untuk memenuhi kiprah Manajemen Personalia. Disamping itu secara tidak eksklusif akan menambah pengetahuan dan wawasan kami perihal desain pekerjaan pada perusahaan.  Serta kami sanggup lebih memahami tugas-tugas kepersonaliaan, sehingga kami paham bahwa kiprah personalia bukan hanya menangani penggajian atau memberi hukuman bagi karyawan pembangkang namun sangat berjenjang dari rekrutmen hingga pensiun.

1.4       Manfaat
a.       Menambah pengetahuan kami perihal bab produksi suatu perusahaan.
b.      Menjadi perbandingan bagi calon pekerja dibagian produksi.
c.       Sebagai panduan pembaca yang ingin menambah ilmu pengetahuan khususnya dibagian produksi.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1       Definisi Desain Pekerjaan
Desain pekerjaan ialah fungsi penetapan kegiatan-kegiatan kerja seorang individu atau kelompok karyawan secara organisasional.
Desain pekerjaan mencakup elemen-elemen sebagai berikut:
1.      Elemen-elemen Desain Pekerjaan
Dalam pengembangan dan pengaturan pekerjaan ada tiga hal yang menjadi tantangan bagi administrasi personalia, yaitu:
a.       Konflik antara kebutuhan dan keinginan karyawan dan kelompok karyawan dengan persyaratan design pekerjaan.
b.      Sifat unik masing-masing karyawan.
c.       Perubahan organisasi dan sikap karyawan.
2.      Elemen-elemen Organisasional
Elemen organisasional pada design pekerjaan bersangkutan dengan efisiensi yang sanggup mendorong karyawan untuk bisa dan termotivasi untuk mencapai hasil yang maksimum.
Elemen organisasional dalam design pekeerjaan yaitu:
a.       Pendekatan mekanistik
Pendekatan mekanistik berupaya mengidentifikasikan setiap kiprah dalam suatu pekerjaan biar tugas-tugas sanggup diatur untuk meminimumkan waktu dan tenaga para karyawan. Tugas-tugas tersebut dikelompokan menjadi satu pekerjaan yang menghasilkan spesialisasi.
b.      Aliran kerja
Aliran kerja pada organisasi dipengaruhi oleh sifat produk dan jasa, yang memilih urutan dan keseimbangan pekerjaan.
c.       Praktek kerja
Praktek kerja ialah cara pelaksanaan kerja yang ditetapkan yang terbentuk dari tradisi atau akad kolektif para karyawan atau bab kontrak kerja serikat antara karyawan dengan manajemen.

3.      Elemen-elemen Lingkungan
Elemen-elemen  lingkungan terdiri dari:
a.       Kemampuan dan tersedianya para karyawan
b.      Berbagai pengharapan social

4.      Elemen-elemen Keperilakuan
Ada beberapa elemen keperilakuan yang  perlu dipertimbangkan dalam desain pekerjaan, yaitu:
a.       Otonomi
b.      Variasi
c.       Identitas tugas
d.      Umpan balik
2.2       Teknik-teknik perancangan kembali pekerjaan terdiri dari :
a.       Simplifikasi pekerjaan
b.      Perluasan  kerja






BAB III
PEMBAHASAN
3.1       Memecahkan Persaingan dalam Dunia Usaha
Pada zaman kini antar perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan hasil produksi yang terbaik. Apabila perusahaan tidak sanggup mengalahkan persaingan tersebut maka yang didapatkan perusahaan tersebut  hanya isapan jempol belaka. Kuatnya persaingan ketika ini tidak lepas dari bahan-bahan produksi yang dipergunakan pada perusahaan manufaktur serta para karyawan yang berkualitas. Perusahaan harus membuat sedemikian rupa produk yang kreatif dan inovatif, biar perusahaan sanggup memperlihatkan kepuasan terhadap konsumen dan dipercaya untuk terus menerus menyebarkan produk.  Selain itu pula, dalam menghadapi persaingan pada ketika ini perusahaan harus menerapkan prosedur-prosedur yang harus dilakukan dan ditaati dalam pekerjaan. Perekrutan karyawan gres pula sangat kuat bagi pencapaian tenaga kerja yang berkualitas.

3.2       Mendapatkan Karyawan yang Berkualitas
Dibutuhkannya karyawan-karyawan yang berkualitas khususnya pada bab produksi, masing-masing perusahaan harus sanggup mengantisipasi karyawan yang tidak bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka dapatkan di perusahaan. Antisipasinya yaitu dengan memperlihatkan desain pekerjaan mengenai tanggung jawab para karyawan pada setiap pekerjaan yang telah ditetapkan perusahaan.
3.3       Tanggung Jawab Pekerjaan Bagian Produksi
 






BERSAMBUNG





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Tanggung Jawab Pada Bab Produksi Di Pt"

Post a Comment