Definisi Dan Laporan

Laporan Adalah suatu bentuk penyampaian informasi, data, atau gosip baik secara mulut maupun tertulis. Didalam laporan terdapat aktivitas pencatatan, pengumpulan, pemeriksaan, pengetikan dan pengolahan data. Secara Umum Laporan Dapat Diartikan Sebagai bentuk penyampaian berita,keterangan,pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara mulut maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab yang ada diantara mereka. Dan Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

Baca Juga Pengertian Jenis Dan Tujuan Laporan Keuangan
 Adalah suatu bentuk penyampaian informasi Definisi dan  Laporan


Fungsi laporan

  1. Sebagai materi pertanggungjawaban
  2. Alat memberikan informasi
  3. Alat pengawasan
  4. Bahan penilaian
  5. Bahan pengambilan keputusan

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam laporan

  1. Harus terperinci dan cermat
  2. Mengandung kebenaran dan objektifitas
  3. Lengkap
  4. Tegas dan konsisten
  5. Langsung mengenai sasaran
  6. Disampaikan kepada orang dan alamat tujuan yang tepat
  7. Disertai dengan saran-saran
  8. Tepat waktu

Jenis-jenis laporan

Laporan menurut waktu
  1. Laporan terpola yakni laporan yang dibentuk secara periodik atau rutin dalam jangka waktu tertentu (laporan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan). Contoh : laporan kehadiran karyawan setiap bulan.
  2. Laporan insidental yakni laporan yang dibentuk apabila diperlukan
Laporan menurut bentuk
  1. Laporan berbentuk surat yakni laporan yang dibentuk secara tertulis dalam bentuk surat, isinya antara satu hingga empat halaman. Contoh: laporan jumlah siswa yang keluar dari suatu sekolah
  2. Laporan berbentuk naskah yakni laporan disampaikan dalam bentuk naskah, baik naskah pendek maupun panjang. Contoh: laporan aktivitas kepanitiaan atau notulen rapat.
  3. Laporan berbentuk memo yakni laporan yang ditulis memakai memo. Umumnya isi laporan pendek, untuk keperluan intern dan dilakukan antar pejabat/pimpinan.
Laporan menurut penyampaian
  1. Laporan mulut yakni laporan yang disampaikan secara langsung
  2. Laporan tertulis yakni contoh: surat, naskah dan memo
  3. Laporan visual yakni laporan yang disampaikan melalui penglihatan. Contoh: disampaikan melalui media presentasi (power point)
Laporan menurut sifat
  1. Laporan biasa yakni laporan yang isinya bersifat biasa dan tidak rahasia, sehingga jikalau laporan terbaca orang lain tidak menimbulkan imbas negatif
  2. Laporan penting yakni laporan yang isinya bersifat penting dan rahasia, sehingga hanya orang tertentu saja yang boleh mengetahuinya.
Laporan menurut isinya
  1. Laporan informatif yakni laporan yang isinya hanya berisi informasi saja
  2. Laporan rekomendasi yakni laporan yang isinya bersifat penilaian sekilas tanpa adanya pembahasan lebih lanjut
  3. Laporan analisa yakni laporan yang isinya berupa hasil analisa secara mendalam
  4. Laporan kelayakan yakni laporan yang isinya berisi wacana hasil penentuan kelayakan atau pemilihan mana yang terbaik
  5. Laporan pertanggungjawaban yakni laporan yang berisi pertanggungjawaban kiprah seseorang atau kelompok kepada atasan yang memberi kiprah tersebut.

Langkah-langkah menciptakan laporan

  1. Menentukan duduk masalah yang akan dilaporkan
  2. Mengumpulkan bahan, data dan fakta
  3. Mengklasifikasi data
  4. Mengevaluasi dan mengolah data
  5. Membuat kerangka laporan

Kerangka laporan

A Pendahuluan
  1. Maksud dan tujuan penulisan laporan
  2. Masalah pokok yang dilaporkan
  3. Sistematika laporan
B Batang tubuh
  1. Data dan fakta pelaksanaan kegiatan
  2. Kesesuaian pelaksanaan dengan perencanaan
  3. Masalah yang terjadi
  4. Pembahasan masalah
C Penutup
  1. Kesimpulan, dan
  2. Saran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dan Laporan"

Post a Comment