Contoh Pengertian Perubahan Kebudayaan

( 4 halaman )




Pengertian Perubahan Kebudayaan


Pengertian perubahan kebudayaan adalah  suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi lantaran ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak harmonis fungsinya bagi kehidupan.
Contoh :
þ   Masuknya prosedur pertanian menjadikan hilangnya beberapa jenis teknik pertanian tradisional menyerupai teknik menumbuk padi dilesung diganti oleh teknik “Huller” di pabrik penggilingan padi. Peranan buruh tani sebagai penumbuk padi jadi kehilangan pekerjaan.
Semua terjadi lantaran adanya salah satu atau beberapa unsur budaya yang tidak berfungsi lagi, sehingga menimbulkan gangguan keseimbangan didalam masyarakat. Perubahan dalam kebudayaan meliputi semua penggalan yaitu : kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi dan filsafat bahkan perubahan dalam bentuk juga aturan-aturan organisasi social. Perubahan kebudayaan akan berjalan terus-menerus tergantung dari dinamika masyarakatnya.

Ada faktor-faktor yang mendorong dan menghambat perubahan kebudayaan yaitu:

a.            Mendorong perubahan kebudayaan
þ  Adanya unsur-unsur kebudayaan yang mempunyai potensi gampang berubah, terutama unsur-unsur teknologi dan ekonomi ( kebudayaan  material).
þ  Adanya individu-individu yang gampang mendapatkan unsure-unsur perubahan kebudayaan, terutama generasi muda.
þ  Adanya faktor penyesuaian dengan lingkungan alam yang gampang berubah.





  1. Menghambat perubahan kebudayaan
þ  Adanya unsur-unsur kebudayaan yang mempunyai potensi sukar berubah   
      seperti :adat istiadat dan kepercayaan agama ( kebudayaan non material)
þ  Adanya individu-individu yang sukar mendapatkan unsure-unsur perubahan terutama generasi tu yang kolot.

v  Ada juga  faktor-faktor yang menimbulkan terjadinya perubahan kebudayaan :
1.       Faktor intern
·                                                                                Perubahan Demografis
Perubahan demografis disuatu kawasan biasanya cenderung terus bertambah, akan menjadikan terjadinya perubahan diberbagai sektor kehidupan, c/o: bidang perekonomian, pertambahan penduduk akan menghipnotis persedian kebutuhan pangan, sandang, dan papan.
·         Konflik social
Konflik social sanggup menghipnotis terjadinya perubahan kebudayaan dalam suatu masyarakat. c/o: konflik kepentingan antara kaum pendatang dengan penduduk setempat didaerah transmigrasi, untuk mengatasinya pemerintah mengikutsertakan penduduk setempat dalam kegiatan pembangunan tolong-menolong para transmigran.
·         Bencana alam
Bencana alam yang menimpa masyarakat sanggup mempngaruhi perubahan c/o; tragedi banjir, longsor, letusan gunung berapi masyarkat akan dievakuasi dan dipindahkan ketempat yang baru, disanalah mereka harus mengikuti keadaan dengan kondisi lingkungan dan budaya setempat sehingga terjadi proses asimilasi maupun akulturasi.
·                                 Perubahan lingkungan alam
Perubahan lingkungan ada beberapa faktor contohnya pendangkalan muara sungai yang membentuk delta, rusaknya hutan lantaran pengikisan atau perubahan iklim sehingga membentuk tegalan. Perubahan demikian sanggup mengubah kebudayaan hal ini disebabkan lantaran kebudayaan mempunyai daya penyesuaian dengan lingkungan setempat.

2.    Faktor ekstern

·         Perdagangan
      Indonesia terletak pada jalur perdagangan Asia Timur denga India, Timur Tengah bahkan Eropa Barat. Itulah sebabnya Indonesia sebagai persinggahan pedagang-pedagang besar selain berdagang mereka juga memperkenalkan budaya mereka pada masyarakat setempat sehingga terjadilah perubahan budaya dengan percampuran budaya yang ada.
·                                 Penyebaran agama
Masuknya unsur-unsur agama Hindhu dari India atau budaya Arab bersamaan proses penyebaran agama Hindhu dan Islam ke Indonesia demikian pula masuknya unsur-unsur budaya barat melalui proses penyebaran agama Katolik dan kolonialisme.
·                                 Peperangan
Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia umumnya menimbulkan perlawanan keras dalam bentuk peperangan, dalam suasana tersebut ikut masuk pula unsure-unsur budaya bangsa asing ke Indonesia.













                                                KESIMPULAN

Semua perubahan yang terjadi banyak berakibat dari kebudayaan yang tiba silih berganti dari setiap Negara yang menghampiri Indonesia dengan banyak sekali alasan menyerupai hanya ingin berdagang, berlibur, atau hanya sebagai transit saja. Adanya tugas pemerintah untuk membatasi atau menyaring budaya yang masuk selain itu tugas pendidikan yang memupuk rasa nationalisme dan menjaga culture bangsa yang telah turun menurun. Selain itu tugas keluarga yang membentuk suatu huruf anak semoga tetap mempunyai nilai-nilai norma budaya yang masih kental walaupun sudah banyak dipengaruhi oleh budaya luar yang bertolak belakang dengan budaya ke Timuran. Semua kembali pada kesadaran individu serta lingkungan sekitarnya.
Saran kepada Pemerintah diadakannya kesenian-kesenian kawasan menyerupai tari sebagai pelajaran wajib disekolah selain itu diadakan lomba music pop atau R&B bercampur musik traditionalnya. Sehingga sanggup memicu kreatifitas anak dalam berkarya selain itu memupuk kecintaan anak terhadap Negara dan bangsanya yang kaya akan  budayanya.  Sehingga para cukup umur atau anak muda tidak merasa kuno atau asing mendengar musik traditional justru semakin kaya lagi dengan bercampur musik traditional. Ditanamkan pada anak untuk menyayangi product dalam negeri serta menciptakan suatu karya hasil tangan yang diproduksi dari materi alami yang ada di Indonesia. Banyak menciptakan kegiatan lomba-lomba designer kebaya modern sehingga cukup umur tidak lagi terkesan kuno akan dengan pakaian khas bangsanya sendiri jusru dengan menggunakan kebaya gembira akan negaranya sendiri. Selain itu pemerintah menawarkan penghargaan bagi belum dewasa yang berprestasi dalam segala bidang terutama yang berhasil membawa nama Indonesia dihadapan Dunia, lantaran akan memicu semangat para penerus bangsa untuk berjuang demi negaranya serta merasa lebih merasa dihargai oleh Negara dan pemerintah.







 TERIMAKASIH .............SEMOGA BERMANFAAT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pengertian Perubahan Kebudayaan"

Post a Comment