Contoh Entrepreneurial Dan Motivasi Kerja

( 17 halaman )



ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN ENTREPRENEURIAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA AGEN ASURANSI PT. SINERGI EKA SEJAHTERA


ABSTRAK


PT. Sinergi Eka Sejahtera yaitu salah satu kantor agency dari PT. Prudential PLC.  Kepemimpinan seorang pemimpin dan motivasi kerja para distributor – agennya biasanya akan sangat menghipnotis kepuasan kerja distributor – distributor tersebut dan yang akan berdampak pada kinerja para distributor yang meningkat sehingga sanggup mencapai sasaran perusahaan dan sanggup memajukan perusahaan. Kepemimpinan yang dibutuhkan yaitu dengan cara pemimpin memberi cara yang harus dilakukan distributor – distributor dengan baik, memotivasi dan membantu para distributor ketika terjadi masalah. Dengan penghasilan yang baik dan suasana kerja yang mendukung akan sanggup memotivasi para distributor untuk sanggup bekerja lebih maksimal sehingga para distributor akan merasa puas dalam bekerja di perusahaan tersebut yang akan berdampak pada meningkatnya kinerja para distributor tersebut.
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat apakah ada relasi antara kepemimpinan entrepreneurial seorang pemimpin dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja para distributor dan yang akan berdampak pada kinerja para distributor tersebut. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian survey, yang bertujuan menunjukkan umpan balik atas kepuasan dan kinerja para distributor dengan memakai jawaban para distributor sehingga menunjukkan citra terhadap fakta yang ada. Variabel yang diteliti yaitu kepemimpinan entrepreneurial, motivasi kerja, kepuasan kerja dan kinerja. Data dari 83 responden yang disebarkan kepada distributor – distributor menjadi data primer.
Berdasarkan analisis relasi kepemimpinan entrepreneurial dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja serta dampaknya pada kinerja para distributor sudah cukup baik. Hal ini sanggup terlihat dari jawaban positif responden untuk setiap indikator dari setiap sub indikator yang ada.

Kata Kunci :  Kepemimpinan Entrepreneurial, Motivasi Kerja, Kepuasan kerja,  dan Kinerja
                                   

PENDAHULUAN

Latar Belakang

PT Prudential Life Assurance merupakan perusahaan yang bergerak dibidang asuransi dan investasi. Untuk meraih keberhasilan dan tujuan perusahaan, agen-agen yang ada di perusahaan ini dibutuhkan mempunyai akad terhadap Perusahaan, apakah dengan adanya motivasi dan kepuasan kerja akan besar lengan berkuasa terhadap kinerja dari distributor tersebut.
Masalah yang dihadapi ketika ini yaitu para distributor dalam perusahan ini tidak digaji oleh perusahaan, sedangkan mereka dibutuhkan memilki akad penuh untuk menjalankan peraturan dan kewajiban yang diberikan oleh perusahaan, yaitu pencapaian target. Pendapatan yang mereka sanggup hanya berasal dari komisi dari penjualan produk perusahan tersebut yaitu asuransi atau investasi. Tidak adanya honor menyerupai ini sanggup mengakibatkan hilangnya semangat dan motivasi mereka dalam bekerja untuk mencapai sasaran sehingga menghipnotis akad mereka terhadap perusahaan.
Berikut ini yaitu data-data yang kami peroleh dari perusahaan :
PERIODE
TOTAL PENJUALAN
TARGET
JUNI 2011 s/d MEI 2012
Rp 42.894.534.510
Rp. 48.000.000.000
Sumber : Aef Saefudin RFP®
Dari table diatas, kita sanggup mengetahui bahwa penjualan perusahaan masih dibawah sasaran yang telah ditetapkan. Hal ini sanggup terjadi alasannya kinerja distributor yang kurang maksimal. Hal ini sanggup terjadi alasannya motivasi agen, kepemimpinan entrepreneurial dan kepuasan kerja dari distributor tersebut.
Atas dasar duduk kasus diatas, maka kami akan meneliti mengenai “Analisis Pengaruh  Kepemimpinan Entrepreneurial dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Agen Asuransi PT. Sinergi Eka Sejahtera” . PT. Sinergi Eka Sejahtera sebagai salah satu Agency dari PT Prudential Life Assurance.

