Definisi Dan Pengertian Eksplorasi Serta Tujuannya

Pengertian Eksplorasi Serta Tujuannya. Apa itu Eksplorasi ....? eksplorasi merupakan kata yang sudah tidak aneh lagi bagi acara pertambangan dan memiliki kaitan yang sangat erat. Eksplorasi merupakan suatu bentuk acara penggalian info atau kumpulan data-data yang dilakukan dengan tujuan mengumpulkan beberapa data maupun info yang nantinya akan diteliti dan diinformasikan kepada pihak yang membutuhkan. Berikut yaitu klarifikasi seputar pengertian Eksplorasi berdasarkan para jago dan tujuan Eksploras.

Definisi Eksplorasi

Menurut bates dan jackso (1980) Eksplorasi yaitu pencarian mineral berharga atau materi bakar fosil. Kegiatan ini mencakup penyelidikan geologi ibarat penginderaan jauh, geologi foto, geofisika, geokimia, serta penyelidikan dipermukaan dan bawah tanah.

Dikutip dari wikipedia Eksplorasi, disebut juga penjelajahan atau pencarian, yaitu tindakan mencari atau melaksanakan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu; contohnya tempat tak dikenal, termasuk antariksa (penjelajahan angkasa), minyak bumi (eksplorasi minyak bumi), gas alam, batubara, mineral, gua, air, ataupun informasi.

Pengertian eksplorasi di "Abad Informasi dan Spiritual" ketika ini, juga mencakup tindakan pencarian akan pengetahuan yang tidak umum atau pencarian akan pengertian metafisika-spiritual; contohnya perihal kesadaran (consciousness), cyberspace atau noosphere.

Istilah ini sanggup dipakai pula untuk menandakan masuknya budaya suatu masyarakat untuk pertama kalinya ke dalam lingkungan geografis atau budaya dari masyarakat lainnya. Meskipun eksplorasi telah terjadi semenjak awal keberadaan manusia, acara eksplorasi dianggap mencapai puncaknya pada ketika terjadinya Abad Penjelajahan, yaitu ketika para pelaut Eropa menjelajah ke seluruh penjuru dunia untuk menemukan banyak sekali tempat dan budaya baru.

Dalam konteks riset ilmiah, eksplorasi yaitu salah satu dari tiga bentuk tujuan riset, sedangkan tujuan lainnya ialah penggambaran (deskripsi) dan klarifikasi (eksplanasi). Dalam hal ini, eksplorasi yaitu perjuangan untuk membentuk pengertian umum dan awal terhadap suatu fenomena.

Menurut Koesoemadinata, 2000. Pengertian Eksplorasi yaitu merupakan acara teknis ilmiah untuk mencari tahu suatu area, daerah, keadaaan, ruang yang sebelumnya tidak diketahui keberadaan akan isinya.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2001 perihal Minyak dan Gas Bumi, menjelaskan bahwa eksplorasi yaitu acara yang bertujuan memperoleh info mengenai kondisi geologi untuk menemukan dan memperoleh asumsi cadangan minyak dan gas bumi di wilayah kerja yang ditentukan.

Eksplorasi Menurut Kamus Bahasa Indonesia
  1. Penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan perihal keadaan, terutama melalui sumber-sumber alam yang terdapat di tempat itu; penyelidikan; penjajakan
  2. kegiatan untuk memperoleh pengalaman gres dari situasi yang gres
  3. Penyelidikan; terhadap suatu problem dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak mengenai problem tersebut.

Tujuan Eksplorasi

  1. Mencari / menemukan jenis pemineralan
  2. Mendapatkan citra sebaran materi galian berharga
  3. Mendelinasi sebaran dan kemenerusan secara lateral
  4. Mendapatkan citra bentuk dan dimensi badan bijih
  5. Mengestimasi kuantitas dan kualitas bijih/bahan galian
  6. Mengestimasi nilai ekonomi/cadangan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Eksplorasi Serta Tujuannya"

Post a Comment