Kurikulum merupakan bab dari suatu proses pendidikan. Secara sederhana, kurikulum sanggup dimengerti sebagai salah satu kumpulan atau daftar pelajaran yang akan dianjurkan kepada penerima didik. Karena itu pendidikan tanpa kurikulum akan terlihat tidak teratur.
Kurikulum merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, dan sekaligus dipakai sebagai pedoman dalam pelaksanaan acara mencar ilmu mengajar pada aneka macam jenis dan tingkatan sekolah. Kurikulum menjadi dasar dan sudut pandang hidup suatu bangsa, akan diarahkan kemana dan bagaimana bentuk kehidupan bangsa ini di masa depan, semua itu ditentukan dan digambarkan dalam suatu kurikulum pendidikan. Warna dan ciri khas tiap kurikulum menandakan kurikulum berusaha menghadirkan sosok penerima didik yang paling pas dengan zamanya.
Kurikulum harus dinamis dan terus berkembang untuk menyesuaikan aneka macam perkembangan yang terjadi pada masyarakat dan harus menetapkan karenanya sesuai dengan yang diharapkan. Perubahan kurikulum dari waktu ke waktu bukan tanpa alasan dan landasan yang tidak jelas, lantaran perubahan ini dilandasi oleh cita-cita untuk terus memperbaiki, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional.
Sudah menjadi umum bahwa kemakmuran suatu bangsa berkaitan dekat dengan kualitas atau mutu pendidikan bangsa yang bersangkutan. Peningkatan mutu pendidikan melalui standarisasi dan profesionalisasi yang sedang dilakuakan, menuntut pemahaman terhadap perubahan yang terjadi dalam aneka macam komponen sistem pendidikan. Namun demikian, aneka macam indikator mutu pendidikan belum menandakan peningkatan yang berarti.
A. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian kurikulum ?
2. Apa tugas kurikulum dalam sistem pendidikan ?
3. Bagaimana peningkatan mutu kurikulum SD ?
BAB II
PEMBAHASAAN
A. Pengertian Kurikulum
Istilah kurikulum pertama kali muncul dikamus Wesber tahun 1856. Istilah kurikulum dipakai pertama kali pada dunia olahraga. Secara etimologis berasal dari bahasa yunani yaitu curriculum dari asal kata curir yang artinya pelari dan curere yang artinya daerah berpacu. Makara istilah kurikulum itu mengandung pengertian suatu jarak yang harus di tempuh oleh pelari dari garis start hingga finish.
Selanjutnya istilah kurikulum dipakai dalam dunia pendidikan. Para jago pendidikan mempunyai penafsiran yang berbeda ihwal kurikulum. Namun demikian, dalam penafsiran yang berbeda itu, ada juga kesamaannya. Kesamaan tersebut adalah, bahwa kurikulum berafiliasi dekat dengan perjuangan menyebarkan penerima didik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Kurikulum dalam pendidikan islam dikenal dengan kata-kata “Manhaj” yang berarti jalan yang terang dilalui oleh pendidik bersama anak didiknya untuk menyebarkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku penerima didik.
Secara terminologi, istilah kurikulum dalam dunia pendidikan ialah sejumlah pengetahuan atau kemampuan yang harus ditempuh atau diselesaikan siswa guna mencapai tingkatan tertentu secara formal dan sanggup dipertanggung jawabkan.
Dalam pengertian yang sempit, kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan ihwal isi dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiataan mencar ilmu mengajar di sekolah.
Dalam pengertian yang lebih luas, kurikulum merupakan segala acara yang telah dirancang oleh forum pendidikan untuk di sajikan kepada penerima didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
0 Response to "Contoh Makalah Identifikasi Teks Anekdot"
Post a Comment