Definisi Dan Data Warehouse

Pengertian Data Warehouse sanggup majemuk namun memiliki inti yang sama, menyerupai pendapat beberapa hebat berikut ini :

Menurut W.H. Inmon dan Richard D.H., data warehouse yaitu koleksi data yang memiliki sifat berorientasi subjek,terintegrasi,time-variant, dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.

Menurut Vidette Poe, data warehouse merupakan database yang bersifat analisis dan read only yang dipakai sebagai fondasi dari sistem penunjang keputusan.

Menurut Paul Lane, data warehouse merupakan database relasional yang didesain lebih kepada query dan analisa dari pada proses transaksi, biasanya mengandung history data dari proses transaksi dan sanggup juga data dari sumber lainnya. Data warehouse memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi dan memungkinkan organisasi menggabung/konsolidasi data dari banyak sekali macam sumber.

Jadi, data warehouse merupakan metode dalam perancangan database, yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS (Executive Information System). Secara fisik data warehouse yaitu database, tapi perancangan data warehouse dan database sangat berbeda. Dalam perancangan database tradisional memakai normalisasi, sedangkan pada data warehouse normalisasi bukanlah cara yang terbaik.

Dari definisi-definisi yang dijelaskan tadi, sanggup disimpulkan data warehouse yaitu database yang saling bereaksi yang sanggup dipakai untuk query dan analisisis, bersifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant,tidak berubah yang dipakai untuk membantu para pengambil keputusan.

Anda Juga Dapat Membaca  Istilah-istilah yang berkaitan dengan data warehouse

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Data Warehouse"

Post a Comment