Definisi Dan Pengertian Randai Serta Sejarahnya

Pengertian Randai Serta Sejarahnya. Randai merupakan wadah komunikasi sastra kawasan yang menjadi kesenian permainan tradisional (teater) di Minangkabau. Keberadaan randai menjadi salah satu ikon bagi masyarakat Minangkabau untuk memberikan kaba atau sastra kawasan sehingga budaya lokal masyarakat dibutuhkan tidak hilang. Konsep komunikasi seni dalam randai inilah yang disampaikan sebagai gagasan pelestarian budaya Indonesia.

 Randai merupakan wadah komunikasi sastra kawasan yang menjadi kesenian permainan tradision Definisi dan Pengertian Randai Serta Sejarahnya

Hampir di setiap penyelenggaraan banyak sekali upacara-upacara budpekerti dalam kebudayaan Minangkabau, kebesaran dan kemegahan penyelenggaraan upacara-upacara tersebut, senantiasa ditandai dengan melakukan pergelaran Randai. Mulai dari upacara penobatan dan pewarisan gelar-gelar adat, akikah, sunatan, perkawinan, hingga peristiwa-peristiwa puncak dari banyak sekali kegiatan kepemudaan dan kegiatan-kegiatan formal lainnya.

Sejarah Randai Minangkabau

Konon kabarnya ia sempat dimainkan oleh masyarakat Pariangan, Tanah Datar ketika mesyarakat tersebut berhasil menangkap rusa yang keluar dari laut. Randai dalam masyarakat Minangkabau yaitu suatu kesenian yang dimainkan oleh beberapa orang dalam artian berkelompok atau beregu, di mana dalam Randai ini ada kisah yang dibawakan, menyerupai kisah Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan kisah rakyat lainnya. Randai ini bertujuan untuk menghibur masyarakat yang biasanya diadakan pada ketika pesta rakyat atau pada hari raya Idul Fitri.

Pada awalnya Randai yaitu media untuk memberikan kaba atau kisah rakyat melalui gurindam atau syair yang didendangkan dan galombang (tari) yang bersumber dari gerakan-gerakan silat Minangkabau. Namun dalam perkembangannya, Randai mengadopsi gaya penokohan dan obrolan dalam sandiwara-sandiwara, menyerupai kelompok Dardanela.

Randai ini dimainkan oleh pemain drama utama yang akan bertugas memberikan cerita, pemain drama utama ini sanggup berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih tergantung dari kisah yang dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemain drama utama dilingkari oleh anggota-anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlansungnya program tersebut

Definisi Randai

Pengertian Randai yaitu salah satu permainan tradisional di Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran, kemudian melangkahkan kaki secara perlahan, sambil memberikan kisah dalam bentuk nyanyian secara berganti-gantian. Randai menggabungkan seni lagu, musik, tari, drama dan silat menjadi satu.

Randai dipimpin oleh satu orang yang biasa disebut tukang goreh, yang mana selain ikut serta bergerak dalam bulat legaran ia juga mempunyai kiprah yang sangat penting lainya yaitu mengeluarkan teriakan khas contohnya hep tah tih untuk menentuak cepat atau lambatnya tempo gerakan dalam tiap gerakan. Tujuannya biar Randai yang dimainkan terlihat rempak dan menarik serta indah dimata penonton Randai tersebut. Biasanya dalam satu group Randai mempunyai tukang goreh lebih dari satu, yang tujuannya untuk mengantisipasi jikalau tukang goreh utama kelelahan atau kemungkinan jelek lainnya, alasannya untuk merampungkan satu kisah Randai saja sanggup menghabiskan 1 hingga 5 jam bahkan lebih.

Cerita randai biasanya diambil dari kenyataan hidup yang ada di tengah masyarakat. Fungsi Randai sendiri yaitu sebagai seni pertunjukan hiburan yang didalamnya juga disampaikan pesan dan nasihat. Semua gerakan randai dituntun oleh arahan salah seorang di antaranya, yang disebut dengan janang

Keberadaan Randai di Minangkabau sebagai bentuk pengomunikasian sastra kawasan kepada masyarakat sanggup dijadikan sebuah gagasan untuk melestarikan budaya Indonesia. Perkembangan zaman yang semakin mengarah kepada globalisasi yang kompleks, kekhawatiran kehilangan kebudayaan telah menuntut gagasan kreatif hadir sebagai upaya menjaga kebudayaan Indonesia. Oleh alasannya itu, gagasan ini bertujuan memanfaatkan konsep Randai di Minangkabau sebagai bentuk komunikasi sastra kawasan dengan memanfaatkan seni kerakyatan dan budaya daerah.

Sumber refernesi
https://id.wikipedia.org/wiki/Randai

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Randai Serta Sejarahnya"

Post a Comment