Identifikasi Masalah

1.      Apakah kepemimpinan entrepreneurial (X1) besar lengan berkuasa terhadap kepuasan kerja (Y) para distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera?
2.      Apakah motivasi kerja (X2) besar lengan berkuasa terhadap kepuasan kerja (Y) para distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera?
3.      Apakah kepemimpinan entrepreneurial dan motivasi kerja (X1,X2) besar lengan berkuasa terhadap kepuasan kerja (Y) di PT Sinergi Eka Sejahtera?
4.      Apakah kepuasan kerja (Y) besar lengan berkuasa terhadap kinerja (Z) distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera?
5.      Apakah  kepemimpinan entrepreneurial (X1) besar lengan berkuasa terhadap kinerja (Z) distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera?
6.      Apakah motivasi kerja (X2) besar lengan berkuasa terhadap kinerja (Z) distributor di PT. Sinergi Eka Sejahtera?
7.   Apakah kepemimpinan entrepreneurial (X1) dan motivasi kerja (X2) besar lengan berkuasa terhadap kepuasan kerja (Y) serta berdampak pada kinerja (Z) distributor di PT. Sinergi Eka Sejahtera?
                                                                              

Tujuan Penelitian

1. Untuk mengetahui dampak kepemimpinan entrepreneurial (X1) terhadap kepuasan    kerja (Y) para distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera.
2.      Untuk mengetahui dampak motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan kerja (Y) para distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera.
3.  Untuk mengetahui dampak kepemimpinan entrepreneurial (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan kerja (Y) Agen di PT Sinergi Eka Sejahtera.
4.      Untuk mengetahui dampak kepuasan kerja (Y) terhadap kinerja (Z) distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera.
5.   Untuk mengetahui dampak kepemimpinan entrepreneurial (X1) terhadap kinerja (Z) distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera.
6.   Untuk mengetahui dampak motivasi kerja (X2) terhadap kinerja (Z) distributor di PT Sinergi Eka Sejahtera.
7.      Untuk mengetahui dampak kepemimpinan entrepreneurial (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kepuasan kerja (Y) serta dampaknya pada kinerja (Z) Agen di PT Sinergi Eka Sejahtera.



  

LANDASAN TEORI

Landasan Teori

Pengertian Kepemimpinan Entrepreneurial
Kepemimpinan Entrepreneurial berdasarkan Esiri (2002, p182), yaitu kepemimpinan yang memimpin secara inovatif, terlibat penuh dalam bekerja, bisa melihat peluang dan memanfaatkannya berdasarkan cara dan metodenya sendiri.

Entrepreneurial leadership berdasarkan Corbin (2007, p61) adalah  kepemimpinan yang bisa mendelegasikan, bisa membangun karyawan-karyawan yang bertanggung jawab, bisa menciptakan dan memutuskan keputusan, dan bekerja secara independent.


Pengertian Motivasi Kerja
Menurut George and Jones (2005,p.175), motivasi yaitu suatu kekuatan psikologis di dalam diri seseorang yang memilih arah sikap seseorang di dalam organisasi yang mengakibatkan pergerakan, arahan, dan usaha, dan kegigihan dalam menghadapi rintangan untuk mencapai suatu tujuan.

Mathis dan Jackson (2006,p. 114) mengemukakan, motivasi yaitu harapan dalam diri seseorang yang mengakibatkan orang tersebut bertindak.

Robbins (2003,p.208) mengemukakan bahwa motivasi yaitu kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu dalam memenuhi beberapa kebutuhan individual.


Pengertian Kepuasan Kerja
Menurut Colquitt, LePine, dan Wesson (2009,p.105), kepuasan kerja yaitu suatu pernyataan emosi yang menyenangkan yang dihasilkan dari penghargaan terhadap pekerjaan seseorang dan apa yang anda pikirkan ihwal pekerjaan anda.

Menurut Handoko (1992; 193) dalam Soedjono (2005), kepuasan kerja atau job satisfaction yaitu keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dengan mana para karyawan memandang pekerjaannya .
Menurut Mathis dan Jackson (2006, p.121), kepuasan kerja dalam arti yang paling fundamental yaitu keadaan emosional yang positif yang merupakan hasil dari penilaian pengalaman kerja seseorang.

Menurut Kreitner dan Kinicki (2008, p.170), kepuasan kerja yaitu suatu respon yang menghipnotis atau respon emosional terhadap banyak sekali segi dari pekerjaan seseorang.


Pengertian Kinerja
Menurut Ambar Teguh Sulistiyani (2003 : 223)  Kinerja seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, perjuangan dan kesempatan yang sanggup dinilai dari hasil kerjanya.

Maluyu S.P. Hasibuan (2001:34) mengemukakan “kinerja (prestasi kerja) yaitu suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melakukan kiprah tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu”.

Menurut John Whitmore (1997 : 104) Kinerja yaitu pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seseorang, kinerja yaitu suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu ekspo umum ketrampilan.
 

BERSAMBUNG






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Entrepreneurial Dan Motivasi Kerja"

Post a Comment