Contoh Dan Klarifikasi Makalah Humas Pendidikan






HUMAS PENDIDIKAN


MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas dalam Mata Kuliah Manajemen Pendidikan
Dosen Pengampu


Oleh:
Kelompok 10 kelas H semester V




BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
            Peranan Humas (Hubungan Masyarakat) atau Public Relations sangat dibutuhkan oleh hampir semua bentuk organisasi atau lembaga, bersifat komersial maupun tidak komersial dan perusahaan industry, oranisasi sosial budaya hingga pemerintahan. secara garis besar  humas merupakan salah satu ujung tombak dari suatu organisasi. Bagi sebuah organisasi, Humas sangat diharapkan untuk menjalin komunikasi dengan para stakeholder ataupun untuk mengkomunikasikan visi, misi, tujuan, dan jadwal organisai kepada publik (Ruslan, 2005).
            Komunikasi sanggup diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi dari suatu sumber informasi kepada orang lain. Memberikan informasi kepada orang lain merupakan proses pemindahan pandangan gres penyampaian informasi sendiri maupun pandangan gres dari orang lain.[1]
            Menurut kedua pernyataan di atas sanggup dikatakan bahwa humas pendidkan penting adanya sebagai wadah penyampaian informasi dalam dunia pendidikan. Menjadikan pendidikan yang demokratis dan maju. Dalam makalah ini akan dibahas hal-hal seputar humas pendidikan.
B. RUMUSAN MASALAH
  1. Apa pengertian dari humas pendidikan ?
  2. Apa saja jenis-jenis humas pendidikan ?
  3. Apa fungsi dari humas pendidikan?










BAB II
PEMBAHASAN

A.     PENGERTIAN HUMAS PENDIDIKAN

Berikut ialah beberapa pengertian wacana Public Relations (Hubungan Masyarakat) berdasarkan para pakar, diantaranya:
 1. Wahjosumidjo Hubungan masyarakat ialah suatu proses pengembangan korelasi forum pendidikan dengan masyarakat yang bertujuan memungkinkan orang renta dan warga wilayah perpartipasi aktif dan penuh arti didalam acara pendidikan di sekolah.
2. Onong Uchjana Efendi Hubungan masyarakat ialah acara berencana untuk membuat membina dan memelihara perilaku budi yang menyenangkan bagi organisasi di satu pihak dan publik di pihak lain, untuk mencapainya yaitu dengan jalan komunikasi yang baik dan luas secara timbal balik.[2]
Menurut persatuan para andal dan praktisi public relations (HUMAS) yang menjadi satu dalam  Internasional Public Relations Assosiation (IPRA)  memberikan definisi kinerja public relations (Humas) ialah fungsi administrasi yang khas yang mendukung pelatihan dimana pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan penerangan dan balasan dalam hubunga dengan opini publik; menetapkan dan menekankan tanggung jawab administrasi untuk melayani kepentingan umum; menopang administrasi dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan yang dini dalam membantu kecenderungan dan melaksanakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama (Assumpta, 2001).[3]
      Humas harus bisa menghadapi segala perubahan dan ikut serta dalam menangani permasalah yang terjadi pada suatu perusahaa, termasuk pada forum pendidikan. Pada peusahaan humas harus bisa membangun image yang baik sehigga sebuah perusahaan mapu mendapat reputasi yang baik dari publiknya.
Dari aneka macam pendapat di atas sanggup dikatakan bahwa humas pendidikan pada umumnya disebut dengan istilah komunikasi pendidilan.     Karena dalam acara humas tidak sanggup dipisahkan dengan banyaknya komunikasi antara aneka macam pihak, baik di dalam sekolah maupun luar sekolah masyarakat pada umumnya.                                
B.     JENIS – JENIS HUMAS PENDIDIKAN

