Definisi Dan Pengertian Dan Referensi Watak Normatif

Pengertian Dan Contoh Etika normatif. Merupakan Etika yang menetapkan banyak sekali sikap dan sikap yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh insan atau apa yang seharusnya dijalankan oleh insan dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Oleh sebab itu Etika Normatif merupakan norma-norma yang sanggup menuntun biar insan bertindak secara baik dan menghindarkan hal-hal yang buruk, sesuai dengan kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat.

Etika normatif tersebut tidak lagi menjelaskan wacana gejala-gejala, melainkan wacana apa yang bekerjsama harus merupakan tindakan kita. Dalam etika normatif, norma-norma dinilai, dan sikap insan ditentukan. Etika Normatif memberi evaluasi dan himbauan kepada insan untuk bertindak sebagaimana seharusnya menurut norma-norma. dan menghimbau insan untuk bertindak yang baik dan menghindari yang tindakan yang jelek.

Etika normatif yang berkaitan dengan persoalan moral merupakan topik  bahasan yang paling menarik. Penilaian baik dan buruk mengenai tindakan seseorang atau kelompok masyarakat tertentu dalam etika normatif selalu dikaitkan dengan norma  – norma yang sanggup menuntun insan untuk  bertindak secara baik dan menghindarkan hal hal yang buruk sesuai dengan kaidah dan norma yang disepakati dan yang berlaku di masyarakat.

Suatu tindakan atau perbuatan insan selalu memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Artinya ada arah dan target dari tindakan atas hidup yang dijalankan. Contoh dari Etika Normatif. ada etika yang bersifat individual menyerupai kejujuran,disiplin diri,mengerjakan tugas. Selain itu pola etika normative ialah etika dalam berbisnis.

Contoh penerapan etika normatif adalah,
  1. Kebiasaan memakai NARKOBA harus sanggup dihindari sebab sanggup merusak organ badan (menyiksa diri sendiri)
  2. Menolak kebiasaan pengguguran sebab termasuk tindakan menghilangkan nyawa orang lain dan menyiksa diri sendiri.
  3. Dilarang menghilangkan nyawa orang lain yang tidak bersalah 
  4. Kebiasaan minum minuman keras harus sanggup dihindari, sebab sanggup mengakibatkan hilangnya  kesadaran insan dan merusak organ tubuhnya.
  5. Menolak kebiasaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) sebab sanggup merugikan orang lain.
  6. Kebiasaan prostitusi, harus sanggup dihindari, sebab bertentangan dengan martabat manusia.

Etika normatif tidak menggambarkan, tetapi memilih benar tidaknya suatu perbuatan. Etika normatif bertujuan merumuskan prinsip-prinsip etis yang sanggup dipertanggungjawabkan secara rasional dan sanggup dipergunakan dalam praktek.

Dikutip Dari Berbagai Sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Dan Referensi Watak Normatif"

Post a Comment