Definisi Dan Facebook

Sejarah Fecebook Mark Zuckerberg membuat Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 dikala berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini ibarat dengan Hot or Not, dan memakai "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna menentukan yang mana yang paling seksi".

Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke pecahan jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak mempunyai "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini pribadi diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh manajemen Harvard. Zuckerberg dieksekusi sebab menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, sanksi tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut kepada sobat sekelasnya, dan mereka mulai saling membuatkan catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis isyarat untuk situs web gres pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson ihwal kejadian Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.

Enam hari sesudah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka biar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial berjulukan HarvardConnection.com, sementara ia memakai ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan aturan terhadap Zuckerberg yang kesannya diselesaikan.

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale.  Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada isu terkini panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan sentra operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini mendapatkan investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[29] Perusahaan ini menghapus The dari namanya sesudah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan seruan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memperlihatkan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini mencakup hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor sentra internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook menyampaikan bahwa mereka mengalami arus kas aktual untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, berdasarkan SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS sesudah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil sesudah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.  Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini setiap hari atas banyak sekali macam alasan, termasuk spam, konten tidak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai pecahan dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook ialah situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.

Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 ($1 tahun 2014) miliar. Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan umum gres terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan mengakibatkan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor gres dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari sesudah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, sesudah klaim bahwa asumsi pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.

Pengertian Facebook
Facebook ialah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook mempunyai lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya memakai telepon genggam.  Pengguna harus mendaftar sebelum sanggup memakai situs ini. Setelah itu, pengguna sanggup membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis dikala mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna sanggup bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan daerah kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar ibarat "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama sobat sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan kesannya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, berdasarkan survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang mempunyai akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak dipakai berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" selesai dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu sobat kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook mempunyai 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat mempunyai akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.

Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak manajemen universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Fungsi Facebook sebagai Media Pembelajaran
Menurut Hengky Alexander Mangkulo (2010: 49), sebelum memakai Facebook sebagai media yang akan dipakai menjadi sarana penunjang proses berguru mengajar, terlebih dahulu dibentuk sebuah desain fungsi yang sanggup diaplikasikan pada sistem pembelajaran online
yaitu sebagai berikut

Fungsi untuk penyampaian bahan pelajaran
Banyak cara yang ditawarkan Facebook untuk memberikan bahan yang berafiliasi dengan suatu pokok bahasan dari sebuah mata pelajaran, beberapa cara tersebut ialah dengan share link/photo/video, membuat status yang relevan dengan pokok bahasan materi, dan membuat resume pokok bahasan bahan dengan fitur noteatau docs pada group.

Fungsi untuk jadwal pelajaran dan ujian
Guru sanggup membuat jadwal pelajaran dan jadwal ujian atau penilaian secara online dengan memakai Facebook . Dengan adanya fungsi ini, siswa sanggup melihat jadwal kapan saja dan dimana saja. Pembuatan jadwal tersebut dengan cara memakai aplikasi jadwal yang bergambar kalender yang ada pada akun Facebook.

Fungsi untuk melaksanakan diskusi
Facebook sanggup dilakukan sebagai sarana untuk melaksanakan diskusi baik antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa. Dalam diskusi tersebut sanggup dibahas banyak sekali topik yang berafiliasi dengan bahan mata pelajaran yang dibahas di sekolah. Dengan adanya Facebook , diskusi bahan pelajaran sanggup dilakukan dimana saja dan kapan saja. Menurut Linta ng Patria dan Kristianus Yulianto (2010: 10), interaksi (diskusi) pada Facebook sanggup dilakukan dengan cara-cara berikut:
  1. Asynchronous (pengajar dan pembelajar tidak berada dalam waktu yang bersamaan) Melalui fitur message dan Melalui fitur comment
  2. Synchronous (pengajar dan pembelajar berada dalam waktu yang bersamaan) Interaksi ini dilakukan melalui fitur chatting yang ada pada Facebook. Dengan begitu, baik guru maupun siswa sanggup dengan gampang berdiskusi maupun bertukar informasi.

Fitur Facebook sebagai Media Pembelajaran
Banyak fitur yang ditawarkan Facebook sebagai layanan yang sanggup dipakai oleh user dalam rangka memudahkan interaksi. Jika ditelaah lebih dalam, beberapa diantaranya sanggup di manfaatkan sebagai media pembelajaran. Disadur dari penelitian Lintang Patria dan Kristianus Yulianto (2010: 10), fitur-fitur tersebut adalah:
  1. Fitur Group Layanan situs jejaring sosial Facebook dalam bentuk fitur group ini memudahkan dalam mengelompokkan sebuah kelas atau mata pelajaran tertentu. Kelompok yang sudah ada dalam satu group sanggup dengan gampang berdiskusi sebab kesamaan tujuan. Selain itu, dengan adanya fitur group , memudahkan dalam hal koordinasi, dan bertukar informasi mengenai pelajaran.
  2. Fitur update status dan comment wall-to-wall Fitur ini merupakan interaksi asynchronous, yaitu interaksi dua arah secara tidak pribadi dimana komunikasi ini akan terdokumentasi berdasar topik bahasan dan terurut secara waktu.
  3. Fitur note atau docs pada group Fitur ini sangat memudahkan guru dalam membuat dokumen gres pada Facebook, baik berupa resume mengenai bahan yang sedang dipelajari atau memberikan informasi dengan lebih terstruktur dan rapi tanpa perlu membuka link baru.
  4. Fitur share link/photo/video Tujuan dari fitur ini ialah memudahkan user dalam membuatkan informasi. Guru sanggup dengan gampang membuatkan link/photo/video yang memuat content mengenai pelajaran yang diampunya. Hal ini memudahkan murid untuk mendapatkan sumber berguru yang terpercaya.
  5. Fitur Group Chatting Aktivitas yang dilakukan pada fitur ini merupakan interaksi dua arah secara pribadi atau yang disebut dengan synchronous yang terjadi pada sebuah group. Fitur ini merupakan layanan yang paling memudahkan proses diskusi maupun bertukar informasi dengan cepat sebab anggota group sanggup berinteraksi secara pribadi dengan sesama Anggota group tersebut yang sedang online

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Facebook"

Post a Comment