Humas pendidikan mencakup pembicaraan korelasi masyarakat luas yang pesannya berupa masalah-masalah pendidikan. Jadi, dalam acara humas tergakandung suatu komunikasi. Humas pendidikan bukan hanya terjadi pada di sekolah saja, akan tetapi sanggup menyangkut semua bentuk komunikasi wacana masalah pendidikan.
Namun dalam cuilan ini akan disebutkan jenis humas dalam lingkup sekolah saja, yaitu :
1.      Komunikasi internal, yaitu komunikasi yang terjadi di dalam sekolah yang meliputi:
a.       Antara kepala sekolah dengan guru
b.      Antar kepala sekolah dengan siswa
c.       Antara kepala sekolah dengan tata perjuangan
d.      Antara guru dengan guru
e.       Antara guru dengan siswa
f.       Antara guru dengan tata perjuangan
g.      Antar siswa dengan tata usaha
2.      Komunikasi eksternal, yaitu komunikasi yang terjadi antara sekolah dengan masyarakat  yakni antara orang renta atau wali siswa dan masyarakat pada umumnya.[4]

C.     FUNGSI HUMAS PENDIDIKAN

     Pentingnya humas pendidikan sanggup di terangkan sebagai berikut :
1.    Humas merupakan suatu acara yang sangat diharapkan dalam semua       pelaksanaan pekerjaan alasannya ialah mempunyai sarana untuk mengenalkan diri kepada masyarakat luas wacana apa yang sedang dan akan dikerjakan.
2.    Humas merupakan alat untuk mengembangkan gagasan kepada orang lain.
3.    Humas sanggup dipakai sebagai sarana untuk memperoleh proteksi yang    diperlukan dari orang atau tubuh lain.
4.    Humas mendorong perjuangan seseorang untuk atau suatu tubuh untuk membuka          diri supaya diberi masukan dengan kritik dan saran dari orang lain.
5.    Humas memenuhi keingintahuan insan dalam rangka memenuhi naluri    untuk selalu berkembang.[5]
Ada banyak fungsi dari humas pendidikan, disebutkan lain dalam artikel mas fadlul dikatan :
Pada kala global dimana segala sesuatunya sudah meningkat lebih cepat baik dalam masalah pendidikan maupun teknologi akan membuat perubahan-perubahan pada aspek kehidupan. Oleh alasannya ialah itu forum pendidkan juga harus bisa menyeimbangi perubahan tesebut. Pada kala global forum pendidikan juga harus berani menghadapi problem global yang mungkin timbul akhir adanya perubahan pada aspek kehidupan masyarakat, khusunya mengantisipasi opini negatif dari masyakarat. Untuk menghadapi problem global dan mengantisipasi opini negatif suatu forum pendidikan memerlikan humas sebagai fungsi manajemen. Fungsi humas pada forum pendidikan antara lain :
1.      Humas harus bisa menjadi perantara komunikasi dalam sebuah lebaga pendidikan, baik secara eksklusif (tatap muka) maupun secara tidak eksklusif (melalui media/pers).
2.      Menciptakan dan mendukung serta menunjang acara yang dilakukan untyk proses mempublikasikan forum pendidikan. Dalam hal ini humas berfungsi untuk memasarkan atau mempromosikan forum pendidikan.
3.      Menjaga korelasi baik dengan masyarakat atau pubik intern, serta membuat image positif pada forum pendidikannaya.  Menjaga korelasi baik denagn masyarakat dilakukan guna untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat.


























BAB III
PENUTUP

A.    SIMPULAN
1.    Humas pendidikan pada umumnya disebut dengan istilah komunikasi pendidilan.          Karena dalam acara humas tidak sanggup dipisahkan dengan banyaknya komunikasi antara aneka macam pihak, baik di dalam sekolah maupun luar sekolah masyarakat pada umumnya.             
2.    Ada dua jenis komunikasi pendidikan yaitu komunikasi internal dan eksternal.
3.    Ada banyak fungsi dari humas pendidikan, antara lain sebagai  sarana untuk memperoleh proteksi yang         diperlukan dari orang atau tubuh lain.

















DAFTAR PUSTAKA

fira kumala sari
Mas Fadlul
Yuliana lia dan Suharsimi arikunto , Manajemen Pendidikan, Aditya Media. 2012



[1] Suharsimi arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Aditya Media , Hal. 353.
[2] Biologyedu,Jumat, 20 Mei 2016 fira kumala sari 
[3] Mas fadlul
[4] Suharsimi arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Hal.355- 356.
[5] Suharsimi arikunto dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Hal. 355.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Dan Klarifikasi Makalah Humas Pendidikan"

Post a Comment