Definisi Dan Pengertian Beban Kerja Serta Jenis Dan Faktornya

Pengertian Beban Kerja Serta Jenis Dan Faktornya. Beban kerja merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh setiap organisasi, alasannya beban kerja yaitu salah satu faktor yang menghipnotis kinerja karyawan. Apa yang dimaksud dengan Kerja. Berikut yaitu klarifikasi seputar pengertian beban kerja, Jenis Beban Kerja Dan Faktor Beban Kerja.

Pengertian Beban Kerja Serta Jenis Dan Faktornya Definisi dan Pengertian Beban Kerja Serta Jenis Dan Faktornya


Definisi Beban Kerja

Menurut UU Kesehatan No.36 tahun 2009, pengertian beban kerja yaitu besaran pekerjaan yang harus dipikul oleh suatu jabatan/unit organisasi dan merupakan hasil kali antara jumlah pekerjaan dengan waktu. Setiap pekerja sanggup bekerja secara sehat tanpa membahayakan dirinya sendiri maupun masyarakat di sekelilingnya, untuk itu perlu dilakukan upaya penyerasian antara kapasitas kerja, beban kerja dan lingkungan kerja biar diperoleh produktivitas kerja yang optimal.

Menurut Webster beban kerja sebagai jumlah pekerjaan atau waktu bekerja yang dibutuhkan kepada pekerja dan total jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan oleh suatu departemen atau kelompok pekerja dalam suatu periode waktu tertentu.

Menurut Menpan (1997), pengertian beban kerja yaitu sekumpulan atau sejumlah acara yang harus diselesaikan oleh suatu unit organisasi atau pemegang jabatan dalam jangka waktu tertentu. Pengukuran beban kerja diartikan sebagai suatu teknik untuk mendapat gosip wacana efisiensi dan efektivitas kerja suatu unit organisasi, atau pemegang jabatan yang dilakukan secara sistematis dengan memakai teknik analisis jabatan, teknik analisis beban kerja atau teknik administrasi lainnya.

Secara Umum Beban kerja yaitu beban layak pekerjaan yang hiperbola yang dibedakan menjadi dua beban layak, yaitu beban layak kuantitatif dan beban layak kualitatif. Beban layak kuantitatif yaitu beban yang terlalu banyak untuk dikerjakan atau tidak cukup waktu untuk menuntaskan suatu pekerjaan sedangkan beban layak kualitatif yaitu individu merasa kurang mempunyai kemampuan menuntaskan suatu pekerjaan alasannya standar yang terlalu tinggi (Suwanto, 2010).

Menurut PERMENDAGRI no.12/2008 ; “Beban kerja yaitu besaran pekerjaan yang harus dipikul oleh suatu jabatan atau unit organisasi dan merupakan hasil kali antara volume kerja dan norma waktu”.

Jenis Beban Kerja

  1. Beban berlebih kuantitatif Beban berlebih secara fisik ataupun mental, yaitu individu harus melaksanakan terlalu banyak hal dalam pekerjaanya dan sanggup memungkinkan menjadi sumber stres pekerjaan. Unsur lain yang menimbulkan beban berlebih kuantitatif ini yaitu desakan waktu. Pada ketika atau kondisi tertentu waktu simpulan (dead line) sanggup menjadi stimulus untuk menghasilkan prestasi kerja yang baik,, namun jika tekanan waktu tersebut menimbulkan banyak kesalahan dalam pekerjaan atau menimbulkan gangguan kesehatan pada individu maka ini mencerminkan adanya beban kerja berlebih kuantitatif.
  2. Beban berlebih kualitatif. Beban kerja kualitatif yaitu pada individu akhir tuntutan pekerjaan yang lebih tinggi dari batas kemampuan kognitif dan teknis individu. Pada batasan tertentu, beban kerja tersebut menimbulkan pekerjaan menjadi tidak produktif dan menjadi destruktif bagi individu pekerja. Bila berkelanjutan akan timbul kelelahan mental dan sanggup tampil dalam bentuk reaksi emosional dan psikomotor secara patologis.

Faktor Beban kerja

  1. Faktor eksternal, yaitu beban yang berasal dari luar badan pekerja, seperti; Tugas-tugas yang bersifat fisik, menyerupai stasiun kerja, tata ruang, daerah kerja, alat dan sarana kerja, kondisi kerja, perilaku kerja, dan tugas-tugas yang bersifat psikologis, menyerupai kompleksitas pekerjaan, tingkat kesulitan, tanggung jawab pekerjaan. Organisasi kerja, menyerupai lamanya waktu bekerja, waktu istirahat, shift kerja, kerja malam, sistem pengupahan, model struktur organisasi, pelimpahan kiprah dan wewenang. Dan Lingkungan kerja yaitu lingkungan kerja fisik, lingkungan kimiawi, lingkungan kerja biologis dan lingkungan kerja psikologis.
  2. Faktor internal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam badan itu sendiri akhir dari reaksi beban kerja eksternal. Faktor internal mencakup faktor somatis (jenis kelamin, umur, ukuran tubuh, status gizi, dan kondisi kesehatan) dan faktor psikis (motivasi, persepsi, kepercayaan, harapan dan kepuasan).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Pengertian Beban Kerja Serta Jenis Dan Faktornya"

Post a Comment