Definisi Dan Pengertian Website Serta Fungsi Dan Unsurnya

Pengertian Website Serta Fungsi Dan Unsurnya. Pastinya anda sudah tidak abnormal lagi dengan kata Website. Nah Apa Itu Website..? Nah tujuan pembuatan website itu sendiri yakni untuk mempermudah tukar-menukar dan memperbarui informasi. Berikut yakni klarifikasi seputar pengertian Website, Unsur-Unsur Website dan Fungsi Website.

Pengertian Website Serta Fungsi Dan Unsurnya Definisi dan Pengertian Website Serta Fungsi Dan Unsurnya

Definisi WebSite

Pengertian Website yakni merupakan kumpulan dari beberapa halaman web dimana gosip dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipersentasikan dalam bentuk hypertext dan sanggup diakses oleh perangkat lunak yang disebut dengan browser. Dimana Informasi pada sebuah website pada umumnya di tulis dalam format HTML. Informasi lainya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF,JPG,PNG,dll), bunyi (dalam format AU,WAV,dll), dan objek multimedia lainya (seperti MIDI, ShockwaveQuicktime Movie,3D World,dll).

Website juga sanggup diartikan sebagai kemudahan internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada website disebut dengan webpage dan link dalam website memungkinkan pengguna sanggup berpindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui browser ibarat Netscape Navigator atau Internet Exploler aneka macam aplikasi browser lainnya. (Hakim Lukmanul. 2004 : Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain, dan Aplikasi).

Secara terminologi, definisi website yakni kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web yakni dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu sanggup diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang memberikan gosip dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut sanggup membentuk sebuah jaringan gosip yang sangat besar.

Secara Umum Website yakni kumpulan halaman-halaman yang dipakai untuk menampilkan gosip teks, gambar membisu atau gerak, animasi, suara, dan atau adonan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Unsur-Unsur Website

  1. Nama domain (Domain name/URL–Uniform Resource Locator). Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL yakni alamat unik di dunia internet yang dipakai untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name yakni alamat yang dipakai untuk menemukan sebuah website pada dunia internet.
  2. Rumah kawasan website (Web hosting). Pengertian Web Hosting sanggup diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk kawasan menyimpan aneka macam data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang sanggup dimasukkan tergantung dari besarnya web hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar web hosting semakin besar pula data yang sanggup dimasukkan dan ditampilkan dalam website.
  3. Bahasa Program (Scripts Program). Scripts yakni bahasa yang dipakai untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada ketika diakses. Jenis bahasa agenda sangat memilih statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa agenda yang dipakai maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.
  4. Desain website. Setelah melaksanakan penyewaan domain name dan web hosting serta penguasaan bahasa agenda (scripts program), unsur website yang penting dan utama yakni desain. Desain website memilih kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat kuat kepada evaluasi pengunjung akan cantik tidaknya sebuah website.

Fungsi Website

  1. Fungsi komunikasi. Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya yakni situs web dinamis. Karena dibentuk memakai pemograman web (server side) maka dilengkapi kemudahan yang menawarkan fungsi - fungsi komunikasi, ibarat web mail, form contact, chatting form, dan yang lainnya.
  2. Fungsi informasi. Situs web yang mempunyai fungsi gosip pada umumnya lebih menekankan pada kualitas cuilan kontennya, sebab tujuan situs tersebut yakni memberikan isisnya. Situs ini sebaiknya berisi teks dan grafik yang sanggup didownload dengan cepat.
  3. Fungsi entertainment. Situs web juga sanggup mempunyai fungsi entertainment/hiburan. Bila situs web kita berfungsi sebagai sarana hiburan maka penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak sanggup meningkatkan mutu presentasi desainnya, meski tetap harus mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa kemudahan yang menawarkan fungsi hiburan yakni game online, film online, music online, dan sebagainya.
  4. Fungsi transaksi. Situs web sanggup dijadikan sarana transaksi biisnis, baik barang, jasa, atau lainnya. Situs web ini menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayarannya sanggup memakai kartu kredit, transfer, atau dengan membayar secara langsung.

Referensi
http://raghibnuruddin217.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Website Serta Fungsi Dan Unsurnya"

Post a Comment