Definisi Dan Pengertian Pendidikan Budaya Dan Huruf Bangsa

Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus dipakai dalam menyebarkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi menyebarkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi penerima asuh semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas insan Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh alasannya itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan abjad bangsa.

Pengertian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Pendidikan yaitu suatu perjuangan yang sadar dan sistematis dalam menyebarkan potensi penerima didik. Pendidikan yaitu juga suatu perjuangan masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan. Keberlangsungan itu ditandai oleh pewarisan budaya dan abjad yang telah dimiliki masyarakat dan bangsa. Oleh alasannya itu, pendidikan yaitu proses pewarisan budaya dan abjad bangsa bagi generasi muda dan juga proses pengembangan budaya dan abjad bangsa untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa di masa mendatang. Dalam proses pendidikan budaya dan abjad bangsa, secara aktif penerima asuh menyebarkan potensi dirinya, melaksanakan proses internalisasi, dan penghayatan nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, menyebarkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta menyebarkan kehidupan bangsa yang bermartabat.

Budaya diartikan sebagai keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) insan yang dihasilkan masyarakat. Sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan itu yaitu hasil dari interaksi insan dengan sesamanya dan lingkungan alamnya. Sistem berpikir, nilai, moral, norma dan keyakinan itu dipakai dalam kehidupan insan dan menghasilkan sistem sosial, sistem ekonomi, system kepercayaan, sistem pengetahuan, teknologi, seni, dan sebagainya. Manusia sebagai makhluk sosial menjadi penghasil sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan; akan tetapi juga dalam interaksi dengan sesama insan dan alam kehidupan, insan diatur oleh sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan yang telah dihasilkannya. Ketika kehidupan insan terus berkembang, maka yang berkembang bahwasanya yaitu sistem sosial, sistem ekonomi, sistem kepercayaan, ilmu, teknologi, serta seni. Pendidikan merupakan upaya bersiklus dalam menyebarkan potensi penerima didik, sehingga mereka mempunyai sistem berpikir, nilai, moral, dan keyakinan yang diwariskan masyarakatnya dan menyebarkan warisan tersebut ke arah yang sesuai untuk kehidupan masa sekarang dan masa mendatang.

Karakter yaitu watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi banyak sekali kebajikan (virtues) yang diyakini dan dipakai sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma, ibarat jujur, berani bertindak, sanggup dipercaya, dan hormat kepada orang lain. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan abjad masyarakat dan abjad bangsa. Oleh alasannya itu, pengembangan abjad bangsa hanya sanggup dilakukan melalui pengembangan abjad individu seseorang. Akan tetapi, alasannya insan hidup dalam ligkungan sosial dan budaya tertentu, maka pengembangan abjad individu seseorang hanya sanggup dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang berangkutan. Artinya, pengembangan budaya dan abjad bangsa hanya sanggup dilakukan dalam suatu proses pendidikan yang tidak melepaskan penerima asuh dari lingkungan sosial,budaya masyarakat, dan budaya bangsa. Lingkungan sosial dan budaya bangsa yaitu Pancasila; jadi pendidikan budaya dan abjad bangsa haruslah menurut nilai-nilai Pancasila. Dengan kata lain, mendidik budaya dan abjad bangsa yaitu menyebarkan nilai-nilai Pancasila pada diri penerima asuh melalui pendidikan hati, otak, dan fisik. 

Berdasarkan pengertian Pendidikan, Budaya Dan Karakter Bangsa yang telah dijelaskan di atas maka pendidikan budaya dan abjad bangsa dimaknai sebagai pendidikan yang menyebarkan nilai-nilai budaya dan abjad bangsa pada diri penerima asuh sehingga mereka mempunyai nilai dan abjad sebagai abjad dirinya, menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota masyarakat, dan warganegara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif.
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Pendidikan Budaya Dan Huruf Bangsa"

Post a Comment