Definisi Dan Istilah-Istilah Yang Berkaitan Dengan Data Warehouse

Berikut Adalah Istilah-istilah yang berkaitan dengan data warehouse:
Data Mart, Adalah suatu bab pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bab atau operasi pada suatu perusahaan.
  1. On-Line Analytical Processing(OLAP), Merupakan suatu pemrosesan database yang memakai tabel fakta dan dimensi untuk sanggup menampilkan banyak sekali macam bentuk laporan, analisis, query dari data yang berukuran besar.
  2. On-Line Transaction Processing(OLTP), Merupakan suatu pemrosesan yang menyimpan data mengenai aktivitas operasional transaksi sehari-hari.
  3. Dimension Table, Tabel yang berisikan kategori dengan ringkasan data detail yang sanggup dilaporkan. Seperti laporan keuntungan pada tabel fakta  sanggup dilaporkan sebagai dimensi waktu(yang berupa perbulan, perkwartal dan pertahun).
  4. Fact Table, Merupakan tabel yang umumnya mengandung angka dan data history dimana key (kunci) yang dihasilkan sangat unik, alasannya key tersebut terdiri dari foreign key(kunci asing) yang merupakan primary key (kunci utama) dari beberapa dimension table yang berhubungan.
  5. DSS, Merupakan sistem yang menyediakan berita kepada pengguna yang menjelaskan bagaimana sistem ini sanggup menganalisa situasi dan mendukung suatu keputusan yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Istilah-Istilah Yang Berkaitan Dengan Data Warehouse"

Post a Comment