Definisi Dan Pengertian Metamorfosis Serta Jenisnya

Pengertian Metamorfosis Serta Jenisnya. Metamorfosis berasal dari bahasa Yunani yaitu Greek = meta (diantara, sekitar, setelah), morphe (bentuk), osis (bagian dari), jadi metamorphosis merupakan perubahan bentuk selama perkembangan postembrionik. Hewan yang mengalami metamorphosis cukup banyak, diantaranya yakni Katak, Kupu-kupu dan serangga (Lianaindonesia, 2008). Berikut yakni klarifikasi seputar pengertian metamorfosis serta jenis-jenis metamorfosis.

 Metamorfosis berasal dari bahasa Yunani yaitu Greek  Definisi dan Pengertian Metamorfosis Serta Jenisnya


Definisi Metamorfosis

Pengertian Metamorfosis secara sederhana yakni sebagai proses biologis yang menandai perkembangan pada binatang dimana proses tersebut melibatkan perubahan penampilan secara fisik maupun struktur organ sesudah fase kelahiran ataupun penetasan. Perubahan yang terlihat pada proses metamorphosis binatang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel juga differensiasi sel tersebut dengan cara yang radikal dan dinamik.

Seperti dikutip oleh Wikipedia Metamorfosis yakni merupakan suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur sesudah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi tanggapan pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda. Beberapa serangga, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata mengalami proses metamorfosis, yang biasanya (tapi tidak selalu) disertai perubahan habitat atau kelakuan.

Metamorfosis biasanya terjadi pada fase berbeda-beda, dimulai dari larva atau nimfa, kadang melewati fase pupa, dan berakhir sebagai spesies dewasa. Ada dua macam metamorphosis utama pada serangga, hemimetabolisme dan holometabolisme (Kathy, 2008).

Jenis-Jenis Metamorfisis

  1. Metamorphosis tidak tepat merupakan Hemimetabolisme. Fase spesies yang belum cukup umur pada metamorphosis biasanya disebut larva. Tapi pada metamorphosis kompleks pada kebanyakan spesies serangga, hanya fase pertama yang disebut larva dan terkadang mempunyai nama yang berbeda. Pada hemimetabolisme, perkembangan larva berlangsung pada fase pertumbuhan berulang dan ekdisis (pergantian kulit), fase ini disebut instar. Kaprikornus Metamorfosis tidak tepat merupakan metamorphosis yang melewati 2 tahapan yaitu dari telur menjadi nimfa kemudian menjadi binatang dewasa. Biasanya metamorphosis ini terjadi pada serangga menyerupai capung, belalang, jangkrik.
  2. Metamorphosis tepat merupakan Holometabolisme. Pada holometabolisme, larva sangat berbeda dengan dewasanya. Serangga yang melaksanakan holometabolisme melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut pupa, atau chrysalis, dan jadinya menjadi dewasa. Kaprikornus Metamorfosis tepat merupakan metamorphosis yang melewati tahapan-tahapan mulai dari telur-larva-pupa-imago (dewasa). Contoh metamorphosis tepat terjadi pada katak dan kupu-kupu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Metamorfosis Serta Jenisnya"

Post a Comment