Definisi Dan Pengertian Transaksi Serta Jenis Dan Alat Transaksi

Pengertian Transaksi serta jenis dan Alat Transaksi. Sering kali kita mendengar kata transaksi dalam kehidupan sehari-hari akan tetapi belum kita pahami apa itu transaksi. Nah Berikut yakni klarifikasi seputar pengertian transaksi, Jenis Transaksi Dalam Perekonomian serta Alat Transaksi.

Pengertian Transaksi serta jenis dan Alat Transaksi Definisi dan Pengertian Transaksi serta jenis dan Alat Transaksi


Definisi Transaksi

Transaksi yakni Transfer/perpindahan barang dari satu tahap ke tahap lain melalui teknologi yang terpisah. Satu tahapan final dan tahap berikutnya dimulai (Williamson,1985).

Transaksi Merupakan Perpindahan barang, jasa, informasi, pengetahuan dll, dari satu kawasan (komunitas) ke kawasan (komunitas) lain atau pemindahan barang dari produsen ke konsumen, atau pemindahan barang dari satu individu ke individu yang lain (Furubotn dan Richter, 2000). Transaksi fisik/delivery (Transaksi ekonomi/economic trasaction)

Transaksi yakni suatu aktifitas perusahaan yang menimbulkan perubahan terhadap posisi harta keuangan perusahaan, contohnya ibarat menjual, membeli, membayar gaji, serta membayar banyak sekali macam biaya yang lainnya.

Secara Umum Transaksi yakni merupakan suatu kegiatan yang diakukan seseorang yang menimbulkan perubahan terhadap harta atau keuangan yang dipunyai baik itu bertambah ataupun berkurang. Misalnya menjual harta, membeli barang, membayar hutang, serta membayar banyak sekali macam biaya untuk memenuhi sebuah kebutuhan hidup.

Menurut Azhar Susanto (2013:8) Transaksi yakni kejadian terjadinya acara bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

Menurut Mursyidi (2010:39), Transaksi yakni kejadian yang terjadi dalam dunia bisnis tidak hanya jual beli pembayaran dan penerimaan uang namun juga akhir adanya kehilangan kebakaran, arus dan juga kejadian lain yang sanggup dinilai dengan uang.

Menurut Skousen (2009:71) Transaksi yakni pertukaran barang dan jasa (baik individu, perusahaan-perusahaan dan organisasi lain) kejadian lain yang mempunyai dampak ekonomi atas bisnis.

Jenis Transaksi Dalam Perekonomian

  1. Transaksi Tunai. Transaksi tunai merupakan transaksi yang memakai alat transaksi berupa uang kartal (uang kertas dan logam). Bank Indonesia sebagai bank sentral mempunyai hak tunggal untuk mengeluarkan uang kartal yang memfasilitasi transaksi tunai masyarakat.
  2. Transaksi Non Tunai. Transaksi non tunai merupakan perwujudan dari sistem Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang dilayani oleh sistem perbankan. Dunia perbankan secara tidak eksklusif membuat penemuan teknologi gres dalam sistem pembayaran. Indonesia menyambut baik kehadiran sistem pembayaran gres yang dibutuhkan sanggup memperlihatkan kemudahan dalam bertransaksi. Hal ini terlihat dari banyaknya kemudahan sistem transaksi non tunai yang dikeluarkan oleh pihak bank.

Alat Transaksi

  1. Alat transaksi tunai berupa uang berbentuk kertas dan logam (uang kartal). Hingga dikala ini uang kartal paling sering dipakai khususnya untuk transaksi bernilai kecil.
  2. Alat Transaksi Non Tunai (Uang Elektronik). Uang elektronik (electronic money) merupakan perwujudan atas system perbankan modern yang memakai system Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Transaksi Serta Jenis Dan Alat Transaksi"

Post a Comment