Definisi Dan Pembelajaran

Pembelajaran. Pembelajaran merupakan suatu perjuangan sadar untuk membuat penerima didik berguru atau suatu acara untuk membelajarkan penerima didik. Dengan kata lain, pembelajaran merupakan upaya membuat kondisi biar terjadi acara belajar.

 Pembelajaran merupakan suatu perjuangan sadar untuk membuat penerima didik berguru atau suatu k Definisi dan  Pembelajaran
Pembelajaran

Pengertian Pembelajaran

  1. Menurut Nana Sudjana pembelajaran merupakan proses interaksi berguru mengajar antara siswa dan guru yang diarahkan kepada tujuan supaya siswa sanggup mencapai kompetensi sesuai yang diharapkan.
  2. Menurut Oemar Hamalik (2003:54) pembelajaran yakni suatu kombinasi yang tersusun mencakup unsur-unsur manusiawi, fasilitas, perlengkapan dan mekanisme yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.
  3. Menurut Dimyati dan Mudjiono (1994: 284) pengertian pembelajaran yakni acara guru secara terprogram dalam desain instruksional yang mencakup materi, alat, metode dan sebagainya untuk membuat siswa aktif dalam mencapai tujuan peningkatan tujuan belajar.

Berdasarkan beberapa pendapat wacana pembelajaran di atas sanggup disimpulkan bahwa pembelajaran yakni suatu acara berguru mengajar yang terencana, melibatkan interaksi antara guru dan siswa yang didukung oleh materi, alat, media, dan penilaian untuk memperlihatkan pemberian atau kemudahan dalam proses berguru mengajar sanggup mencapai tujuan yang diharapkan.

Kriteria materi pembelajaran

  1. Materi/bahan pengajaran harus relevan terhadap tujuan instruksional yang harus dicapai.
  2. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan taraf kesulitan dan kemampuan siswa dalam mendapatkan dan mengelola materi itu.
  3. Materi/bahan pengajaran sanggup menunjang motivasi siswa, antara lain alasannya yakni relevan dengan pengalaman hidup seharihari siswa.
  4. Materi/bahan pengajaran membantu mengaktifkan pikiran  dan acara siswa.
  5. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan mekanisme pengajaran yag ditentukan.
  6. Materi/bahan pengajaran harus sesuai dengan media pelajaran yang disediakan.
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pembelajaran"

Post a Comment